RSS

Peningkatan Kemampuan Menulis Guru Melalui PTK dan Web Blog

29 Okt

Menulis merupakan salah satu kemampuan yang tidak setiap orang mampu secara rutin melakukannya. Jangankan rutin, pada sebagian lainnya aktivitas menulis menjadi sesuatu yang amat sulit. Tidak terbiasanya dalam melakukan kegiatan ini menjadi faktor utama seseorang untuk mampu menganalisis sesuatu lewat tulisan yang dihasilkannya.

Tidak terlepas dalam hal ini guru. Para pendidik yang mestinya terbiasa bergulat di dunia penciptaan karya ini sering terkendala bila dihadapkan pada dunia tulis-menulis. Jangankan menulis sesuatu yang bersifat ilmiah, menulis hal bersifat bebas dan kreatif pun guru kadang merasa kesulitan.

Tidak mengherankan, ketika guru berlabel PNS diminta harus menghasilkan tulisan ilmiah sebagai syarat untuk kenaikan pangkat ke Golongan IV-B, banyak dari mereka yang gagal. Sukartono (dalam http://sawali.info) mengatakan bahwa sebagian besar guru masih mengalami kendala dalam mengumpulkan angka kredit pengembangan profesi melalui penulisan karya ilmiah. Lebih lanjut Sukartono memperlihatkan angka-angka yang mengejutkan. Persentase guru PNS di Jawa Tengah yang berhasil naik pangkat ke golo-ngan IV-B misalnya, masih sangat rendah. Untuk kategori SD (0,20 persen), SMP (2,04 persen), SMA (1,65 persen) dan SMK (1,46 persen).

Kenyataan tersebut tentu saja memprihatinkan. Guru sebagai ujung tombak kemajuan bangsa sudah seharusnya dituntut untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik. Tidak hanya sekedar mampu mengajar anak didik, namun juga harus mampu menjadi pilar perubahan, utamanya di dunia kepenulisan. Tuntutan ini selaras dengan PP 74 Tahun 2008 tentang guru. Selain dituntut berbagai kemampuan, secara jelas pada pasal 48 ayat 2 guru haruslah melakukan berbagai kegiatan kepenulisan: melakukan publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif, melakukan presentasi pada forum ilmiah, publikasi buku teks pelajaran, publikasi buku pengayaan, dan sebagainya. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, berkaitan dengan kegiatan guru dan angka kreditnya pun secara jelas menegaskan bahwa guru dituntut harus menghasilkan karya tulis untuk kenaikan pangkatnya.

Program BERMUTU sebagai Ujung Tombak

Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU) merupakan program yang dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru. Program yang pada awal-awal kegiatannya dipandang dengan pesimisme oleh sebagian kalangan, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi ujung tombak bagi guru dalam mengembangkan dirinya, termasuk dalam hal ini guru-guru di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Program BERMUTU di Kabupaten Pekalongan untuk tahun ini memasuki tahun kedua. Berbagai kegiatan dan tagihan tugas untuk tahun pertama dari segi kuantitas menunjukkan hasil yang menggembirakan. Case Study, Lesson Study, Learning Jurnal, hingga Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mampu menjadi inspirasi bagi guru dalam meningkatkan kemampuan mengajar di kelas. Khusus di tempat penulis menjadi guru pemandu (Pokja 5), untuk tahun pertama kegiatan BERMUTU mampu menghasilkan produk PTK sebanyak 13 buah dari 14 peserta yang ikut.

Sebagai ujung tombak dalam peningkatan kemampuan mengajar, program BERMUTU secara langsung juga mampu meningkatkan kemampuan meningkatkan kemampuan menulis guru. Khusus untuk Bahasa Indonesia tahun ke-2 di Kabupaten Pekalongan, selain PTK kemampuan menulis juga ditingkatkan melalui penulisan lewat web blog. Hingga tulisan ini diturunkan tidak kurang dari 8 web blog berhasil dibuat dan menjadi media penulisan bagi guru. Web blog itu bisa diakses antara lain dengan mengklik alamat http://jumadiana.wordpress.com, http://widisetyo.wordpress.com, http://mohammadmaliki.wordpress.com, http://kunaenah.wordpress.com, http://margiatisetiawan.blogspot.com, http://suprihatinharyanto.wordpress.com, http://endangfizon.wordpress.com, dan http://muspribadi.wordpress.com. Rencananya, dalam beberapa waktu dekat, akan ada beberapa tulisan dan blog baru guru-guru Bahasa Indonesia Kabupaten Pekalongan.

Memang dalam mengisi web blog secara kontinyu dibutuhkan komitmen dari diri sendiri. Kendala yang terjadi tetap saja ada. Namun untuk masa yang akan datang, penulis yakin hal itu bisa teratasi. Keberadaan forum sebagai wadah untuk menjembatani para penulis blog tentunya akan sangat membantu.

Terlepas dari semua itu, dalam waktu dekat rencananya akan dilakukan lagi pelatihan pembuatan blog melalui kegiatan BERMUTU. Diharapkan setidaknya 30-40% guru Bahasa Indonesia Kabupaten Pekalongan yang semula tidak memilki media sendiri untuk menulis, akan menerabas kebuntuan yang ada selama ini. Tentu saja harapan terhadap keberhasilan ini tidak datang sendiri. Bantuan dan perhatian pihak terkait seperti Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan dan LPMP Jawa Tengah yang secara total mendukung keberadaan Program BERMUTU ini ikut mencitrai peningkatan kemampuan guru dalam menulis.

Iklan
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 29 Oktober 2010 in Esai, Jurnalistik, Lain-lain

 

Tag:

5 responses to “Peningkatan Kemampuan Menulis Guru Melalui PTK dan Web Blog

  1. jumadi

    31 Oktober 2010 at 08:00

    Setuju, menulis itu sulit. Sulit bukan berarti tidak bisa kalau mau berlatih Insya Allah ada jalan diantaranya PTK dan blog

     
  2. Sutono

    31 Oktober 2010 at 17:51

    Terimakasih pak Zul, anda tlah memposting SKL 2010 / 2011 sehingsa saya bisa ikut mengunduhnya. dan saya sangatlah senang kalau bapak mau mengirimkan cara-cara membuat blog dengan menggunakan WordPress ke E-mail saya.
    Semoga amal dan budi baik bapak mendapat imbalan dari Allah Swt.
    Sukses selalu pak .. Amin.

     
  3. Ping balik: www.grosirkita.com
  4. Tugiyono

    6 Februari 2011 at 21:38

    Trimakasih P Zul, beberapa tulisan Bapak dapat dijadikan referensi aku untuk buat tesis. Smoga Bpk terus menulis tentang karya ilmiah guru sehingga wawasan tentang karya ilmiahku jadi bertambah.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: