RSS

Workshop Nasional Pembuatan Blog

04 Mar

Kegiatan
a.Nama Kegiatan: Workshop Nasional Pembuatan Blog untuk Peningkatan Profesionalitas Guru dan Eksistensi Organisasi.
b.Tema Kegiatan: Membudayakan aktivitas menulis di kalangan guru melalui blog.
II. Latar Belakang
Seiring dengan dinamika peradaban dan arus globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi, guru sebagai agen pembelajaran diharapkan mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi virtual untuk kepentingan pembelajaran dan peningkatan kompetensi diri, khususnya dalam ranah keterampilan menulis. Hal ini relevan dengan Pasal 28 Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yang menyatakan bahwa guru adalah agen pembelajaran yang harus memiliki empat kompetensi, yakni kompetensi pedagogis, profesional, kepribadian, dan sosial.
Kompetensi profesional merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam, yang mencakupi penguasaan substansi isi materi kurikulum matapelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru. Melalui pemanfaatan teknologi di bidang informasi dan komunikasi, guru diharapkan mampu menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sehingga akan terus terpacu untuk mengikuti perkembangan informasi dan memperluas wawasan keilmuan sesuai dengan bidang keahlian yang dimilikinya melalui aktivitas menulis.
Salah satu media virtual yang relevan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengembangkan aktivitas dan budaya menulis adalah blog (weblog). Istilah blog (weblog) pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu di-update- secara terus-menerus dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Dalam perkembangannya, blog dapat dijadikan sebagai media virtual untuk mendokumentasikan catatan berkala yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat diakses melalui web dan dapat dikelola menggunakan (basis) web. Dengan kata lain, blog merupakan sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Di tengah pesatnya perkembangan teknologi internet seperti saat ini, sudah saatnya guru mengoptimalkan fungsi internet sebagai media virtual yang mampu menunjang aktivitas dan budaya menulis yang sangat besar manfaatnya dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru. Ini berarti, blog dapat dijadikan sebagai media sekaligus sumber belajar yang interaktif, aktif, inovatif, kreatif, efektif, menarik, dan menyenangkan.
Akan tetapi, kenyataan menunjukkan masih banyak guru yang belum memanfaatkan blog sebagai media untuk mengembangkan aktivitas dan budaya menulis. Wilayah tugas dan kinerja guru semata-mata hanya dibatasi empat dinding ruang kelas sehingga belum mampu memberikan inspirasi kepada siswa didiknya untuk menjadi generasi masa depan yang cerdas secara intelektual, emosional, maupun spiritual.
Berdasarkan latar belakang tersebut, dalam upaya membudayakan aktivitas menulis di kalangan guru, Agupena Kabupaten Purbalingga sebagai organisasi guru penulis akan mengadakan Workshop Nasional Pembuatan Blog untuk Peningkatan Profesionalitas Guru dan Eksistensi Organisasi. Workshop ini ditujukan untuk guru-guru di Jawa Tengah, dengan harapan dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan profesionalitas guru dan eksistensi organisasi, serta menyosialisasikan pentingnya pemanfaatan blog sebagai media untuk mengabadikan dan memublikasikan pemikiran-pemikiran kritis, cerdas, dan kreatif.

III. Tujuan Kegiatan
Tujuan diselenggarakannya Workshop Nasional Pembuatan Blog untuk Peningkatan profesionalitas dan Eksistensi Organisasi adalah sebagai berikut:
1.mengembangkan kompetensi profesional guru dengan memanfaatkan blog sebagai media untuk mengembangkan aktivitas dan budaya menulis
2.menambah informasi dan memperluas wawasan keilmuan para guru tentang media virtual sehingga dapat digunakan sebagai media ekspresi dan aktualisasi diri sesuai bidang keahliannya
3.membudayakan aktivitas menulis di kalangan guru melalui blog sehingga guru dapat berkiprah dalam meningkatkan kualitas pendidikan
4.mengeksiskan organisasi melalui pemanfaatan blog.
IV. Susunan Panitia Kegiatan
Pelindung : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga (Heny Ruslanto, S.E.)
Ketua : Rudiyanto, S.Pd., M.Si.
Wakil Ketua : Dra. Rudi Mulyatiningsih, M.Pd.
Sekretaris : 1. Septiningsih, M.Pd.
2. Aman Musthofa, S.Pd.
Bendahara : Hernani, S.Pd., M.M.
Seksi-seksi:
1. Seksi Acara : Nurul Dwi Hardiani, S.Pd. Joko Sumarno, S.Pd.
2. Seksi Humas : Drs. Prasetyo, Teguh Trianton, S.Pd.
3. Seksi Dokumentasi : Harmanto, S.Pd., Drs. H. Kamson, S.H., M.H.
4. Seksi Konsumsi : Ari Rumbini, S.Pd., Sri Sutati, S.Pd.
5. Seksi tempat dan perlengkapan : Teguh Basuki, S.Pd.,Toto Endargo, S.Pd.
V. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
A. Waktu Pelaksanaan
Workshop Nasional Pembuatan Blog untuk Peningkatan Profesionalitas Guru dan Eksistensi Organisasi akan dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Maret 2010 pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.
B. Tempat Pelaksanaan
Workshop Nasional Pembuatan Blog untuk Peningkatan Profesionalitas Guru dan Eksistensi Organisasi akan dilaksanakan di Andrawina Convention Center Owabong Cottage, Jalan Raya Owabong Nomor 1, Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah.
VI. Peserta
1.Pengurus Asosiasi Guru Penulis Seluruh Indonesia (Agupena) Provinsi Jawa Tengah
2.Pengurus Asosiasi Guru Penulis Seluruh Indonesia (Agupena) kabupaten/kota se-Jawa Tengah
3.Pengurus Asosiasi Guru Penulis Seluruh Indonesia (Agupena) Kabupaten Purbalingga
4.Pengurus organisasi profesi dan sosial (FIG, ISPI, PGRI, Pramuka, dll.) Kabupaten Purbalingga
5.Guru TK, SD, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA Kabupaten Purbalingga
6.Lembaga Pendidikan di Kabupaten Purbalingga
7.Pengurus dan anggota MGMP SMP, MTs, SMA/SMK/MA
8.Pengelola website sekolah di Purbalingga dan sekitarnya
VII. Pembicara
1.Dedi Dwitagama (trainer dan motivator bidang pendidikan, TIK, ICT Blogs, Public Speaking, dll.) dari Jakarta
2.Drs. Sawali, M.Pd. (guru, blogger, penulis buku) dari Semaran
3.Keynote Speaker : Heny Ruslanto, SE (Kepala Dinas Pendidikan Purbalingga)

info lengkapnya bisa dilihat di sini

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Maret 2010 in Lain-lain

 

5 responses to “Workshop Nasional Pembuatan Blog

  1. alrisblog

    7 Maret 2010 at 13:14

    Jarang di update ya. Samo jo blog ambo, hehehe.. salam.

     
  2. darahbiroe

    8 April 2010 at 12:23

    ijin mengamankan posisiis keduaxxx bolehkan
    wahhh andai bisa ikut workshopna
    pasti keren nuyyyy

     
  3. nurkadi

    22 Juni 2010 at 12:35

    Kapan workshop serupa digelar di Pekalongan? saya mau ndaftar Mas Zul…

     
  4. fheris

    23 Juli 2010 at 19:15

    wah kapan dapat kesempatan ya sayanya ini ….

     
  5. fheris

    23 Juli 2010 at 19:17

    pas ada pelatihan … e… pas liburan.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: