RSS

SEMINAR NASIONAL PENULISAN BUKU DAN KARYA ILMIAH SERTA LOMBA PENULISAN ARTIKEL BAGI GURU

29 Apr

Pengurus Asosiasi Guru Penulis Seluruh Indonesia (Agupena) Wilayah Provinsi Jawa Tengah mulai mengepakkan sayapnya. Setidaknya pada Juni 2009 ini, Agupena provinsi Jawa Tengah akan mengadakan 2 acara yang dikemas dalam satu kegiatan, yakni seminar nasional dan lomba penulisan.

Untuk seminar nasional akan difokuskan pada penulisan buku dan karya ilmiah. Tentu saja diharapkan nanti, setelah mengikuti kegiatan ini para guru bisa mengetahui lebih jelas seputar penulisan buku dan termotivasi untuk meningkatkan kompetensinya dalam bidang tulis-menulis.

Adapun pembicara yang akan tampil dalam seminar tersebut adalah budayawan dan sastrawan Ahmad Tohari. Sebagai budayawan dan sastrawan, nama Ahmad Tohari barangkali tidak ada lagi yang tidak kenal. Penulis yang terkenal dengan trilogi Ronggeng Dukuh Paruk tersebut juga akan didampingi pembicara lainnya, yakni Dr. Mulyadi HP, M.Pd. (Ketua Asosiasi Widyaiswara dan Tim Penilai Karya Ilmiah).

brosur-seminar-agupena-depan

Kegiatan seminar nasional itu sendiri direncanakan dilaksanakan di SMKN 7, Jalan Simpang Lima Semarang pada 25 Juni 2009. Bagi Bapak/Ibu Guru yang ingin mengikuti bisa melakukan pendaftaran kepada pihak panitia dengan biaya (snack, makan siang, paper, dll) sebesar Rp75.000,00 (tujuh puluh lima ribu rupiah) selambat-lambatnya 20 Juni 2009.

Biaya pendaftaran bisa ditransfer melalui BNI Capem UNS a.n. Johan Wahyudi, dengan nomor rekening 0167919194. Informasi lebih lanjut tentang seminar juga bisa ditanyakan langsung kepada Johan Wahyudi melalui nomor 08562517895 atau 02712015778.

Di daerah (kota dan kabupaten) di Jawa Tengah panitia juga membuka pendaftaran melalui korwil masing-masing yang bisa dilihat pada brosur yang rencananya diedarkan ke sekolah-sekolah.

Lomba Artikel
Selain mengadakan seminar, Agupena provinsi Jawa Tengah juga mengadakan lomba penulisan artikel bagi Bapak/Ibu Guru. Adapun tema lomba adalah “Membudayakan Menulis di Kalangan Guru”. Lomba penulisan artikel ini tertutup bagi pengurus Agupena provinsi Jawa Tengah. Selain itu, peserta lomba harus menjadi peserta seminar, karena pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada waktu seminar 25 Juni 2009.

brosur-seminar-agupena-belakang

Artikel yang diikutsertakan dalam lomba harus merujuk sekurang-kurangnya 2 (dua) referensi utama dan belum pernah dipublikasikan. Format penulisan minimal 5 halaman, ukuran kertas A4, dan dengan huruf Times New Roman 1,5 spasi.

Tersedia total hadiah sebesar Rp2.250.000 bagi 3 orang pemenang plus piagam. Artikel bisa diserahkan kepada koordinator pengurus Agupena di tingkat kota atau kabupaten atau bisa pula dikirim via email ke agupena64@gmail.com selambat-lambatnya 15 Juni 2009.

Informasi seminar dan lomba penulisan artikel ini juga bisa diakses di sini

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 29 April 2009 in Lain-lain

 

5 responses to “SEMINAR NASIONAL PENULISAN BUKU DAN KARYA ILMIAH SERTA LOMBA PENULISAN ARTIKEL BAGI GURU

  1. Rindu

    29 April 2009 at 20:00

    hanya khusus untuk guru ya mas?🙂

     
  2. edratna

    30 April 2009 at 06:26

    Saya suka baca “Ronggeng Dukuh Paruk”…benar-benar terserap ke kehidupan di dukuh Paruk tsb.
    Adakah dukuh Paruk tsb di dunia nyata?
    Dan tentang Ronggeng, masih adakah sekarang?

    Saat kecil, saya dilarang ayah ibu, untuk menonton jika ada tayuban. Mungkin ini yang dimaksud semacam ronggeng itu ya?

     
  3. ifoel

    2 Mei 2009 at 07:40

    bang ikutan ya..?? moga sukses ya..??

     
  4. budi

    2 Mei 2009 at 20:04

    halah kok ya jauh ya…. padahal pingin ikut

     
  5. suhadinet

    5 Mei 2009 at 10:17

    sayang saya di kalimantan..
    Ahmad tohari, penulis favorit saya.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: