RSS

Catatan Kecil Seminar dan Lomba Penulisan Agupena Jateng

28 Jun

Seminar yang digagas Asosiasi Guru Penulis Seluruh Indonesia (Agupena) Provinsi Jawa Tengah yang dibarengi dengan pengumuman lomba menulis artikel untuk guru se Jawa Tengah yang dilaksanakan di LPMP Provinsi Jawa Tengah 25 Juni 2009 berlangsung sukses. Di balik beberapa kekurangan yang mungkin masih terdapat di sana-sini, kegiatan yang semula diperkirakan akan dihadiri 300 orang guru itu, di luar perkiraan membludak mencapai angka 400 peserta. Panitia pendaftaran pun dibuat kelabakan saat pendaftaran ulang peserta.

Kenyataan ini sungguh di luar dugaan. Agupena Jawa Tengah yang belum lama dibentuk dalam waktu singkat mampu melebarkan sayapnya. Sejak dideklerasikan 4 Februari 2009 lalu, Agupena provinsi secara perlahan mulai melebarkan sayapnya ke daerah-daerah dengan membentuk Agupena tingkat kota/kabupaten Jawa Tengah.

daftar ulang seminar pelantikan agupena kab.kota

penanya ahmad tohari panitia

Tentu saja, Agupena sebagai sebuah wadah atau organisasi tidak berhenti sebatas perkumpulan para guru. Ke depannya, diharapkan para guru mampu mengekspresikan diri dan pikiran-pikirannya lewat tulisan. Bagaimanapun Agupena memang mengerucut sebagai wadah para guru sekaligus sebagai penulis.

Sebagaimana yang disampaikan Ketua Umum Agupena Provinsi Jawa Tengah, Deni Kurniawan, lomba penulisan artikel dan seminar dengan pembicara budayawan Ahmad Tohari dan pakar Karya Tulis Ilmiah Dr. Mulyadi, merupakan kegiatan kedua dari program yang sudah dirancang. Kegiatan pertama sebelumnya adalah bedah buku yang ditulis Ketua Agupena Pusat Achjar Chalil, bertajuk “Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Fitrah”.

Tidak mudah memang agar sebuah organisasi bisa tetap eksis. Namun kerja keras dari Deni Kurniawan sebagai ketua umum dan mendapat dukungan luar biasa dari para pembina, penasihat, dan pengurus lainnya, diharapkan wadah ini ke depannya mampu menjadi corong yang lebih berarti bagi dunia pendidikan di Jawa Tengah khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Apa yang telah dilakukan oleh Agupena Provinsi Jawa Tengah barangkali barulah langkah awal. Masih diperlukan gebrakan-gebrakan lainnya, membangunkan gairah kepenulisan para guru, yang nota bene adalah para kaum intelektual.

Semoga saja langkah berikutnya bisa lebih memiliki arti tentunya.

 
10 Komentar

Ditulis oleh pada 28 Juni 2009 in Jurnalistik

 

10 responses to “Catatan Kecil Seminar dan Lomba Penulisan Agupena Jateng

  1. Ersis Warmansyah Abbas

    28 Juni 2009 at 16:13

    Selamat … maju terus … ntar karya anggota yang dijadikan bincangan

     
  2. Sawali Tuhusetya

    29 Juni 2009 at 03:15

    amiiin, insyaallah agupena jateng bisa tetep eksis dan bermanfaat bagi rekan2 sejawat pak zul, selama kita semua memiliki semangat untuk berbagi berdasarkan prinsip kolegial dan kolektivitas itu. salam aguipena.

     
  3. Deni

    29 Juni 2009 at 08:55

    Hmmmm…Alhamdulillah mungkin itu kata yang pas ya, Pak Zul, Pak Sawali.

    Pak Ersis, makasih. Insya Allah pak, ke depan yang lebih banyak dibahas tuntas karya dari anggota.

    Selamat untuk semua.

     
  4. edratna

    29 Juni 2009 at 11:28

    Hebat pak…semoga Agupena makin berjaya….

     
  5. marshmallow

    29 Juni 2009 at 14:03

    membaca mengenai agupena di sini dan blog pak sawali membuat saya sebagai orang luar ikut bangga akan perkumpulan ini. dan memang menakjubkan bahwa kegiatan seminar seperti ini justru membludak peserta. ini menandakan antusiasme besar para guru. mudah-mudahan menular dan semakin baik ke depannya.

    uda zul ikutan lomba, nggak?

     
  6. ismihadisiswanto

    2 Juli 2009 at 00:12

    selamat atas suksesnya kegiatan agupena tgl 25 juni. Sayang sekali saya tak jadi bisa gabung, karena ada kegiatan yang harus kuikuti. Padahal, saya telah kirim naskah lomba. Oh ya, terus siapa saja pemenang lombanya pak? Selamat dan sukses selalu

     
  7. ROTO

    2 Juli 2009 at 10:11

    SELAMAT PADA KERJA AWAL AGUPENA YANG CUKUP MENJANJIKAN UNTUK MAMPU MENGGIRING DAN MEWADAHI PARA PENULIS PEMULA YANG PEDULI TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN. OKEY KEPENGURUSAN SELANJUTNYA TEMAN-TEMAN TINGKAT KABUPATEN/KODYA YANG BELUM TERBENTUK KEPENGURUSANNYA, BERHARAP UNTUK SEGERA TERBENTUK. SELAMAT BERKARYA AGUPENA.

     
  8. yunisusilowati

    8 Juli 2009 at 12:27

    SELAMAT ATAS TERSELENGGARANYA SEMINAR PERDANA AGUPENA. MOGA AKU BISA SEPERTI BAPAK-BAPAK YANG BERHASIL. AMIN

     
  9. Agus Setiyawan

    21 Agustus 2009 at 14:18

    Barang Duluan Bayar Belakangan
    Perihal : CD Presentasi New Version 695MB/472Files (Training Seminar Workshop Pelatihan ISO, ISO, 5S, GMP, SM-K3, Hospital, Plastics, Sanitation, HVAC dan Ice Breaker)
    Jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan yang berkaitan dengan ISO (International Standard Organization), 5S (Dasar dasar tentang Rapi, Bersih dan Tertata), GMP (Good Manufacturing Practice), SM-K3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Hospital, Plastics (Dasar dasar Plastics), Sanitation (Kebersihan Sebenarnya) dan HVAC (Penyediaan AC Central yang Memenuhi Standard), akan tetapi mungkin perusahaan dimana Anda bekerja memiliki budget yang terbatas, waktu yang sempit, dan berbagai kendala faktor lainnya untuk mengikuti seminar atau training dengan topik tersebut di atas yang rata-rata kisaran harganya 1,5 – 2,5 juta per orang.
    Maka berikut ini adalah salah satu solusi terbaik yaitu kumpulan presentasi untuk kebutuhan perusahaan Anda atau bahkan untuk Anda pribadi yang dikemas dalam 1 (satu) CD yang berisi 697 MB/573 Files. Dengan isi sebagai berikut, dengan format semuanya powerpoint :
    1 5S-5R-5P (10 Files)

    2 CPOB-GMP (11 Files)

    3 Hospital (94 Files)

    4 HVAC (16 Files)

    5 ISO 9001 (15 Files)

    6 ISO 14001 (27 Files)

    7 Others (128 Files)

    8 Plastics (31 Files)

    9 Sanitation (11 Files)

    10 SM-K3 (91 Files)

    Khusus bagi yang berminat kami menawarkan untuk mengirimkan 1 keping CD tersebut, dengan menggantikan biaya pembuatan dan biaya pengiriman (khusus untuk pulau Jawa) dengan biaya sejumlah Rp. 125.000,- (#seratus dua puluh lima ribu rupiah#) included, sedangkan untuk diluar pulau Jawa dengan biaya sejumlah Rp. 175.000,- (#seratus tujuh puluh lima puluh ribu rupiah#) included
    Bila bapak ibu telah melakukan transfer dari bank dibawah ini : Sebagai alternatif Bank, kami sampaikan 3 alternatif yang bisa dipilih salah satu untuk memudahkan dalam transfernya :
    1. Buku : Tabungan Mandiri,
    Kantor Cabang : Surabaya, Gentengkali,
    Nama : Silvia Eka Sri Setioningsih (Istri).
    No. Rekening : 141 000 456 8127
    2. Buku : Tahapan BCA,
    No. Rekening : 331 020 8018,
    KCP : Jl. Ahmad Yani No. 183, Blimbing – Malang,
    Atas Nama : Silvia Eka Sri Setioningsih (Istri).
    3. Buku : Tabungan Syariah Plus, BNI 46 Syariah,
    Kacab Syariah Malang : Jaksa Agung Suprapto,
    No. Rekening : 01 2501 4127,
    Atas Nama : Agus Setiyawan Mulyono
    Mohon untuk segera mengirimkan data alamat selengkap lengkapnya terlebih dahulu dan nama yang tercantum direkening yang melakukan transfer jika sudah terima barang (untuk memudahkan kami dalam tracingnya di internet banking), sms ke 081 333 841183, 0817 537894 atau ke email : piranhamasgroup@gmail.com. Demikian yang kami sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan menjadikan ilmu yang berguna. Terima kasih banyak, dan sekali lagi mohon maaf bila tidak berkenan.
    Hormat Kami,
    Agus Setiyawan, http://piranhamas.wordpress.com
    KANTOR I : Plaza Segi 8 Kav. D – 812, Jl. Raya Darmo Permai III, Surabaya,
    KANTOR II : Puri Indah Sidoarjo Blok CS – 14, Sidoarjo,
    KANTOR III : The Balearjosari Residence B – 41, (Trikarya) Jl. Pahlawan No. 278 – Balearjosari, Malang
    Catatan : Lebih Komplit Isinya Ada Di Attachment

     
  10. Agus Setiyawan

    11 November 2009 at 09:06

    Barang Duluan Bayar Belakangan
    Perihal : CD Presentasi New Version 697MB/573Files (ISO, 5S, GMP, SM-K3, Hospital, Plastics, Sanitation, HVAC dan Ice Breaker)
    Jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan yang berkaitan dengan ISO (International Standard Organization), 5S (Dasar dasar tentang Rapi, Bersih dan Tertata), GMP (Good Manufacturing Practice), SM-K3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Hospital, Plastics (Dasar dasar Plastics), Sanitation (Kebersihan Sebenarnya) dan HVAC (Penyediaan AC Central yang Memenuhi Standard), akan tetapi mungkin perusahaan dimana Anda bekerja memiliki budget yang terbatas, waktu yang sempit, dan berbagai kendala faktor lainnya untuk mengikuti seminar atau training dengan topik tersebut di atas yang rata-rata kisaran harganya 1,5 – 2,5 juta per orang.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: