RSS

Mengunci Data/File Rahasia dengan BrajaLocker

27 Mar

Memiliki file atau data bersifat rahasia di komputer/laptop sendiri terkadang tetap was-was. Apalagi bila suatu ketika, karena terlupa atau tanpa sepengetahuan kita komputer tersebut dipakai orang lain. Bisa-bisa file/data rahasia itu menjadi santapan empuk, apalagi yang melihat itu kelasnya paparazzi.

Kini agaknya hal itu bisa diatasi. File atau data (malah beberapa file yang terangkum dalam folder) bisa dikunci, sehingga tidak bisa dilihat atau dibaca orang lain. Untuk itu, syaratnya kata kunci (password) harus disimpan sendiri, tidak disebar pada siapa pun.

Mengunci data/file bersifat rahasia di internet banyak software yang bisa digunakan. Akan tetapi banyak di antara software yang ditawarkan itu sifatnya berbayar. Lain halnya bila yang digunakan itu adalah BrajaLocker.

BrajaLocker merupakan aplikasi gratis yang dibuat oleh anak negeri (asal Desa Cikeusal, Kuningan, Jawa Barat). Aplikasi ini mendukung sistem Windows 2000, XP, 2003, dan Vista dan belum tersedia untuk Windows 7.

Cara penggunaan BrajaLocker sangat gampang. Langkah pertama, unduh dan instal aplikasi dari situs pembuatnya. Ikuti langkah-langkah instalasi hingga tuntas. Jika sudah selesai diinstal, komputer akan minta reboot sistem (restart).

Langkah berikutnya, setelah restart silakan klik [star] > [All Programs] > [BrajaLocker]. Setelah kotak dialog BrajaLocker membuka, akan ada permintaan mengisi password. Silakan diisi dan diulangi kembali pada perintah “Type the password again to confirm”. Terakhir klik ok.

Selanjutnya, silakan dikunci file/data yang ingin dirahasiakan dengan mengklik [Add File(s)] atau [Add Folder]. Data yang akan dikunci bisa dalam bentuk apa saja, baik office (word, excell, powerpoint), pdf, gambar, hingga video. Selain itu data bisa dikunci satu per satu atau beberapa data sekaligus.

Kalau sudah dikunci, maka saat membuka windows explorer, data tersebut sudah terkunci dan tidak bisa ditemukan.

Untuk memunculkan kembali data yang diinginkan, jalankan kembali aplikasi melalui [star] > [All Programs] > [BrajaLocker]. Masukkan kata kunci (password) serta hilangkan tanda centang di depan nama file/folder yang dikunci. Secara otomatis, file itu bisa kembali dibuka dan muncul di windows explorer.

Untuk mengunduh aplikasi (software) BrajaLocker ini silakan klik di sini

Iklan
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 27 Maret 2011 in Lain-lain, Pendidkan

 

Tag: , ,

4 responses to “Mengunci Data/File Rahasia dengan BrajaLocker

  1. maswa

    27 Maret 2011 at 18:56

    hehehe, kcwa nich pake windows 7 soalnya,,

     
  2. ardi

    28 Maret 2011 at 12:07

    Terima kasih tipsnya

     
  3. RAHMAD

    31 Agustus 2011 at 14:36

    asslm. rancak bana situs uda ye. makasiah

     
  4. blok waenda ngaler saeutik

    19 Juli 2012 at 21:40

    cikeusal harum didunia maya euy….
    nuhun buat sonny

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: