RSS

SKL (Kisi-kisi) Ujian Nasional 2010/2011 SMP/MTs/SMPLB

25 Nov

Beberapa waktu lalu saya sempat memposting SKL Ujian Nasional SMP versi Provinsi Jawa Tengah. SKL tersebut semacam prediksi awal dalam persiapan menyongsong Ujian Nasional 2011, dan dibuat oleh perwakilan guru yang ada di kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah.

Dua hari lalu, saya menerima informasi lain yang dibawa melalui MKKS Kota Pekalongan, yakni SKL (kisi-kisi) Ujian Nasional tahun 2010/2011. SKL kali ini bukan lagi dari Provinsi Jawa Tengah melainkan dalam lingkup nasional.

Hingga saat ini memang belum ada informasi resmi via web BSNP maupun Kemendiknas. Informasi SKL di bawah ini pun  juga belum dikeluarkan secara resmi melalui peraturan menteri (Permen). Hal ini hanya menunggu waktu yang besar kemungkinan tidak akan lama lagi.

Oleh karena itu, bagi Bapak/Ibu Guru ataupun para siswa yang sebelumnya telah memiliki SKL versi Provinsi Jawa Tengah, silakan untuk beralih menggunakan SKL di bawah ini.

A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs

1.  BAHASA INDONESIA SMP/MTs

NO. STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Membaca 

Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama.

Menentukan gagasan utama. 

Menentukan kalimat utama.

Menentukan kritik terhadap isi bacaan.
Menentukan persamaan isi berita. 

Menentukan perbedaan penyajian berita.

Menentukan kalimat fakta dalam paragraf. 

Menentukan dua kalimat pendapat pada paragraf .

Menentukan simpulan isi paragraf.
Menentukan gagasan utama tajuk. 

Menentukan kalimat fakta dalam tajuk.

Menentukan keberpihakan penulis tajuk.

Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan. 

Menentukan simpulan isi grafik/tabel/bagan/denah/peta.

Menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam tabel.

Menentukan perjalanan yang paling efektif berdasarkan peta/denah.

Menentukan tema puisi. 

Menentukan suasana yang tergambar pada puisi.

Menentukan citraan dalam puisi.

Menentukan misi/tujuan puisi.

Menentukan bukti perwatakan tokoh dalam penggalan cerpen. 

Menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) dalam penggalan cerpen.

Menentukan sudut pandang pengarang dalam penggalan cerpen.

Menentukan perbedaan tema atau sudut pandang dalam penggalan novel.
Menentukan latar (waktu, tempat) dalam kutipan drama. 

Menentukan amanat dalam kutipan drama.

2. Menulis 

Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.

Menentukan kalimat dalam buku harian sesuai dengan ilustrasi.
Melengkapi pesan. 

Menentukan isi pesan singkat sesuai dengan ilustrasi.

Menyusun deretan kalimat menjadi paragraf yang padu.
Melengkapi bagian surat pribadi yang rumpang.
Melengkapi bagian surat resmi yang rumpang. 

Memperbaiki bagian surat resmi yang tidak tepat.

Menentukan rangkuman bacaan.
Menentukan slogan yang sesuai dengan ilustrasi.
Melengkapi kalimat rumpang dalam petunjuk melakukan sesuatu. 

Menyusun deretan kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak.

Menentukan bagian-bagian dalam teks pidato. 

Melengkapi teks pidato yang rumpang.

Menentukan rumusan masalah karya ilmiah berdasarkan tema. 

Menentukan latar belakang suatu karya ilmiah berdasarkan identifikasi masalah.

Menentukan penulisan daftar pustaka.

Memperbaiki kalimat tidak efektif dalam paragraf. 

Memperbaiki pilihan kata yang salah dalam paragraf.

Memperbaiki penulisan huruf.

Melengkapi pantun yang rumpang.
Melengkapi puisi dengan larik bermajas. 

Menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi.

Melengkapi kutipan dialog drama yang rumpang.

2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Membaca 

Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat/makna kata/frasa dalam teks berbentuk caution/notice/warning.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata, makna kata/frasa dalam teks berbentuk kartu ucapan (greeting card).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk (recount).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk surat (letter).
Menentukan gambaran umum/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frasa dalam teks berbentuk (label).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/ makna kata/frasa/kalimat dari teks deskriptif (descriptive).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat teks berbentuk pesan pendek (short message).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat dalam teks iklan (advertisement).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/pesan moral/makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk naratif (narrative).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/ makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk pengumuman (announcement).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk laporan (report).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk prosedur (procedure).
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat teks berbentuk undangan (invitation).
2. Menulis 

Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks bentuk deskriptif /recount/procedure sederhana.
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf  yang padu dan bermakna.

3. MATEMATIKA SMP/MTs

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta menggunakannya  dalam pemecahan masalah. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan.
Mengurutkan pecahan, jika diberikan beberapa jenis pecahan.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual-beli.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menentukan suku ke-n suatu barisan.
2. Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahaan masalah. Mengalikan bentuk aljabar.
Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar.
Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan.
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel dalam bentuk pecahan.
Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan .
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan relasi atau fungsi.
Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya.
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
3. Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras.
Menghitung luas gabungan dua bangun datar
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas gabungan dua bangun datar.
Menyelesaikan soal keliling gabungan dua bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari.
Menghitung besar sudut yang melibatkan sudut dalam dan sudut luar segitiga.
Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran.
Menghitung luas juring lingkaran dari unsur yang diketahui.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan.
Menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep kesebangunan dari dua trapesium sebangun.
Menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep kongruensi.
Menentukan unsur-unsur pada kubus atau balok.
Menyelesaikan soal jaring-jaring bangun ruang sisi datar.
Menentukan volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung.
Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung.
4. Memahami konsep dalam statiska, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Menyajikan dan menafsirkan data.

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Membaca alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan besaran yang terkait dengan massa jenis.
Menjelaskan pengaruh suhu pada pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan salah satu besaran yang terkait dengan kalor dan pengaruhnya pada zat.
3. Menerapkan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Mengidentifikasi jenis gerak lurus dalam peristiwa kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisika pada usaha atau  energi.
Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran atau gelombang.
Menjelaskan ciri atau sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.
Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin.
Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan fenomena listrik statis.
Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik.
Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan atau menentukan kutub-kutub yang dihasilkan.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi.
6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya. Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya.
Menjelaskan fenomena yang terjadi akibat perubahan suhu di permukaan bumi, peredaran bumi, atau peredaran bulan.
7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup.
Menentukan dasar pengelompokan makhluk hidup.
8. Menjelaskan komponen ekosistem, interaksi antara makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup.
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan.
9. Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada manusia dan tumbuhan. Menjelaskan bagian dan fungsi alat gerak pada sistem gerak manusia.
Menjelaskan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia.
Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
Menjelaskan proses fotosintesis berdasarkan percobaan tentang proses tersebut.
10. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan.
11. Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotropika, serta pengaruhnya terhadap kesehatan. Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita.

B.    KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMPLB

5.     BAHASA INDONESIA SMPLB – A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNADAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Memahami berbagai ragam wacana lisan berupa gagasan, pandangan dan perasaan orang lain secara lengkap. Menentukan gagasan utama paragraf.
Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf.
Menentukan judul yang sesuai dengan isi bacaan.
Menentukan tema bacaan.
Menentukan simpulan bacaan.
Menentukan kalimat fakta yang terdapat dalam paragraf.
Menentukan kalimat pendapat yang terdapat dalam paragraf.
Mengurutkan deretan kalimat acak menjadi paragraf yang padu.
2. Menyunting bahasa (berbagai kata, gabungan kata, berbagai struktur kalimat, kepaduan/ kelengkapan paragraf serta penggunaan ejaan dan tanda baca). Menentukan arti kata berawalan ber-.
Menentukan arti kata berawalan di-.
Menentukan kalimat larangan dalam paragraf.
Menentukan kalimat perintah dalam paragraf.
Menentukan kalimat tanya dalam paragraf.
Melengkapi kalimat rumpang.
Menentukan kalimat permohonan dalam paragraf.
Menentukan kalimat ingkar dalam paragraf.
Menentukan kalimat wawancara yang sesuai dengan ilustrasi.
Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat dalam kalimat.
Memperbaiki penggunaan istilah yang tidak tepat dalam kalimat.
Menentukan kata tidak baku dalam paragraf.
Memperbaiki penggunaan huruf kecil yang tidak tepat dalam kalimat.
Melengkapi kalimat tanpa tanda baca.
Mengurutkan deretan kalimat menjadi teks pidato.
Memperbaiki penulisan tanggal surat.
3. Menggunakan kata, kalimat, serta ejaan dan tanda baca dalam berbagai ragam tulis. Melengkapi kalimat dengan kata serapan.
Melengkapi kalimat dengan kata tanya.
Melengkapi dialog.
Melengkapi kalimat pemberian maaf.
Melengkapi objek kalimat.
Melengkapi paragraf dengan kata khusus.
Melengkapi kalimat dengan kata ulang.
Menentukan kalimat yang ejaannya tepat.
4. Mengekspresikan karya sastra yang berupa puisi, prosa fiksi, dan drama untuk memahami isi dan merefleksikan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan kata bermakna konotasi dalam paragraf.
Menentukan peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi.
Menentukan makna ungkapan dalam kalimat.
Menentukan gaya bahasa.
Menentukan isi puisi.
Menentukan latar puisi.
Menentukan tema puisi.
Menentukan pesan puisi.
Menentukan isi penggalan novel.
Menentukan latar penggalan novel.
Menentukan tema penggalan novel.
Menentukan pesan penggalan novel.
Melengkapi paragraf dengan kalimat yang menggunakan gaya bahasa.
Menentukan pesan pantun.
Melengkapi isi pantun.

6. BAHASA INDONESIA SMPLB – B (TUNARUNGU)

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Memahami berbagai jenis wacana nonsastra yang berupa teks bacaan, berbagai jenis paragraf (narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi). Menentukan pernyataan/kalimat yang sesuai dengan isi paragraf. 

Menentukan kalimat utama dalam paragraf.

Menentukan simpulan paragraf.

Menentukan judul yang sesuai dengan isi paragraf. 

Menentukan gagasan pokok paragraf.

2. Menyunting isi (ketepatan isi, urutan isi), bahasa (berbagai kata, gabungan kata, istilah, berbagai struktur kalimat, kelengkapan paragraf serta penggunaan ejaan dan tanda baca). Menentukan penulisan kata depan yang tepat dalam kalimat.
Melengkapi kalimat dengan kata sambung.
Menentukan kata sambung antarkalimat.
Melengkapi kalimat dengan gabungan kata.
Memperbaiki gabungan kata yang salah dalam kalimat.
Melengkapi kalimat dengan kata ganti yang tepat.
Memperbaiki penggunaan kata ganti yang tidak tepat dalam kalimat.
Memperbaiki penggunaan kata ganti yang tidak tepat dalam kalimat.
Melengkapi kalimat dengan kata tanya.
Melengkapi dialog dengan kata tanya yang tepat.
Melengkapi paragraf yang rumpang.
Menyusun deretan kalimat menjadi paragraf yang padu.
Memperbaiki penulisan huruf sesuai ejaan yang tepat.
Menggabungkan dua kalimat tunggal menjadi kalimat majemuk.
3. Menggunakan kata, kalimat, serta ejaan dan tanda baca dalam berbagai ragam tulisan atau dalam bentuk karangan. Menentukan sinonim, antonim, homonim dalam kalimat.
Menentukan pemenggalan kata dalam kalimat.
Menentukan penjedaan kalimat sesuai dengan konteks.
Melengkapi kalimat dengan tanda baca yang tepat.
Memperbaiki penulisan tanda baca koma yang salah dalam kalimat.
Menentukan penggunaan tanda titik yang tepat dalam paragraf.
Memperbaiki penggunaan tanda titik yang salah.
4. Mengapresiasikan karya sastra yang berupa puisi, prosa fiksi dan drama untuk memahami isi dan merefleksikan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan pesan puisi. 

Menentukan makna salah satu kata atau frase dalam puisi.

Menentukan amanat cerpen/novel dan drama. 

Menentukan watak tokoh dalam cerpen/novel dan drama.

Menentukan latar dalam cerpen/novel dan drama.

Menentukan arti ungkapan dalam kalimat sastra.
Menentukan ungkapan lain yang semakna dalam kalimat.
Menentukan arti peribahasa.
Menentukan peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi.
Menentukan kata bermakna konotasi dalam kalimat.
Menentukan arti salah satu kata bermakna konotasi. 

 

5. Menggunakan kosa kata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk paragraf narasi, deskripsi, eksposisi, berbagai surat dalam kehidupan sehari-hari. Melengkapi surat pribadi dengan kalimat yang sesuai.
Melengkapi surat pribadi dengan alamat surat yang tepat. 

Melengkapi surat pribadi dengan kalimat pembuka yang sesuai.

Melengkapi surat pribadi dengan kalimat penutup yang sesuai.

Melengkapi surat resmi dengan kalimat pembuka yang tepat. 

Melengkapi surat resmi dengan kalimat penutup yang tepat.

Melengkapi surat resmi dengan tanggal surat yang tepat. 

Melengkapi surat resmi dengan alamat surat yang tepat.

7.   BAHASA INGGRIS SMPLB – A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNADAKSA RINGAN, DAN TUNA LARAS)

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Membaca 

Memahami makna teks tulis berupa teks fungsional pendek (pengumuman, label dan lain-lain) yang ditemukan dalam berbagai konteks, situasi dan berbagai jenis teks (naratif, deskriptif dan sebagainya) yang menggunakan bahasa sangat sederhana.

Menentukan pesan utama/informasi rinci tersurat/informasi tertentu/makna kata dari teks fungsional pendek berbentuk pengumuman sederhana/label/pesan singkat.
Menentukan pesan utama/informasi rinci tersurat/informasi tertentu/makna kata dari iklan/surat/undangan sederhana.
Menentukan pesan utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/informasi tertentu/makna kata dari teks sederhana bentuk naratif/deskriptif.
Menentukan makna kata sesuai konteks.
Menentukan ungkapan komunikatif dengan tepat sesuai konteks.
2. Menulis 

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam berbagai teks fungsional pendek (pesan, kartu ucapan dan sebagainya) yang digunakan dalam berbagai konteks, situasi serta menulis berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif dan sebagainya) yang menggunakan bahasa sangat sederhana.

Menentukan susunan kata dengan tepat menjadi kalimat bermakna.
Menentukan susunan kalimat dengan tepat menjadi teks bermakna.
Menentukan berbagai jenis kata sesuai dengan tata bahasa yang benar.
Menentukan kata kerja atau perubahan bentuk kata kerja sesuai dengan tenses.

8. BAHASA INGGRIS SMPLB – B (TUNARUNGU)

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Membaca 

Memahami makna dalam wacana tertulis, interpersonal dan transaksional sederhana secara formal dan informal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menggunakan kata-kata yang terkait dengan keterampilan tata boga.
Menggunakan kata-kata yang terkait dengan keterampilan tata busana.
Menggunakan kata-kata yang terkait dengan keterampilan komputer.
Menggunakan kata-kata yang terkait dengan keterampilan otomotif.
Menggunakan kata-kata yang terkait dengan keterampilan cetak sablon.
Menggunakan istilah umum dalam bidang olah raga.
Menggunakan ungkapan komunikatif dalam percakapan sehari-hari.
Menggunakan ungkapan komunikatif dalam percakapan formal.
Menentukan informasi tertentu/informasi rinci tersurat/rujukan kata/makna kata dalam teks fungsional bentuk pengumuman/notice/pesan pendek.
Menentukan informasi tertentu/informasi rinci tersurat/rujukan kata/makna kata dalam teks fungsional bentuk label/kartu ucapan/daftar barang.
2. Menulis 

Mengungkapkan perasaan, kehendak, pendapat, pengalaman secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana secara formal maupun informal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menggunakan berbagai jenis kata dengan tata bahasa yang benar.
Menggunakan berbagai ungkapan komunikatif dalam percakapan formal/informal.
Menentukan susunan kalimat menjadi teks bermakna.
Menentukan susunan kata menjadi kalimat bermakna.
Melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang sesuai.

9.   MATEMATIKA SMPLB A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNADAKSA RINGAN, DAN TUNALARAS)

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Memahami konsep dan operasi himpunan, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menentukan notasi pembentuk himpunan dari suatu himpunan.
Menentukan anggota suatu himpunan.
Menentukan gabungan dan irisan dua himpunan.
2. Melakukan operasi hitung bilangan dan bentuk aljabar sederhana serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat.
Menentukan hasil operasi bentuk aljabar.
Menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan FPB dan KPK.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lainnya.
Menentukan hasil operasi hitung pecahan.
3. Memahami sifat dan menghitung besaran-besaran yang terkait dengan bangun geometri. Menentukan besar sudut pada dua garis sejajar yang berpotongan dengan garis lain.
Menentukan jenis segitiga.
Menentukan keliling persegi, persegipanjang, dan segitiga.
Menentukan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas persegi, persegipanjang, atau segitiga.
Menentukan nama bangun datar berdasarkan sifat-sifatnya.
Menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku.
Menentukan unsur-unsur pada balok atau kubus.
Menentukan luas permukaan balok dan kubus.
Menentukan volume balok dan kubus.
4. 

 

Melakukan perhitungan untung/rugi dan persentase dalam perdagangan. Menghitung salah satu unsur pada masalah jual beli.
5. 

 

Memahami hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatan serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.

10. MATEMATIKA SMPLB – B (TUNARUNGU)

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Memahami konsep dan operasi himpunan, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menentukan notasi pembentuk himpunan dari suatu himpunan.
Menentukan anggota suatu himpunan.
Menentukan gabungan dan irisan dua himpunan.
2. Melakukan operasi hitung bilangan dan bentuk aljabar sederhana serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat.
Menentukan hasil operasi hitung campuran sejenis pada bilangan bulat.
Menentukan hasil operasi bentuk aljabar.
Menentukan faktor dan kelipatan persekutuan dari dua bilangan.
Menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala.
Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lainnya.
Menentukan hasil operasi hitung pecahan.
3. Memahami sifat dan menghitung besaran-besaran yang terkait dengan bangun geometri. Menentukan besar pelurus suatu sudut.
Menentukan besar sudut pada dua garis sejajar yang berpotongan dengan garis lain.
Menentukan jenis segitiga.
Menentukan keliling persegi dan persegipanjang.
Menentukan luas persegi dan persegipanjang.
Menentukan nama bangun datar berdasarkan gambar atau sifat-sifatnya.
Menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku.
Menentukan unsur-unsur pada balok dan kubus.
4. Melakukan perhitungan untung/rugi dan persentase dalam perdagangan. Menghitung salah satu unsur pada masalah jual beli.
5. Memahami hubungan antara waktu, jarak, dan kecepatan serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan.

11.  ILMU PENGETAHUAN ALAM SMPLB A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNADAKSA RINGAN, DAN TUNALARAS)

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Melakukan pengukuran dasar dengan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan besaran dan satuannya yang sesuai.
Menyebutkan fungsi alat ukur.
2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan perubahan wujud benda.
Menentukan massa jenis benda.
3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Menyebutkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran yang terkait dengan usaha.
Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menjelaskan konsep dasar tentang getaran, gelombang, karakteristik gelombang bunyi, cahaya, dan optika serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan besaran-besaran fisika pada gelombang.
Menyebutkan manfaat pemantulan bunyi.
Menentukan besaran-besaran yang berkaitan dengan cermin.
Menentukan jenis lensa untuk menolong cacat mata tertentu.
5. Menjelaskan konsep dasar tentang tata surya secara kualitatif. Menyebutkan ciri-ciri/karakteristik planet.
Menyebutkan akibat gerakan bumi.
6. Menjelaskan konsep dasar tentang listrik statis, listrik dinamis, dan kemagnetan secara kualitatif, perhitungan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan proses terjadinya listrik statis.
Menjelaskan cara pembuatan magnet.
Menyebutkan sifat-sifat magnet.
Menentukan salah satu besaran pada rangkaian listrik tertutup.
Menentukan pemasangan alat ukur listrik  dengan benar pada suatu rangkaian listrik .
Menentukan hambatan pengganti beberapa hambatan yang dirangkai secara seri atau paralel.
Menentukan biaya penggunaan energi listrik.
7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup.
Menjelaskan upaya pelestarian makhluk hidup.
Menyebutkan komponen-komponen ekosistem.
Mendeskripsikan bentuk-bentuk interaksi antar makhluk hidup.
8. Menjelaskan tingkat organisasi kehidupan, hubungan antara struktur dan fungsi organ/sistem organ pada tumbuhan/hewan/manusia. Mendeskripsikan tingkat organisasi kehidupan.
Mendeskripsikan struktur jaringan tumbuhan/hewan.
Mengidentifikasi organ pada sistem ekskresi manusia.
Menjelaskan fungsi organ pada sistem reproduksi manusia.
Mengidentifikasi organ pada sistem respirasi manusia.
Menjelaskan fungsi organ pada sistem pencernaan atau zat/enzim yang berperan dalam proses pencernaan manusia.
9. Memahami konsep kelangsungan hidup (adaptasi, seleksi alam, persilangan dan perkembangbiakan) disertai dengan aplikasi dari konsep-konsep tertentu. Menjelaskan konsep adaptasi dan contohnya.
Menentukan hasil persilangan monohibrida.
Menjelaskan cara perkembangbiakan pada hewan .
Menentukan cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan.
10. Menjelaskan makanan seimbang keterkaitan dengan kesehatan individu dan masyarakat, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan fungsi zat yang terkandung dalam makanan atau menjelaskan akibat kekurangan zat makanan tertentu.
Mengidentifikasi menu makanan seimbang.
11. Menentukan cara meningkatkan produksi pangan melalui teknik-teknik biologi secara sederhana di berbagai bidang pertanian, peternakan, makanan, dll. Menyebutkan jenis/contoh sumber makanan baru.
Mendeskripsikan contoh dan manfaat bioteknologi pada bidang tertentu.
12. Menjelaskan data (sekunder) untuk memperkirakan dampak pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali. Menginterpretasikan data kependudukan dan memperkirakan akibat yang timbul dari data tersebut.

12. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMPLB – B (TUNARUNGU)

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Melakukan pengukuran dasar dengan alat ukur yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan besaran dan satuan.
Menjelaskan fungsi alat ukur.
2. Menjelaskan karakteristik zat yang berwujud padat, cair dan gas. Mengidentifikasi sifat-sifat benda.
Menyebutkan benda sesuai dengan wujudnya (padat,cair, gas).
Menentukan jenis perubahan wujud benda.
3. Menjelaskan konsep dasar tentang suhu dan kalor secara kualitatif dan perhitungan sederhana serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan jenis perpindahan kalor serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menyebutkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas.
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian.
4. Memahami konsep dasar tentang getaran, gelombang, karakteristik gelombang, karakteristik gelombang bunyi, cahaya dan optika serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjelaskan terjadinya bunyi.
Menentukan sumber bunyi pada alat tertentu.
Menentukan besaran dari suatu getaran.
Menunjukkan satu panjang gelombang berdasarkan gambar.
Menjelaskan sifat-sifat cahaya.
Menjelaskan fungsi alat optik.
Menjelaskan fungsi cermin dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan jenis lensa untuk menolong penderita cacat mata tertentu.
5. Menjelaskan konsep dasar tentang tata surya secara kualitatif. Menyebutkan nama-nama planet pada tata surya.
Menjelaskan ciri-ciri khusus dari planet tertentu.
Menjelaskan akibat gerakan bumi.
Menjelaskan terjadinya gerhana.
6. Memahami dasar-dasar klasifikasi dan mengelompokkan organisme melalui pengenalan ciri-cirinya dan penerapan dasar-dasar klasifikasi. Menentukan ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya.
Mengelompokkan hewan berdasarkan cara pengelompokan sederhana.
7. Menjelaskan komponen-komponen ekosistem dan menjelaskan saling keterkaitan/ketergantungan hidup baik secara umum maupun yang khas. Mengidentifikasi peran makhluk hidup dalam ekosistem.
Mengidentifikasi simbiosis dan contoh-contohnya.
Menentukan rantai makanan pada ekosistem tertentu.
8. Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi organ/sistem organ pada tumbuhan/hewan/ manusia. Mengidentifikasi organ pada tumbuhan.
Menjelaskan fungsi salah satu organ pada tumbuhan.
Mengidentifikasi organ pernafasan pada manusia.
Mendeskripsikan sistem pencernaan hewan.
Mengidentifikasi organ pencernaan pada manusia.
Menyebutkan zat/enzim yang berperan dalam pencernaan manusia. 

 

9. Memahami konsep kelangsungan hidup (adaptasi, seleksi alam, persilangan dan perkembangbiakan) disertai dengan aplikasi dari konsep-konsep tertentu. Menjelaskan contoh adaptasi pada makhluk hidup.
Menentukan cara perkembangbiakan pada hewan/tumbuhan.
Menentukan hasil persilangan monohibrida.
Menjelaskan keuntungan perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan.
10. Menjelaskan makanan seimbang keterkaitan dengan kesehatan individu dan masyarakat, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan menu makanan sehat dan seimbang.
Menjelaskan manfaat zat yang terkandung dalam makanan.
Mendeskripsikan akibat kekurangan zat makanan tertentu.
11. Menyebutkan cara meningkatkan produksi pangan melalui teknik-teknik biologi secara sederhana di berbagai bidang pertanian, peternakan, makanan. Menentukan teknik biologi dalam meningkatkan jenis dan produksi pangan.
 
109 Komentar

Ditulis oleh pada 25 November 2010 inci Lain-lain

 

Tag:

109 responses to “SKL (Kisi-kisi) Ujian Nasional 2010/2011 SMP/MTs/SMPLB

  1. Eti Rahmawati

    29 November 2010 at 09:19

    thanks pak zul atas SKL nya.

    sama-sam ya. semoga bermanfaat

     
  2. panji

    30 November 2010 at 13:07

    Terima kasih atas informasi SKL UN 2011. Walaupun belum resmi namun bisa untuk pegangan belajar anak-anak… oh ya mohon ijin untuk di-link ke web saya. terima kasih

     
  3. biosains08

    30 November 2010 at 13:10

    makasih pak SKL-nya…mohon izin ngutip untuk web saya ya…tq

     
  4. sawali tuhusetya

    4 Desember 2010 at 17:02

    kenapa ya pak, menerbitkan permendiknas un aja mesti diulur-ulur, padahal un sdh makin dekat. repot juga!

    benar pak sawali. hari ini saya baru secara resmi mengetahui pernyataan mendiknas, bahwa tahun 2011 nanti akan tetap dilaksanakan ujian nasional. mestinya ini dilakukan termasuk perangkat pendukungnya di awal tahun pelajaran

     
  5. Hudaya

    7 Desember 2010 at 15:00

    Saya guru IPA SMP di Jabar. Sy ikut copy SKLnya ya bu. Terima kasih. Salam kenal.

    walah…, saya guru laki kok dipanggil bu. Bagaimana ini?

     
  6. Thoriq Jamil

    8 Desember 2010 at 00:07

    Mat nuwun sklnya. Ijin kulo copy pak Zul.

    sama-sama. silakan….

     
  7. muns

    8 Desember 2010 at 14:31

    Terima kasih ya pak SKLnya, mohon ijin memposting ulang di blog saya dengan mencantumkan sumber linknya.

     
  8. muns

    9 Desember 2010 at 05:30

    Teima kasih banyak SKLnya pak.
    Salam kenal…

    Oh ya.. postingan di blog saya sudah saya edit tidak semua SKL saya copas. Sekarang ada 2 link menuju blognya Bapak. Satu ke homepage dan satunya lagi ke sumber postingan ini.

    Mohon maaf jika Bapak kurang berkenan ;))

     
  9. suriada kenken

    9 Desember 2010 at 22:12

    Salam ….. Terima kasih pak atas informasi SKL UN 2011 yang sangat bermanfaat bagi kami guru smp2 sumbawa dan juga buat anak-anak kami… mudah-2an ndk ada perubahan… sekali lagi terimakasih….

     
  10. LULU

    11 Desember 2010 at 00:56

    TRIMA KSH…..

     
  11. retno

    11 Desember 2010 at 23:24

    makasih SKL nya Pak Zum

     
  12. Karlz

    13 Desember 2010 at 15:17

    Makasih atas SKL nya.

     
  13. Najib

    16 Desember 2010 at 08:44

    mohon ijin copy untuk SKL nya pak… terimakasih

     
  14. Eko wahyudi

    16 Desember 2010 at 09:44

    trims infonya…walau baru kisi-kisi sangat bermanfaat

     
  15. eny

    17 Desember 2010 at 12:54

    matur sembah nuwun…….
    kula tengga info-info salajengipun….

     
  16. Muhammad Syah

    18 Desember 2010 at 09:44

    Mksh SKLnya pak slm knl dari Aceh Tamiang

     
  17. Drs.Khairul Basri, M.Pd

    19 Desember 2010 at 17:36

    Ass,Wr Wb, Pak Zul selamat kenal ya. Saya mohon izin untuk mendownload SKLnya, Trims.Was

     
  18. Drs.Khairul Basri, M.Pd

    19 Desember 2010 at 17:41

    Ass,Wr Wb, Kreatifitas anda sebagai wujud kepedulian terhadap dunia dan nasib para siswa yg akan mengikuti UN nantinya. Terima Kasih untuk semua nya ini.

     
  19. abdul rahman

    22 Desember 2010 at 22:21

    skl untuk sd/m ada pa ngak pak?

     
  20. NOERLAELATI

    23 Desember 2010 at 09:19

    maksih info sklnya, namun bwt jadwal ada yang terbaru, bahwa jadwal un smp 2011 rencana awal Mei 2011

     
  21. susworo

    23 Desember 2010 at 16:22

    pak blognya sangat bermanfaat terima kasih. kalau bisa tolong saya kalau sudah ada skl resmi untuk un saya minta kirim ke email saya. terima kasih banyak

     
  22. dianca_girl@ymail.com

    24 Desember 2010 at 10:00

    makasih banget atas skl-nya. karena sangat membantu. saya dian cahyani…… salam kenal……….

     
  23. tri andayani

    26 Desember 2010 at 22:07

    makasih skl-nya. Mari kita cek cross dengan kisi-kisi dan soal UN SMP yang dihadapi oleh para siswa nantinya, adakah perbedaan ataukah sudah sesuai dengan kesepakatan kisi-kisi yang harus kita pedomani.

     
  24. Vira Magfirah

    27 Desember 2010 at 16:19

    Trima Ksihh … 🙂

     
  25. ESTIB

    3 Januari 2011 at 21:41

    Thanks. Bro

     
  26. Tantri

    4 Januari 2011 at 14:27

    😀

     
  27. math games for kids

    4 Januari 2011 at 15:33

    pass it on

     
  28. Ana

    6 Januari 2011 at 09:49

    Matur tengkyu…

     
  29. nouv_vian@ymail.com

    7 Januari 2011 at 13:44

    Wiw, trima kasih. . ini sngat mmbantu. . 🙂

     
  30. hadi

    10 Januari 2011 at 11:56

    SKL (Kisi-kisi) Ujian Nasional 2010/2011 SMP/MTs/SMPLB 25-11-2010

     
  31. hadi

    10 Januari 2011 at 11:58

    PREDIKSI SOAL UAN, SNMPTN, UM, USM, UJIAN MASUK

    Prediksi SNMPTN 2009, 2010, 2011, 2012 dan PEMBAHASAN

     
  32. Elvinna

    11 Januari 2011 at 20:16

    Thank’s y infonya…

     
  33. febi Nugrahayu

    12 Januari 2011 at 20:03

    thanks so much,…info terbarux ditunggu yach…

     
  34. febi Nugrahayu

    12 Januari 2011 at 20:06

    thanx much, info terbarux selalu ditunggu….

     
  35. fathan

    12 Januari 2011 at 21:59

    bisa tag kan ke YM saya please SKL nya mohon banget butuh cepat .
    ym: alfathan.aditya@yahoo.com

     
  36. sunarli

    14 Januari 2011 at 10:35

    terima kasih mohon ijin untuk copy

     
  37. Syamsul rochman

    16 Januari 2011 at 21:37

    Thank tlah membrikan skl,.klo bsa tampilkan kumpulan permen diknas

     
  38. ibin murid smp muhi 1 clp

    19 Januari 2011 at 20:52

    makasih ats skl nya pa

     
  39. asmawati

    22 Januari 2011 at 10:19

    kisi ini bisa bermanfaat saya mau bertanya tentang kisi kisi ini pergertian web bronsing dan mohon penjelasan

     
  40. isman

    22 Januari 2011 at 14:10

    terimakasih atas skl nya…. karena sangat bermanfaat….

     
  41. aditya

    22 Januari 2011 at 19:21

    makasih ya atas soal nya semoga soal ini berguna untuk ku amin ya tuhan

     
  42. hartati

    25 Januari 2011 at 12:40

    makasih atas tulisasnnya…………. smg bernilai ibadah

     
  43. riyadhull aliyah

    25 Januari 2011 at 14:15

    trimakasiih yh pak ats pmbritahuan kisi” nya …
    itung” buat pmbljaran 🙂

     
  44. ikasari_andy@yahoo.com

    26 Januari 2011 at 07:32

    thanks banget buat infonya. buat pegangan saya memberi les .tanpa SKL, gurunya aja bingung kalo mengajar anak anak yang memory nya uda full…

     
  45. NISHA

    26 Januari 2011 at 13:05

    makasih pak buuuu sdh mngasih km skl u/ ujian….

    skali lg makasih….???

     
  46. lifan

    26 Januari 2011 at 16:36

    mga2 luls smua AMINNNNNNNNN

     
  47. lifan

    26 Januari 2011 at 16:37

    OKE

     
  48. aromatherapy

    28 Januari 2011 at 01:14

    Great read! I wish you could follow up to this topic

     
  49. aprisal

    28 Januari 2011 at 20:52

    makasih

     
  50. ayhuna

    31 Januari 2011 at 19:34

    baguss,,,,

    makasih yach, udah kasi SKL

     
  51. Haryanti hasyim

    2 Februari 2011 at 09:09

    makasih …SKL nya saya copy …..

     
  52. vijay

    5 Februari 2011 at 02:44

    terima kasih atas kisi-kisi UN nya .,..,itu sangat bermanfaat bagi kami siswa/siswi MTs.YASMI Cantayan Sukabumi
    sekali lagi terima kasih para penulis UN taho 2010/2011.

     
  53. vijay

    5 Februari 2011 at 02:47

    Para guru MTs.YASMI tolong bantu kami ya.
    Dan kami berterima kasih banyak atas semua kerja keras guru-guru MTs.YASMI dalam membimbing kami belajar selama ini.

     
  54. muh.arif arifin rais

    7 Februari 2011 at 16:28

    gua nak SMPN 32 MAKASSAR NUMPANG CARI KISI 2X

     
  55. cahya

    7 Februari 2011 at 18:41

    emang bener ujian nasional ada 5 paket ?o,0
    yg bener aja..ckckck 😦

     
  56. Mia

    7 Februari 2011 at 19:44

    Makasih yaa informasi kisi-kisi ny saya selaku siswi SMP sangat berterimah kasih walau kisi-kisi ini hanya sementara smga kisi-kisi ini brmanfaat buat saya dan teman-teman …

     
  57. kikizzati

    13 Februari 2011 at 14:35

    yg bener yg mana siech?5 ato 4 paket? kta guru gw cma 4 paket! but,
    Thanks buat info kisi-kisinya yaaa!!!

    langsung saja dibaca permendiknasnya. Ok

     
  58. astri

    15 Februari 2011 at 13:14

    wew makasih banyak ya..
    sangat berguna bget buat aku nih. hehe terimakasih 🙂

     
  59. syafrizal

    18 Februari 2011 at 09:45

    ujian nasional sekarang qo da 5 paket cie…

     
  60. syafrizal

    18 Februari 2011 at 09:49

    susah bangadh coal’a bikien bngung….???

     
  61. aldindamega@yahoo.co.id

    19 Februari 2011 at 07:53

    trimakasih ea atas skl nya

     
  62. nadya ayu

    19 Februari 2011 at 20:47

    wuihhh bermanfaat banget khususnya buat SMPLB,, soalnya SMPLB,,
    dan que ngucapin makasi karena que dibantu banget dengan adanya kisi-kisi diatas 😉

     
  63. azizah

    19 Februari 2011 at 21:53

    ya allah semoga tahun ini anak yang ujian lulus semua???????
    dan semoga diberi kemudahan dalam mengerjakan soal!!!!!???

     
  64. janet ananda christy

    23 Februari 2011 at 17:04

    kisi_kisi ujian nasional nya gk jelas………!!!!!!!!!!

     
  65. c'andhy

    24 Februari 2011 at 12:16

    makasih Bg SKL nya saya murid smp 1 pariangan di tanah datar / sumbar

     
  66. c'andhy

    24 Februari 2011 at 12:21

    smoga aq and taman lulus smua aminn ya rabbil alamin!!

     
  67. danil leonardo

    24 Februari 2011 at 19:41

    terimakasih atas skl nyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    ya. dgn ini saya bisa membahas soal dgn skl yg telah
    anda berikan

     
  68. kaweng

    26 Februari 2011 at 19:46

    bocorannya mana ommm……….
    lebih penting bocoran dari pada skl

    maaf, nggak ada bocoran ya. Rembesannya aja tidak ada, apalagi sampai bocor. Ok

     
  69. SayaAnakBJMPenggemarAvengedSevenfoldYangSelaluAktifDimanapunDanKapanpun

    27 Februari 2011 at 06:51

    Owh

    Tq Tq

     
  70. ekhaFC

    27 Februari 2011 at 23:23

    makasih ea KK atas SKL nya. . .
    moga SKL nya bermanfaat bagi eang mau baca SKL nya. . .!!!!!

     
  71. mUtHii

    1 Maret 2011 at 13:07

    sZah jG yAch UN SMP nnt….
    tpii,,mKsiih yAch ats Kisi2 yG DbRiKn kK….

     
  72. Adilla Laura

    3 Maret 2011 at 15:02

    Pak , knp ya hrz ada UN ?
    Itu kn hanya membuat murid menjadi takut dan semakin tidak konsen belajar karna raa takut mereka

     
    • Anonim

      10 Desember 2011 at 19:34

      kalo ga ada un gimana mau tau kualitas murid dan sekolahnya, apa yang mau dijadikan patokan ?

       
  73. adjeng prathywi

    14 Maret 2011 at 17:20

    makasih banyak lho smuanya ………..!

     
  74. Niar Nino

    16 Maret 2011 at 18:49

    ini benar gak pak……………????

    benar, untuk jenjang smp/mts. Ok

     
  75. fruuuz

    18 Maret 2011 at 14:05

    soal’a
    yg gmpang J eaaaa……

     
  76. gilangcintasinddy

    20 Maret 2011 at 17:06

    thanx mas,,,,,, berkat skL Ini memudahkan qu utk belajar……….

     
  77. sinddycintagilang

    20 Maret 2011 at 17:07

    thx bngt mas……….

     
  78. ardhi

    22 Maret 2011 at 10:43

    aku suka itu

     
  79. untung

    30 Maret 2011 at 00:14

    terimakasih, keren

     
  80. untung

    30 Maret 2011 at 00:15

    terimakasih

     
  81. muhammad restu hartono

    30 Maret 2011 at 22:08

    paK iNi jelas keluar kAN.?

     
  82. Abiyyu

    4 April 2011 at 20:20

    menurut ku UN itu sebuah tantangan yang hrs kita selesaikan…Sekolah ku menerapkan sistem Pre dan Post test setiap hari sehingga kami sudah trbiasa mengerjkan soal

     
  83. KARTIKA CANDRA

    5 April 2011 at 19:37

    PAK MATERI SOAL UAN JANGAN SUSAH SUSAH YA

     
  84. MEGA AREMANIA

    5 April 2011 at 19:42

    pak kisi kisi ini pasti keluar kan tahun ini ………?

    ya

     
  85. Liyyauliaa

    9 April 2011 at 10:27

    doain moga lulus yaa 🙂

     
  86. Liyyauliaa

    9 April 2011 at 10:29

    knp sii mestii ada UN ???

     
  87. Anonim

    17 April 2011 at 12:59

    makasih ya

     
  88. vitri

    24 April 2011 at 17:11

    mkasih atas kisi”x yaa

     
  89. rafinack dosq

    25 September 2011 at 11:54

    mdah”han saya naik ke smp amiiin

     
  90. aliefia shinta

    4 Oktober 2011 at 20:29

    terima kasih ya atas pemberitahuan SKL nya…

     
  91. Anonim

    10 Oktober 2011 at 12:52

    SKL 2012 ada kah suda ??

     
  92. jeje

    10 Oktober 2011 at 12:53

    SKL 2012 suda ada kah ??

     
  93. Sundi taniwan

    4 November 2011 at 13:37

    Terima kasih.. Sudah Ada yang 2012 blum ?

     
  94. rizki qahar srtn

    26 November 2011 at 20:00

    mdah2 han nie masuk

     
  95. eko

    28 November 2011 at 14:31

    terima kasih pak buat kisi” x ..
    pelajar SMP 25 padang

     
  96. Sukarwin

    7 Desember 2011 at 12:13

    Mksi ya,,ini sangat bermanfaat buat saya…

     
  97. findia

    11 Desember 2011 at 15:44

    ya si bagus tapi kok buat orang yang ga normal maaf ya buk an aku mencela yapi aku binggung tapi ga papa deh tak like

     
  98. Alex

    5 Januari 2012 at 08:45

    Thanks ya Pak, ini buat referensi kmi di Indonesia Timur yg selalu menjadi yang terbelakang

     
  99. abdulrahman s

    16 Januari 2012 at 06:50

    maturnuwon sanget informasinipun….penting sanget kangge guru2 ten tengah wono ” MAJU BERSAMA GENERASI TERPELAJAR INDONESIA “

     
  100. Adinda Cahya Budiyanti

    3 April 2012 at 13:02

    semoga ini berguna bagi try out saya ya

    😀

     
  101. nur rahmat fajar

    3 April 2012 at 17:58

    semoga bisa membantu,,,,,,,,,,,,,,,

     
  102. percobaan

    8 Mei 2013 at 21:52

    Very rapidly this website will be famous amid all blogging users,
    due to it’s nice posts

     

Tinggalkan komentar