RSS

Naskah Soal UN 5 Paket?

28 Jan

Ujian Nasional (UN) tahun ini memang berbeda dengan UN tahun-tahun sebelumnya. Selain formula kelulusan dengan perbandingan 60:40, kelulusan tahun ini juga berbeda dalam hal naskah soal yang diujikan. Kalau tahun-tahun sebelumnya tiap ruang per mata pelajaran disediakan 2 paket soal, untuk UN 2011 paket soal yang diujikan jauh lebih banyak. Berdasarkan Lampiran Peraturan BSNP Nomor 0149/SK/BSNP/I/2011 tentang Prosedur Operasi Standar Pencetakan Bahan Ujian Nasional dinyatakan bahwa naskah soal UN terdiri atas 5 Paket yang dimasukkan ke dalam amplop naskah soal per mata pelajaran per ruang ujian. Untuk ruang yang jumlah siswanya kurang dari 20 orang jumlah naskah disesuaikan.

Adanya 5 paket soal yang diujikan ini berpengaruh pada posisi tempat duduk peserta ujian. Namun hingga kini, aturan posisi tempat duduk ini tidak dijelaskan lebih lanjut. Hal ini tentu saja menjadi tanda tanya, mengingat jadwal UN yang semakin dekat.

Lebih jauh mengenai paket soal ini bisa di download di sini atau kalau tidak juga bisa didownload di sini

 
55 Komentar

Ditulis oleh pada 28 Januari 2011 in Lain-lain, Pendidkan

 

55 responses to “Naskah Soal UN 5 Paket?

  1. marsudiyanto

    28 Januari 2011 at 20:44

    Saya juga belum jelas Pak, nantinya itu mau seperti apa…
    Ada yg bilang 4 paket, ada yg bilang tetep A-B

     
  2. marsudiyanto

    28 Januari 2011 at 20:45

    Mau Sosialisasi ke orang tua jadi tertunda

     
  3. Pak Luluk

    29 Januari 2011 at 08:44

    Kayaknya denah t4 dduk psrta UN 2010/2011 dah ada lihat dech Bahan Sosialisasi Penyelenggaraan UN SD,SMP/MTs,SMA/SMK Tahun 2010/2011

     
  4. gunawank

    29 Januari 2011 at 17:24

    Pertama………Salam kenal..!
    Agar tidak dirugikan, hati-hati dalam mengisi data terutama tentang kode paket.

    Salam,
    by:http://gunawank.wordpress.com/2011/01/29/tips-agar-lulus-ujian-nasional/

     
  5. eby ru2kan

    31 Januari 2011 at 20:25

    knpa ya bsa 5 paket…..??????
    saya mnta dong kisi-kisi soalUN kejuruan.?????
    soalnya saya perlu banget…………

     
  6. eby ru2kan

    31 Januari 2011 at 20:26

    saya boleh mnta kisi-kisi UN khusus kejuruan gk….???
    soalnya saya butuh banget

     
  7. XxX

    1 Februari 2011 at 14:11

    Sangat keberatan masak 5 paket??????
    2 paket aja bingunk Apalagi 5 Paket??????

     
  8. ary

    3 Februari 2011 at 19:43

    maaf pak dengan sistem pembagian soal sampai 5 paket..membuat siswa siswi makin takut dan menurut saya ini sangat tidak efisien,,
    bayangkan tiap tahun berajuta juta air mata siswa menetes,banyak diantara mereka bahkan sampai bunuh diri,apa itu yang di inginkan indonesia? Tidak!!!
    Saya mohon tolong pikirkan kembali masalah 5 paket tersebut
    terima kasih

     
  9. SUWADI

    4 Februari 2011 at 14:26

    ATUR AJA UN MODEL APA SAJA DI JALANI YANG NGUJI DAN YANG NGOREKSI JUGA MANUSIA APA BEDA

     
  10. air reverse osmosis

    4 Februari 2011 at 18:12

    beuh, untung pas jaman saya masih 5.xx ahahha tahun 2006 ntuh hahaha

     
  11. Anonim

    4 Februari 2011 at 20:05

    klu mau smua murid llu dgn murni jgn bnya pelaturan..

     
  12. alawiyahsyarifah17@yahoo.com

    4 Februari 2011 at 21:16

    waaaah ,
    parah bgt .
    jadi deg-degan nih .
    tapi siap nggak siap harus siap .

     
  13. rev

    5 Februari 2011 at 11:54

    waaaaaahhhh
    makin sulit aja……..

     
  14. sobri

    6 Februari 2011 at 00:03

    kalau 5 paket, bagaimana tempat duduknya, sulit juga ya

     
  15. tris

    9 Februari 2011 at 12:24

    mau tanya, bagaimana posisi tempat duduk peserta ujian kalau soalnya ada 5 paket ?

     
  16. rahmadhani

    11 Februari 2011 at 10:09

    wah parah gilla….!!!!
    yang bener aja masak 5 paket ce…!!!!

     
  17. widha

    12 Februari 2011 at 00:53

    oalah pak2 koq malah ribet gni sech???????

    bisa2 siswa siswi seluruh indonesia gk mw uan pak
    lbih baik di pkir ulang pak……..

    thanks

     
  18. pikir lg deh pak...... toh yg menang banyakan yg jahat(curang) yg baik2nya malah kalah scara tak sengaja kalian menghasilkan murid yg gitu deh...

    12 Februari 2011 at 20:49

    pa ea… komentar q
    owh batalin deh pak 5 paketnya
    ngapain sih ribet2 mending yang simple2 aja

     
  19. Anonim

    12 Februari 2011 at 20:56

    bener tu pak mending yang simple2 aja
    ngapain sih persulit test_a .kalian malah buat anak2 tertekan nanti hasilnya ga baik lg

     
  20. Anonim

    12 Februari 2011 at 22:56

    GILO LIMO PAKET MA !!! PKET JO ALA PAYAH MANCONTO0H

     
  21. AY-RS

    14 Februari 2011 at 21:56

    Inalilahi Waiinalilahi rojiuun… Makin berat aje ampe lima paket UN nya….. Tlg pak dipertimbangkan lagi donk soal paket un nya?? Saya sangat keberatan sekali!!! . Jangan sampai saat pengumuman kelulusan UN mnjadi bermiliar cucuran air mata di mata siswa krna TIDAK LULUS UN!! Trims…

     
  22. Demiati

    14 Februari 2011 at 22:00

    Ampuunnn!! Banyak betul paketnya ??? Nanti anakku takut tidak lulus deh???

     
  23. andri_seba@yahoo.co.id

    16 Februari 2011 at 07:58

    ehmmm…..yang benar la mas…apakah soal paket di pulau jawa dangan kalimantan sama?

     
  24. cymeqnie

    16 Februari 2011 at 16:23

    5 paket…
    terlalu bnyak tuh paket soalnya????
    apa lagi ini pertama kali paket sebanyak ini,,,
    tolong donk,,
    beri kemudahan?????

     
  25. fhyan kaparera

    16 Februari 2011 at 21:04

    yg boleh qta lkukan sa’at nhe hnyalah,blajar,brusaha,n berdo’a !!!!!!!!!!

     
  26. Tiara

    16 Februari 2011 at 22:30

    Mohon dipertimbangkan lagi tentang naskah 5 paket soal itu. Adapun saya sendiri sangat keberatan sekali…..
    Pada naskah 2 paket soal UNAS saja susah apalagi 5 naskah paket soal tambah puyenk….
    Bisa-bisa seluruh siswa kemungkinan banyak sekali yang tidak lulus dari ahun yang sebelumnya.
    Mohon dipertimbangkan lagi……

     
  27. thia..

    17 Februari 2011 at 20:32

    waduh..astaghfirullah..
    di kuranginn dong pak…nguras otak banget nh….

     
  28. i am me

    17 Februari 2011 at 22:15

    coba ksi tu soal un ke mendiknas? bisa di jawab gak?

     
  29. fuzi ariyanta

    18 Februari 2011 at 13:19

    menurut saya ini bisa membuat siswa termasuk saya sendiri menjadi takut dan kadang menjadi putus asa ,, apa ga di fikirkan ulang tentang ujian 5 peket itu ,, dan saya harap keputusan bapak\ibu bijak terhadap kami yang melaksanakan ujian nasional yang ada di depan mata dan tinggal beberapa langkah lagi . .
    terima kasih . . .

     
  30. nanda

    21 Februari 2011 at 12:09

    seharusnya … apabila pngambilan keputusan itu. . .,
    harus 1 atau 2 tahun sebelum d’tetapkannya . . .,
    kami selaku siswa merasa kecewa dengan keputusan pemerintah yang mendadak,, karena persiapan kami kurang sekali. . ., kami Lbh mrsa takut. . ., terima kasih. .,

     
  31. Spectators

    22 Februari 2011 at 20:48

    5 Paket?? kok makin aneh2 aja sih peraturan UN tahun ke tahun.
    mnurut saya:
    1. buang2 anggaran biaya pengadaan 5 paket soal
    2.menyulitkan siswa
    3.tidak efisien
    4.semakin susah, biasanya semakin ada juga calo soal, malah pembohongan,pembodohan

    lebih baik UN itu SIMPEL SAJA TAPI TES NYA MURNI
    daripada peraturan makin berat tahun ke tahun tapi hasilnya kurang efektif dan pemborosan untuk apa?
    kasihan mereka (para siswa) pasti akan jadi beban mental dan pikiran, apalagi kalau serba mendadak.
    waktu saya UN tahun kemarin saja rasanya udah cukup bkin beban mental dan pikiran
    tapi buat yg mau jalanin UN, semagat! do your best

     
  32. arnold

    23 Februari 2011 at 10:38

    pusing niiiiiiiieeeeeeeeeeh………………………..!!!!!!!!!!!!!!! UN 5 paket yang benar za!kemampuan anak kan beda-beda.kasihan ntar yang g lulus ngulang lagi donk!!!!!!!!!!!!!!!!! kami sebagai siswa merasa keberatan.mohon keadilannya.terima kasih.

     
  33. dewi

    23 Februari 2011 at 10:43

    soal UN 5 paket????????
    kasian siswa yang pikirannya tidak mampu ntar bisa mengarah ke hal-hal yang negatif.seperti bunuh diri, seharusnya pemerintah berfikir dua kali dalam mengambil keputusan tersebut.mohon untuk di pertimbangkan kembali.terima kasih

     
  34. Baswan

    24 Februari 2011 at 22:55

    KENAPA TIDAK DUAPULUH JUTA PAKET SEKALIAN?
    JAWBNYA PAKAI TIKI

     
  35. Berpapun paket soal kita harus siap dgn berusaha belajar,do'a, n ketenangan , optimislah kita pasti bisa,semangat

    27 Februari 2011 at 21:37

    Jangan mengeluh dan tetap semangat raihlah cita” mu

     
  36. Anonim

    27 Februari 2011 at 22:50

    Gi mn she pmrintah ni kirain memprmudah UN kputusan dambil oleh 40% dr skolh
    mla mmprsulit dg mngluarkn 5 pket soal UN

     
  37. xXx

    27 Februari 2011 at 22:52

    Gi mn she pmrintah ni kirain memprmudah UN kputusan dambil oleh 40% dr skolh
    mla mmprsulit dg mngluarkn 5 pket soal UN

     
  38. xXx

    27 Februari 2011 at 22:57

    seandai nya ja kami yg da dposisi bapak
    mndpt paket un dadakn 5 pket soal

     
  39. kyle

    3 Maret 2011 at 14:12

    yeah nice

     
  40. ro

    8 Maret 2011 at 18:13

    Paketnya AB aja ,atau malah semua siswa se-INDONESIA di bedain aja paketnya!!!!!

     
  41. Anonim

    8 Maret 2011 at 18:15

    tolonglah kami juga ingin lulus , , ,kog dibikin susah!!!!!

     
  42. xxx

    8 Maret 2011 at 18:16

    kami ingin lulus kog dibikin susah…..

     
  43. anin.gevical@gmail.com

    12 Maret 2011 at 15:21

    Sebelumnya salam semua. .

    Menurut saya Paket sampai 5 itu terlalu berlebihan buat anak SMU sekarang karena mental mereka pada umur itu belum siap,terlebih pada UN sekarang yang info Paket soalnya belum jelas,dan itu akan membuat mereka kaget karena tidak ada Sosialisasi sebelumnya,Saya juga heran,Apakah yang memutuskan soal tersebut tidak berfikir akan Hal ini?
    Boro2 membuat Penerus semakin rajin,disiplin. .
    Tapi mental & sosial lemah. .
    APA YANG TERJADI PADA NEGRI INI SELANJUTNYA YA. . .
    KORUPSI,PEMIMPIN YG AROGAN ATAU KKN YG MERAJALELA???

    Thx.

     
  44. waw

    12 Maret 2011 at 19:58

    coba ksi tu soal un ke mendiknas? bisa di jawab gak?

     
  45. sPensaba

    12 Maret 2011 at 22:51

    mengapa saat tahun angkatanku selalu ada perubahan prinsip, tata cara, dll, pada saat ujian.
    Sungguh tidak adil…

     
  46. Anonim

    14 Maret 2011 at 15:30

    ya sudahlah…..
    kuterima…..
    5 paket….

     
  47. EsTeR rIa

    16 Maret 2011 at 13:40

    bApAk YgtERhOrMaT
    kMi SiSwA sIsWi BuKaN NyA KeBrAtAn ujiAn NsIOnL tHn nI
    tPi ToLoNg JnGn BBNi KMi DnGn PrAtUrAn THuN Ni
    Kmi MOhOn pAk BnTu KmI tOlONg JnGN 5 PaKeT pAk
    biAyA nnTi jKa Kmi TdK lUlUS sNgT bRaT bGi OrTu kMI JkA bNyK sIsWa Yg tK lULus SmkIn bRTaMBaH bnYaKNyA jUmlH pNgAnggUrN dI nGaRa kItA ni PaK
    JdI mOhon BntU kmI pAk.

     
  48. putri

    17 Maret 2011 at 14:16

    saya sngat tdk stuju UN 5 pket,.. Tolong d prtimbangkan,.. Ini mbuat kami (siswa) mnjdi tmbah stres. Trims

     
  49. Anonim

    20 Maret 2011 at 02:22

    pa,katanya ga ada UN ,, ko sekarang ada?

     
  50. diks

    7 April 2011 at 23:09

    parah

     
  51. nddA

    10 April 2011 at 14:11

    wachh ppa janqan 5 pkett dechh,!!! Ksiian ppa nantti indonesiia pda nangiis

     
  52. diana

    10 April 2011 at 16:13

    yae gmna lgi

     
  53. diana

    10 April 2011 at 16:14

    yae gtu lah

     
  54. ika

    13 April 2011 at 13:39

    tolong dong pak, di pertimbangkan lgi ,
    2 paket aj uda steres pa ge 5 pket
    terimakasi

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: