RSS

HARGA BBM TURUN PER 1 DESEMBER 2008

06 Nov

Akhirnya harga BBM diturunkan juga. Hasil rapat kabinet hari ini telah diputuskan, bahwa harga BBM khususnya premiun akan diturunkan 1 Desember 2008. Sedangkan harga solar dan minyak tanah tidak mengalami perubahan. Satu liter solar Rp5.500,00 dan selitar minyak tanah Rp2.500,00.

Sulit menilai akan terjadi perubahan ke arah yang lebih baik. Bagi industri atau bahan makanan yang masih menggunakan solar atau minyak tanah dan gas, penurunan harga BBM premium tidak berdampak apa-apa. Demikian juga tarif transportasi, akankah mengalami penurunan? Rasanya sulit.

Pendek kata, penurunan harga premium tidak meninggalkan dampak apa-apa, terutama bagi masyarakat kecil tentunya.

Kebijakan pemerintah yang setengah hati itu tentu berbeda jauh dengan pemerintah Malaysia, yang sudah beberapa kali menurunkan harga BBM.

Berapa harga penurunan BBM premium yang akan dimulai 1 Desember 2008 itu? Kisarannya Rp500,00 hingga Rp800,00. Tapi besar kemungkinan satu liter premium sama dengan seliter solar, yakni Rp5.500,00.

Bagaimana menurut pembaca dengan penurunan BBM yang hanya untuk premium saja itu? Adakah akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik?

 
13 Komentar

Ditulis oleh pada 6 November 2008 in Lain-lain

 

Tag: ,

13 responses to “HARGA BBM TURUN PER 1 DESEMBER 2008

  1. Syamsuddin Ideris

    6 November 2008 at 20:09

    Yap..dukung dulu lah….
    Lumayan kan ada “sedikit” niat untuk menurunkan harga BBM. Siapa tahu nanti diturunkan lagi.

    Tapi saya agak curiga nih, Bang Zul..jangan-jangan ini hanya sekedar “tebar pesona” demi menyongsong “2009”…

     
  2. Catra

    7 November 2008 at 08:00

    alhamdulillah walaupun cuma 500 turunnya lumayan deh!!!!
    ayo pemerintah!

     
  3. suhadinet

    7 November 2008 at 08:01

    Mudah-mudahan BBM jenis lain juga turun harga, juga sembako biar rakyat kecil tambah lega napasnya.

     
  4. zoel

    7 November 2008 at 11:48

    masih sebulan lagi

     
  5. edratna

    7 November 2008 at 15:33

    Kemarin beli bensin, ada tempelan di tembok, yang diturunkan jenis Pertamaz dan pertamax plus…tapi korang hari ini premium diturunkan juga.

    Hmm ya lumayan, bisa nambah untuk beli tempe dan tahu

     
  6. sapimoto

    7 November 2008 at 17:59

    Sepertinya sangat kurang bijak tindakan pemerintah untuk menurunkan harga bbm apabila hanya dengan melihat pada trend turunnya harga minyak dunia saat ini. Misalnya, pada akhir Nopember terjadi lonjakan harga minyak dunia sampai diatas 100, apakah kemudian kebijakan ini akan dibatalkan dan justru akan dibuat sebuah kebijakan baru untuk menaikkan harga bbm?

     
  7. Women Need

    7 November 2008 at 22:54

    pusing mikirin BBM, rasanya udah ngga.., sekarang yang jadi pikiran dollar kapan turun yahūüė¶

     
  8. istantina

    8 November 2008 at 01:06

    utk selamanya ato sementara naikin pamor jelang pemilu aja nih?

     
  9. Daniel Mahendra

    8 November 2008 at 13:02

    Betapa sulit menjadi pemerintah di negeri yang kebetulan bernama Indonesia ini. Menaikkan harga BBM, diprotes, menurunkan harga BBM, juga disinisi.

    Tapi lebih sulit lagi menjadi rakyat di negeri yang kebetulan bernama Indonesia ini.

    Apa boleh buat, negeri yang kebetulan bernama Indonesia ini memang belum selesai . Masih lagi dalam proses menjadi.

    Kita ada di dalamnya.

     
  10. bahtiyarzulal

    8 November 2008 at 22:38

    Kalok gue siih… Rp.500 X 20 hari : Rp.10.000,- lumayan bisa buat tambah beli susu anak gue, biar pintar ntar kalok dah gede terus jadi pemimpin yang buat kebijakan yang maslakhat untuk semua terutama rakyat jelata…he…he..he…

     
  11. imoe

    8 November 2008 at 23:09

    mudah-mudahan turun terus pakkkkkkkkkkkk sampai akhirnya harga 2000 aja setuju gakkkk

     
  12. bedul_empang

    10 November 2008 at 14:31

    1 desember????
    kelamaan aahhhhh….!!!
    giliran naek, buru2 d naekin harganya…
    giliran turun, ech di lama2in…
    kayanya sich nunggu stok lama abis dulu :p
    jadi nanti pas beli lagi ada untungnya…
    dasar pemerintahan sekarang, cuma kikirin perut diri sendiri, keluarga dan konco2nya..
    gak peduli rakyatnya lapar dan menderita..

     
  13. bikers

    12 November 2008 at 08:53

    itu sih cuman cari sensasi doank………………
    kan kalo 2009 mereka jadi lagi, keuntungan yang didapetin oleh mereka (SBY-JK, P.Demokrat,P.Golkar, Keluarganya)
    lebih gede dari Rp. 500,- dibaca “GOPEK”

    oleh karenanya, mari kita kumpulkan duit GOPEK sukur-sukur masih ada yang punya Duit Gopek bergambar “ORANG UTAN”
    terus kita kirimkan ke DPR dan ISTANA NEGARA….

    eMANG Mereka pikir dengan menurunkan BBM Sebesar GOPEK, bisa nurunin HARGA Barang dan Jasa…

    Dasar Monyet !!!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: