RSS

Buku (Proposal dan Laporan PTK) Hadiah Pak Doyin

14 Sep

INI adalah tulisan yang sedikit terlambat saya publikasikan, karena saya sendiri menerima buku sebagai oleh-oleh dari Pak Doyin pada 27 Agustus 2008 lalu. Pak Doyin (Mukh. Doyin) adalah salah seorang staf pengajar pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang.

Sebagai salah seorang peserta termuda yang ikut dalam Workshop Karya Ilmiah, 24-27 Agustus 2008, saya merasa sedikit agak grogi. Namun karena punya misi pribadi untuk tidak mau tertinggal dari yang lain, saya mencoba menimba ilmu dari tutor/penyaji. Workshop Karya Ilmiah ini ternyata lebih difokuskan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pak Doyin adalah salah seorang tutornya.

Pada makalah yang disampaikan Pak Doyin, kebetulan dicantumkan juga judul-judul buku yang sudah Beliau tulis. Buku Teknik Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu buku terbaru yang ditulis Pak Doyin (diterbitkan pertama kali oleh Bandungan Institute, 2008).

Oleh karena ingin memiliki, saya langsung menghubungi Beliau. Saya ingin memiliki (membelinya). Ternyata kawan-kawan peserta juga banyak yang ingin memiliki. Mereka juga pesan. Jadilah saya koordinatornya.

Mungkin karena koordinator itulah, saya tidak jadi membeli buku tersebut. Dengan kemurahan hati Beliau, niat yang semula membeli akhirnya berubah mendapatkan secara gratis. Ada 3 buku yang semestinya saya terima: Teknik Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Karya Tulis Ilmiah (Bentuk dan Teknis Penulisannya), dan Seni Baca Puisi. Ketiga buku tersebut diterbitkan Bandungan Institute tahun 2008. Dari ketiga buku itu ternyata saya tidak kebagian buku Karya Tulis Ilmiah (Bentuk dan Teknis Penulisannya) karena keburu habis. Apa boleh buat, saya hanya menerima 2 buku saja. Tapi dengan tulus, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya buat Pak Doyin.

Buku Teknik Penyusunan Proposal dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas merupakan buku yang simpel, namun tidak mengurangi bobotnya. Buku ini ditulis Pak Doyin bersama Ety Syarifah (guru SMA 1 Muntilan, Kabupaten Magelang). Tebalnya hanya 60 halaman.

Secara umum buku ini terdiri dari 3 bagian: Hakikat PTK, Proposal PTK, dan Laporan PTK. Bisa dikatakan, buku ini semacam panduan ringkas dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Dengan demikian tentu menjadi amat mudah dipahami, terutama bagi Bapak/Ibu Guru yang ingin membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan contoh-contoh dan penggunaan kalimat dalam penulisan laporan serta contoh proposal penelitian, tentu amat memudahkan bagi yang ingin melakukan PTK.

Saya teringat apa yang disampaikan Pak Suhadi pada salah satu komentarnya, bahwa menulis PTK itu tidak sulit. Buku ini dengan gamblang membuktikan apa yang dikatakan Pak Suhadi. Jadi tentunya amat bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru yang akan melakukan PTK.

Buku kedua yang dioleh-olehi Pak Doyin adalah buku Seni Baca Puisi (Persiapan, Pelatihan, Pementasan, dan Penilaian). Buku ini menjadi menarik karena berkaitan langsung dengan kegiatan baca puisi. Khusus untuk buku kedua ini insya Allah akan saya bahas pada tulisan tersendiri.

 
10 Komentar

Ditulis oleh pada 14 September 2008 inci Lain-lain

 

Tag: ,

10 responses to “Buku (Proposal dan Laporan PTK) Hadiah Pak Doyin

  1. Gusdib

    3 November 2008 at 11:38

    contoh proposal ptk ada Dab !!!

     
  2. Anonim

    12 November 2008 at 10:29

    link bukunya di mana, saya cari blmketemu pak

     
  3. wahyuningsih

    28 Januari 2009 at 15:01

    mungkin bisa diberitahukan judul bukunya dan apakah juga memuat mengenai pembuatan proposal dan laporan ptk untuk jurusan bimbingan dan konseling

     
  4. SAEFUL

    29 Januari 2009 at 20:43

    SAYA SEDANG MENCARI RUJUK UNTUK PEMBUATAN PTK MOHON BANTUANYA YA

     
  5. ashar

    26 April 2009 at 12:22

    SAYA SEDANG MENCARI RUJUKAN UNTUK PEMBUATAN PTK BK MOHON BANTUANYA YA, SEBELUM DAN SESUDAHNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH.

     
  6. arin

    26 Mei 2009 at 14:29

    Gramedia jual bukunya?

     
  7. Ety Syarifah

    18 Agustus 2009 at 22:32

    Buku dijual di gramedia. Sekarang sudah diterbitkan lagi buku Bentuk dan Teknik Penulisan Laporan PTK (di dalamnya dimuat juga contoh laporan). Buku yang kedua adalah analisis dan interpretasi data hasil penelitian. Buku kedua ini membahas bagaimana menganalisis hasil penelitian hingga menjadi laporan penelitian yang dimuat di Bab IV

     
  8. billy

    5 November 2009 at 11:16

    hi anggodo lari aja lo n sembunyi sana ke tempat yg gak diliat manusia. tp inget pemilik langit dan bumi yang bakal adili lo. puasin nafsumu. puasin keinginanmu. aku percaya lo adalah macam orang yang tidak meyakini kehidupan setelah mati. liat tu wajah kamu dah kriput. tu pertanda masa kontrakmu dah mau abis. nikmatin kemenanganmu bersama orang2 yang sejenis ma lo. puasin puasin puasin semaumu.lho pikir ini negri milik moyang lho.keparat!!!!!!!!!!! pak polisi selamat ya . anda cukup profesional dalam mencabik2 negri ini. negri ini jg milik keturunan anda lho. anda ingin mereka hidup dlm kehancuran. ingat lho mereka nanti akan mengalami berbagai problem yg berat. tolong anda renungkan selagi masih ada waktu. selagi anda maih diberi kedudukan. kedudukan anda itu amanah lho. yang pasti Tuhan tidak pernah lupa tentang yang anda lakukan. selamat menekuni hidup kacau pak ya. Ich danke Ihnen!

     
  9. ety syarifah

    5 April 2010 at 14:45

    Untuk menyikapi Permenpan 74 tahun 2009 bulan novemver, saya sudah menulis buku dengan judul karya tulis ilmiah pengembangan profesi (di dalamnya memuat cara membuat modul, diktat, buku pelajaran dan sebagainya terkait dengan tulisan-tulisan ilmiah) termasuk tata cara menulis sesuai dengan kaidah kebahasaan secara ilmiah. Buku yang lain adalah Menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas (di dalamnya menuntun para guru yang akan melaporkan hasil penelitian tindakan kelasnya)
    Dapat hubungi saya di no. 08156897160 atau 08886641511

    boleh dong dikirim ke alamat saya ya bu untuk saya ulas

     
  10. carpet

    8 Maret 2011 at 19:08

    great article very informative will be back again to visit soon

     

Tinggalkan komentar