RSS

MENDUNG DI BUKIT SENGARE

17 Jul

Rabu, 14 Juli 2010. Agak siang saya baru datang ke sekolah bersama Pak Taufik Ismail. Bukan menyengaja untuk terlambat. Saya harus membawa komputer yang baru dibeli untuk kebutuhan KBM ruang guru.

Membawa peralatan, apalagi peralatan elektronik ke sekolah ini memang harus hati-hati. Selain jarak yang jauh dari Kota Pekalongan (40 km), jalanan ke sekolah ini menanjak dan rusak parah. Lubang besar dimana-mana disertai tonjolan batu-batu yang licin dan berbahaya.

Hari ini Rabu, 14 Juli 2010. Kegiatan Masa Orientasi Pesert Didik Baru (MOPDB) sedang berlangsung. Namun sesaat kemudian saya mendengar, MOPDB mau dipercepat penutupannya. Kepala Sekolah, Pak Fuad Dulkhirom yang sedianya akan menutup kegiatan kabarnya diundang ke Setda pukul 12.00.

Usai kegiatan MOPD dan sesaat setelah Pak Fuad meninggalkan sekolah, berita itu pun tersiar. Pak Fuad ke Setda dalam rangka pelantikan sebagai Kepala Sekolah yang baru. Beliau dimutasi ke SMP 2 Kajen.

Beragam komentar pun muncul, mulai dari rasa tidak percaya hingga menyesali pihak Dindik, mengapa hal itu mesti dilakukan. Rasa kebersamaan yang tercipta dan gelora untuk berbenah kea rah kemajuan baru saja bergulir. Rencana-rencana “besar” belum lama digulirkan: lesson study, MIR, pembentukan tim pengembang, keterbukaan keuangan sekolah, dan rencana lainnya. Semua seolah menjadi pekerjaan rumah yang terbengkalai jadinya.

Siangnya, kepastian itu pun diterima. Pak Fuad langsung menelepon Pak Dulawi, mantan Wakil Kepala SMP 2 Talun. Mengabarkan kalau Pak Fuad telah dilantik dan mutasi ke SMP 2 Kajen. Suasana pun kian larut. Wajah guru dan TU muram dalam kedukaan dan kegundahan.

Para master scrable pun sempat menghentikan permainannya sementara mendengar berita ini. Mendung benar-benar menelungkup di wajah para guru dan TU yang masih setia berada di sekolah.
Di luar ruangan, suasana pun tak jauh berbeda. Awan hitam menggumpal. Mendung bergayut di langit. Dan benar saja, satu jam kemudian gerimis mulai menebarkan sayapnya.

Selamat jalan Pak Fuad. Selamat menempuh kegiatan di sekolah yang baru. Semoga kiprah Pak Fuad yang telah menjadi “Matahari” di SMP 2 Talun akan siap menerangi di tempat tugas yang baru.

 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 17 Juli 2010 in Lain-lain

 

4 responses to “MENDUNG DI BUKIT SENGARE

  1. ikkyu_san

    18 Juli 2010 at 08:43

    hmmm kok mendadak begitu ya? Apa memang tidak ada hints sebelumnya? atau itu memang policy dikbud?

    Semoga perpisahan bukan berarti kemunduran semangat ya pak.

    EM

     
  2. Zulmasri

    19 Juli 2010 at 15:07

    Terima kasih mbak imel. nggak tahulah . Kata pihak diknas terpaksa, kata pak fuad dipaksa dalam tanda petik

     
  3. Auto

    15 Agustus 2010 at 02:12

    semangat pak….. hujan2 jalan terus

     
  4. imoe

    20 September 2010 at 21:49

    Dimanapun beliau pasti meninggalkan kenangan yang manis

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: