RSS

Penulis Blog

Dari sebuah dusun terpencil saat malam hujan dan petir sambar-menyambar, saya menghirup napas dunia. Bapak saya mencatat kelahiran saya pada pukul 20.00 tanggal 11 Januari 1971, bertepatan dengan bulan Zulhijah. Oleh karena itu, di bagian awal nama saya ada tiga huruf nama bulan Hijriyah itu.

Saya tidak tahu persis, apa makna nama saya berikutnya. Ada yang mengaitkan nama itu dengan negara Mesir. Namun saya pikir-pikir, agaknya tidak ada kaitannya dengan negara sungai Nil itu.
Zulmasri. Demikian nama yang diberikan orang tua saya.

Bapak saya seorang petani. Malam harinya menjadi guru ngaji. Murid Bapak dulu lumayan banyak. Bapak mengajar ngaji sangatlah “galak”. Biasanya orang tua yang ingin anaknya diajar ngaji plus salat oleh Bapak, sebelumnya menyerahkan sepenuhnya untuk dididik. Penyerahan si anak biasanya disertai dengan sepotong rotan kecil atau satu ikatan kecil lidi. Penyerahan lidi atau rotan adalah simbol yang dalam kenyataannya dilaksanakan sebagai bentuk pendidikan yang penuh disiplin. Artinya, kalau ada pelanggaran atau kesalahan dari si anak, pihak orang tua merelakan anaknya untuk dirotan atau dilecut dengan lidi.

Setelah selesai ngajar ngaji, biasanya Bapak suka bercerita. Cerita berbagai hikayat atau cerita-cerita misteri.

Bapak meninggal saat saya berusia 10 tahun.

Sementara ibu, yang biasanya saya panggil emak, adalah perempuan yang luar biasa. Setiap mengenang ibu, saya sering berkaca-kaca atau menangis. Lantunan Iwan Fals lewat lagu “Ibu” begitu menyentuh dalam diri saya.

Saya bahagia karena lahir dari keluarga yang mengutamakan ‘pendidikan untuk masa depan’, sehingga sesulit apa pun keadaan ekonomi keluarga, semua saudara-saudara saya bisa bersekolah.
Berkecimpung di penulisan sudah saya mulai dengan menjadi penulis di Koran Masuk Sekolah, sebuah koran kecil, suplemen Harian Singgalang Padang. Tulisan pertama saya berupa berita kecil tentang kegiatan sekolah, saya tulis saat duduk di bangku kelas III SMP.

Sejak saat itu kegiatan menulis saya tumbuh subur. Berbagai lahan seperti puisi, cerpen, kritik, resensi, esai, dan sebagainya saya tulis. Tulisan-tulisan saya dimuat antara lain di Harian Singgalang, Haluan, Semangat (Padang), Swadesi, Republika, Aneka, Ceria, Anita Cemerlang, Annida (Jakarta), Teruna Baru (Medan), Riau Pos (Pekanbaru), Suara Merdeka (Semarang), Gerbang (Yogyakarta), dan Berita Harian (Kualalumpur).

Beberapa puisi yang saya tulis juga menang dalam beberapa lomba dan dibukukan dalam beberapa antologi. Lengkapnya adalah: Taraju 93 (1993), Sahayun (1994), Hawa 29 Penyair (1994), Poeitika (1995), Antologi Puisi Indonesia (1997), dan Antologi Menjaring Cakrawala (2010)

Saat ini jadi pengajar dan pembina jurnalistik, yakni di SMP Negeri 2 Talun serta di SMP 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Kegiatan lainnya menjadi Guru Pemandu dan Master Trainer ICT Kabupaten Pekalongan, serta Ketua Divisi Fiksi Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Provinsi Jawa Tengah. Alamat email: mastermasri@gmail.com , dan mastermasri@yahoo.co.id

 

48 responses to “Penulis Blog

  1. jumadiana

    14 September 2010 at 07:42

    Tidak jeleknya bila kita mengenang masa lalu tuk kemajuan kita pada masa mendatang

     
  2. hamdani

    11 Oktober 2010 at 20:55

    Salam kenal ya mbak dari Pontianak

    …. Mbak? Saya laki-laki!

     
  3. choirul

    24 Desember 2010 at 21:03

    saya juga dari desa

    salam hangat dari choirul huda

     
  4. joko pitoyo

    5 Januari 2011 at 22:14

    Hallo…Bung Zulmasri, masih ingat saya gak,dulu kita pernah bareng2 di MGMP Bhs Ind Kota Pekalongan.
    Berkaryalah terus, goreskan pena, curaahkan gagasan tuk majukan pendidikan, bhs. indonesia khususnya

    masih pak joko. masa lupa. ok, trims dengan support-nya

     
  5. m.aditiya

    19 Januari 2011 at 20:04

    pa pintar amat

     
  6. cholissragi

    19 Februari 2011 at 21:11

    salam kenal pak Zul..

    Waalaikum salam
    Bagaimana kabarnya Pak Cholis? Blognya sudah saya kunjungi, tapi belum ada isinya? Kalau butuh sharing saya sih siap membantu. Ok

     
  7. ilyasafsoh.com

    25 Februari 2011 at 23:14

    Senang Mengenal Anda Pak

     
  8. MUHAMMAD CHOZIN

    16 Maret 2011 at 05:43

    ceritanya sangat menarik hati saya, dan saya ingin menjadi penulis. yang saya tanyakan bagamana cara dan syarat-syarat menajdi penulis.

    Tidak ada cara ataupun syarat khusus untuk menjadi seorang penulis. Baca dan belajar dari tulisan orang lain dan cobakan secara langsung, mungkin itu yang perlu dilakukan. Ok

     
  9. Asop

    4 Juli 2011 at 14:04

    Wah, dari Pekalongan!😀
    Salam kenal, Mas!🙂

     
    • Zulmasri

      6 Juli 2011 at 04:34

      salam kenal juga mas. Terima kasih telah berkunjung.

       
  10. inotwp

    7 Juli 2011 at 17:58

    salam saya dari Kendal,
    tp skg sdh pndh domisili Madiun,
    senang bisa brkenalan dg bapak
    byk brguru sama yg lbh senior spt bung Zul,
    blog bpk udh saya psang dBlogroll dpn,
    klo sempet monggo mampir blog saya,

     
  11. Cicik

    16 Juli 2011 at 21:40

    salam kenal …
    selamat berkreavifitas…
    Saya dari Cepu

     
  12. Anonim

    2 Agustus 2011 at 09:09

    pak zulmasri, salam kenal.
    boleh nggak pak

     
    • Zulmasri

      2 Agustus 2011 at 10:19

      Boleh, lha ini siapa yang mau kenal?

       
  13. Anonim

    2 Agustus 2011 at 09:12

    salam kenal pak

     
  14. eko setyo budi

    15 Agustus 2011 at 17:22

    maaf pak,saya mau tanya untuk hasil PLPG kabupaten batang kenapa belum muncul ya,tq

     
    • Zulmasri

      15 Agustus 2011 at 18:33

      Kali ini baru untuk peserta tahap I-IV. Tanggal 5 September nanti akan ada pengumuman hasil plpg non blok dan 30 September pengumuman hasil plpg blok tahap V-VIII

       
  15. eko setyo budi

    15 Agustus 2011 at 17:25

    PLPG tahap IV ya pak Zul,salam kenal,tq

     
  16. eko setyo budi

    16 Agustus 2011 at 03:49

    pak zul,kita ikutnya PLPG tahap IV blok,dari kabupaten batang ada >10 orang,kenapa ya kok tidak ada datanya kabupaten batang??tq

     
    • Zulmasri

      16 Agustus 2011 at 04:39

      Coba hubungi langsung panitianya Pak. Silahkan kontak ke 024-8508079

       
  17. ded

    21 Agustus 2011 at 09:34

    Sanang bana hati ambo basuo jo dunsanak ambo Zulmasri. Pengalaman menulis di media2 terkenal, pantas bahasa uda bagus. Saya perlu belajar banyak nih sama Uda….
    Salam

     
    • Zulmasri

      21 Agustus 2011 at 20:33

      salam baliak dunsanak. sanang rasonyo bisa batamu rang sakampuang…

       
  18. bundadontworry

    26 Agustus 2011 at 08:42

    salam kenal, Zul
    samo jo Ded, sanang bana rasonyo basuo jo dunsanak🙂
    bunda dr bukik tinggi, kalau Zul dima kampuang?
    nampaknyo banyak ilmu nan ka didapek dr tulisan2 Zul disiko,
    ajak bundo baraja basamo yo Zul🙂
    salam

     
  19. budiyanti

    9 September 2011 at 22:28

    met kenal pak zul .. saya pingin berguru dengan anda agar bisa menulis seperti anda .gimana ya caranya? saya dari ambarawa kota palagan

     
    • Zulmasri

      10 September 2011 at 01:58

      ah, saya belum apa-apa kok bu. Tapi silakan bila ingin sekedar sharing, insya Allah saya siap memberikan yang saya bisa

       
  20. dharma kusuma

    27 Oktober 2011 at 07:16

    mas Zul saya ingin tau cara Blog mohon ajari ….

     
  21. Erifriyadi

    26 November 2011 at 17:10

    Assalamu’alaikum sanak,
    salam kenal, ambo rang sumando Pasisia. Dima sanak Pasisia nyo?
    Buliahkan tanyo-tanyo tantang blog via email?
    OK, wassalam

     
  22. Jufriyadi

    26 November 2011 at 17:13

    Namo ambo Jufriyadi, sanak..

     
  23. Jufriyadi

    26 November 2011 at 17:48

    Ass.
    Namo ambo Eri, Salam kenal dari kampuang, sanak.
    Buliahkan tanyo-tanyo soal blog via email?
    Trimo kasih,
    Wassalam.

     
    • Zulmasri

      27 November 2011 at 04:34

      Waalaikum salam Pak Jufri. Batanyo blog lewat email? Buliah, itu kalau ambo tau, soalnyo ilmu ko yo tabateh juo.

       
  24. webmaster SMPN 5 Malang

    5 Desember 2011 at 03:10

    salam kenal pak guru, senang rasanya mengunjungi blog ini😉

     
  25. aharti soedarno

    19 Desember 2011 at 16:43

    ASS.., Salam kenal sahabat yg satu profesi….,senang sekali berkunjung ke blog bapak mudah mudahan bapak bisa mebagi ilmu tentang blog karena saya baru belajar mencoba ..mksh…

     
  26. muawanahsity

    23 Desember 2011 at 19:49

    salam kenal……… smoga saya bisa sharing dengan panjenengan………kiat-kiat membuat tulisan itu apa aja yaaaa…….

     
    • Zulmasri

      25 Desember 2011 at 04:39

      Silakan Bu, dengan senang hati

       
  27. Anonim

    24 Desember 2011 at 19:26

    salam kenal p Zul … thanks ata info2nya….

     
  28. Anonim

    24 Desember 2011 at 19:28

    salam knal P Zul…Thanks info2 baru…

     
  29. Jekti

    27 Desember 2011 at 19:35

    Thanks infonya. Salam kenal. Kalau tidak keberatan, saya ingin belajar banyak dari Pak Zul.

     
  30. Alfendri R.Bachtiar

    30 Maret 2012 at 18:22

    salam kenal baliak, walau saisuak alah kenal-kenal tangguang juo…..

     
  31. anto

    23 April 2012 at 22:26

    Salam kenal juga ‘kota batik’, saya juga dari desa di pingiran lagi..
    Kalau tidak keberatan saya mau nimba ilmu tentang ‘Blog’ ni pak..

     
  32. pakaianindonesia

    25 April 2012 at 23:27

    salam semuanya…..🙂
    semoga kita menjadi keluarga

     
  33. Roni Yusron

    24 Mei 2012 at 11:14

    Salam kenal Pak Masri…😛

     
  34. Sastro Idestra

    23 Juli 2012 at 13:35

    salam kenal pakZul,…
    senang rasanya jika saya memiliki kesempatan untuk nimba ilmu dan meg Up Date pengalaman dari panjenengan.

     
  35. Anonim

    11 Agustus 2012 at 05:18

    salam kenal p.zul….aku suka dg tulisannya….

     
  36. tuti haryanti

    11 Agustus 2012 at 05:20

    salam kenal p.zul….

     
  37. Ningsih Malik Suden

    9 Oktober 2012 at 06:56

    sebuah kisah yg menarik, memikat hati para penikmatnya….
    like bgt,, salam kenal pak….

     
  38. Anonim

    7 Maret 2013 at 05:44

    jd semangat nulis lg neh baca cerita pak Zul. salam kenal ya…

     
  39. CCTV Murah Jakarta

    23 Maret 2013 at 23:40

    hai, salam kenal, sama nih lahir nya tahun 1971 juga, hehee..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: