RSS

LOMBA MUSIKALISASI PUISI TINGKAT SMP/MTS KABUPATEN PEKALONGAN

16 Des

Bertempat di Islamic Center Kedungwuni Pekalongan, 27 grup musikalisasi puisi yang berasal dari 27 SMP/MTs Kabupaten Pekalongan, melakukan unjuk gigi. Hasilnya adalah penampilan puisi yang dikolaborasikan dengan lagu dan musik yang cukup semarak. Apa yang ditampilkan oleh para siswa SMP/MTs pun di luar perkiraan. Keseriusan guru Bahasa Indonesia dan Kesenian di sekolah dalam menggarap sebuah pertunjukan dalam bentuk musikalisasi puisi pada siswa benar-benar luar biasa.

Agaknya itulah kesan yang muncul saat diadakan lomba musikalisasi puisi tingkat pelajar SMP/MTs Kabupaten Pekalongan 15 Desember 2008. Acara yang dimulai pagi hari itu, barus bisa diselesaikan pada sore harinya.

Suksesnya kegiatan lomba musikalisasi tersebut tentu saja amat menggembirakan Maliki, S.Pd. selaku Ketua Panitia sekaligus Ketua MGMP Bahasa Indonesia. Padahal sebelumnya sempat dikhawatirkan lomba tersebut sepi peminat. Persoalannya, menjadikan sebuah puisi menjadi bentuk lain semacam lagu dan diiringi dengan irama musik yang semuanya dilakukan siswa bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, sambutan dari para peserta ternyata juga luar biasa. Tentu saja, acara semacam musikalisasi puisi ataupun acara sastra lainnya kian mendekatkan pelajar khususnya dan masyarakat umumnya untuk mencintai seni dan sastra.

Pada lomba musikalisasi puisi tersebut, panitia menyediakan 5 puisi. Kelima puisi itu adalah Di Beranda Ini Angin Tak Kedengaran Lagi (Goenawan Mohamad), Hujan di Bulan Juni (Sapardi Djoko Damono), Karangan Bunga (Taufik Ismail), Tuhan Kita Begitu Dekat (Abdul Hadi WM), dan Revolusi (WS Rendra).

Dalam kegiatan lomba tersebut bertindak sebagai dewan juri adalah Bambang S (Ketua MGMP Kabupaten Batang), Petrus Suryana (Guru Bahasa Indonesia SMP Pius Kota Pekalongan), dan Indro (Guru Seni SMA 1 Kajen). Dewan juri secara langsung juga mengumumkan 10 penampil terbaik dalam lomba tersebut sebagai pemenang lomba, yakni:
1. SMP 1 Sragi
2. SMP 1 Kajen
3. SMP 2 Karanganyar
4. MTs Muhammadiyah Kajen
5. SMP 1 Wonopringgo
6. SMP 3 Wonokerto
7. SMP 2 Wiradesa
8. SMP 2 Talun
9. SMP 1 Wiradesa
10. SMP Muhammadiyah Pekalongan

Dalam kegitan tersebut 3 penampil terbaik menerima tropi dan uang pembinaan yang diserahkan di akhir acara. Di samping itu, rencananya penampilan para peserta juga akan dijadikan sebagai media pengajaran Bahasa Indonesia yang dikemas dalam bentuk kepingan cd.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Desember 2008 in Jurnalistik, Lain-lain

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: