RSS

PAKET HEMAT YANG ANEH

24 Mar

Ini soal yang diberikan oleh teman saya, seorang guru Matematika. Soal yang menurut saya sedikit aneh. Mungkin karena tak paham atau tidak bisa saya nalar. Oleh karena itu, bagi pembaca budiman sudilah kiranya menjelaskannya.

Soalnya sederhana, berbentuk cerita. Begini:
Ada tiga orang (sebut saja Agus, Budi, dan Cici) ingin membeli makanan yang sudah dikemas sedemikian rupa dalam bentuk paket hemat. Harga satu paket hemat Rp25.000,00. Agus, Budi, dan Cici segera merogoh dompet dan mengeluarkan lembaran sepuluh ribuan.

Setelah menerima paket hemat dan uang kembalian (Rp5.000,00), mereka pun segera membaginya. Untuk uang kembalian masing-masingnya menerima Rp1.000,00. Sisanya sebanyak Rp2.000,00 digunakan untuk biaya parkir.

Demikianlah, ketiganya selesai dengan hitungannya. Permasalahannya adalah ketika dilakukan hitungan Matematis, angkanya menjadi sedikit aneh. Aneh bagaimana? Begini:
Bila Agus, Budi, dan Cici membayar harga paket hemat Rp25.000,00 dan dengan uang sepuluhribuan mendapat kembalian Rp1.000,00 perorangnya, berarti mereka membayar Rp9.000,00 perorang.

Kemudian kita hitung: Rp9.000,00 X 3 = Rp27.000,00. Tambahkan untuk parkir Rp2.000,00. Totalnya menjadi Rp29,000,00.

Lalu Rp1.000,00 lagi kemana? Seharusnya uang iuran mereka bertiga kan Rp30.000,00?

Ada yang bisa menjelaskan? Saya tunggu!

 
24 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Maret 2009 in Lain-lain

 

Tag:

24 responses to “PAKET HEMAT YANG ANEH

  1. ifoel

    24 Maret 2009 at 18:58

    wah.. ini teknik memutar balikkan fakta…🙂 heheheheh
    seribunya pasti sama Bang Zul.. xixixxxiix

    bingung juga nih… puyeng deh….
    kuncinya gmana nih bang…
    mantap banget game matematknya….

     
  2. goenoeng

    24 Maret 2009 at 22:47

    menurut saya sih :

    Paket : Rp. 25.000
    Parkir : Rp. 2.000
    Total biaya : Rp. 27.000 dibagi 3 = Rp. 9.000
    Sisa : Rp. 30.000 dikurangi Rp. 27.000 = Rp. 3.000 dibagi 3 = Rp. 1.000

    atau kalau dibalik

    sisa yg dibagi bertiga : Rp. 3.000
    harga paket dan parkir : Rp. 25.000 + Rp. 2.000 = Rp. 27.000
    jadi total uang : Rp. 3.000 + Rp 27.000 = Rp. 30.000

    nah, klop !

     
  3. marsudiyanto

    25 Maret 2009 at 05:59

    He…he…
    Ngetungnya diruwetkan sendiri.
    Mereka iuran 3 X 9.000 = 27.000
    Yang 25.000 buat bayar makanan, yg 2.000 buat parkir.
    Ya sudah, itu saja yg dipikir.
    Klop sudah 27.000
    Atau dihitung dg cara lain
    Mereka iuran 3 X 10.000 = 30.000
    Yang 25.000 ada di kasir
    Yang 3.000 ada di kantong mereka bertiga
    Yang 2.000 ada dikantong tukang parkir
    Total 30.000 juga klop.
    Dalam cerita di atas ada penjumlahan yang sengaja dikaburkan, sama seperti teka-teki pembagian warisan 19 sapi yang dibagi pada 3 anak, masing2 dapat 1/2, 1/4 dan 1/5 bagian tanpa boleh dipotong. Bagaimana caranya?
    Gampang!
    Pinjam sapi tetangga 1 ekor.
    Maka sekarang ada 20 ekor.
    Lalu kita bagi.
    Anak pertama 1/2 bag = 1/2 X 20 = 10 ekor
    Anak kedua 1/4 bag = 1/4 X 20 = 5 ekor
    Anak ketiga 1/5 bag = 1/5 X 20 = 4 ekor
    Total yg terbagi = 19 ekor.
    Lha sisanya dikembalikan ke yg tadi dipinjami

     
  4. marsudiyanto

    25 Maret 2009 at 06:02

    Knapa jumlah iuran yg 27.000 digabung dengan 2.000 parkir?
    Lha wong 2.000 itu kan sudah termasuk yg 27.000 itu.
    Disitulah awal kesalahan!😆

     
  5. marsudiyanto

    25 Maret 2009 at 06:10

    Saya merasa sudah cukup banyak menulis di sini, energi & pikiran juga terkuras.
    Apakah saya sudah layak seperti orang2 yang telah lebih dulu ter link di sini?.
    Atau Belum?.
    Saya tunggu juga, seperti Pak Zul juga nunggu di akhir postingan!.
    Saya iri pada pak aminhers, pak sawali, mr. andyMSE, sma cepiring dll!
    Saya Tukang Iri…

     
  6. edratna

    25 Maret 2009 at 07:39

    Hehehe…pagi-pagi pak Zul udah bikin soal….
    Saya jawabnya nanti aja ya….lagi buru2 mau berangkat…..:P

     
  7. Potter

    25 Maret 2009 at 09:34

    wah, persoalan ini hampir sama dengan yang dijelaskan dosen saya waktu kuliah,

    tapi tetep aja masih belum mudeng, nunggu jawaban dari pak Zul aja dech,🙂

     
  8. vizon

    25 Maret 2009 at 11:35

    paket hemat itu kan belum termasuk pajak da zul…🙂
    yg 1.000 lagi kemana?
    diberikan budi ke tukang parkir buat bonus, hehehe…
    (sorry, ini bercanda!)

     
  9. marshmallow

    25 Maret 2009 at 13:30

    haha! puzzle matematika yang aneh…

    kalau masing-masing urunan Rp9000, terang aja hasilnya yang Rp27,000 dikurangi bayar makan Rp25,000 hanya menyisakan Rp2000 buat parkir. hihi gimana sih?

     
  10. Rindu

    25 Maret 2009 at 19:29

    he eh, emang banyak promosi aneh akhir akhir ini🙂

     
  11. Syams Ideris

    25 Maret 2009 at 22:26

    Penjelasannya gini:

    Jumlah uang: 10.000 x 3 = 30.000
    Yang dibayar: 25.000 –
    ————————————————-
    Kembalian : 5.000 (benar)

    Trus:
    mereka kalau uang 10.000 dikurang seribu berarti 9.000
    artinya mereka bayar 3 x 9.000 = 27.000
    harga yang harus dibyr: 25.000 –
    ———————————————————-
    Sisa (untuk parkir) 2.000 (benar)

    Pemutarbalikkan faktanya adalah pada:
    ” …Kemudian kita hitung: Rp9.000,00 X 3 = Rp27.000,00. Tambahkan untuk parkir Rp2.000,00. Totalnya menjadi Rp29,000,00…. ”

    bukannya 27.000 + 2.000 = 29.000
    tapi 27.000 – 25.000 = 2.000 (untuk parkir)..

    karena 27.000 + 3.000 (kembalian 3 x 1 ribu) pas jumlahnya = 30.000

     
  12. byme

    26 Maret 2009 at 14:17

    hya aneh ya
    byme

     
  13. Sawali Tuhusetya

    26 Maret 2009 at 14:18

    duh, kalau sudah sampai hitung2an seperti ini mending ngopi dan ngrokok saja saya, pak zul, entah kenapa, kepala saya ndak mau diajak kompromi kalau harus berhadapan dg soal2 njlimet seperti ini, kekeke ….

     
  14. reallylife

    26 Maret 2009 at 23:03

    kayaknya sama saya pak
    yang dah dibelanjakan emang seharusnya 28 ribu
    9 ribu kali 3 = rp 27 000
    yang 3 ribu khan ada pada masing2 pak
    ngapain musti nyari 1000 lagi

     
  15. suhadinet

    27 Maret 2009 at 09:38

    Weekkk!!!!! Saya gak ikut ngitung deh,
    Oh ya, thanks for everythinig….
    Hari ini genap setahun saya ngeblog.. walau tertatih

     
  16. iron21

    28 Maret 2009 at 05:47

    YANG GOBLOK SAPA!!!!
    NGASIH SOAL KOK GINI:
    “” PAKET HEMAT 25.000 KEMBALIAN TIAP ORG 1.000
    BERARTI TIAP ORANG MENYUMBANG 9.000 “”
    BISA GITUNG NGGAK SEH!!!!
    28.000 / 3 = 9.333 (BUKAN TIAP ORG 9.00)
    GOBLOK BENER YG NGASIH SOAL!!!!!!!

     
  17. Daniel Mahendra

    29 Maret 2009 at 13:59

    Huahahaha!! Aku ikutan nyusul Pak Sawali ajaaa…
    *sambil nungguin itungan para komentator* Hihihi!

     
  18. muqaffa

    29 Maret 2009 at 21:56

    hehehe,, keren tuh soal..

     
  19. Zulmasri

    1 April 2009 at 13:58

    Terima kasih atas segala komentar dan penjelasan. Saya jadi ngeh dengan penjelasan-penjelasannya. Sekali lagi, terima kasih.

     
  20. sharwyn

    23 November 2010 at 06:14

    Harusnya 27000 tu dikurangi 2000 bukannya ditambah. Hati2 klo ngitung duit bisa berantem.

     
  21. Wirwan Setyo Prakoso

    10 September 2011 at 20:27

    aku sudah paham tentang ini…

     
  22. eko

    11 September 2011 at 06:50

    Saya juga paham

     
  23. Anonim

    18 September 2011 at 10:23

    hyach……………

     
  24. sazza

    25 Desember 2011 at 08:54

    hehe, that’s interesting

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: