RSS

Pelaksanaan UN Tetap April 2009

20 Okt

Simpang-siur tentang jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2009 nanti telah menimbulkan ketidakpastian pada siswa dan para guru. Banyak email yang masuk pada saya mempertanyakan tentang jadwal pelaksanaan ini, karena juga ada kabar bahwa jadwal UN akan dimajukan bulan Februari 2009 terkait pelaksanaan Pemilu April nanti.

Dalam hal ini, sejak awal saya sudah menyampaikan ke beberapa penanya, bahwa UN 2009 rasanya sulit dimajukan. Apabila UN dilaksanakan Februari 2009, berarti kegiatan belajar mengajar semester genap hanya 2 bulan. Itu sesuatu yang mustahil tentunya.

Agaknya teka-teki jadwal pelaksanaan UN mulai terkuak. Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi mengatakan bahwa pelaksanaan UN diputuskan pada bulan April. Hanya tanggal pastinya saja yang belum diputuskan (lihat http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/16/1449031/UN).

Adapun standar nilai UN juga masih akan dibicarakan usai evaluasi pelaksanaan UN 2008. “Kemungkinan tetap seperti tahun lalu. Yang mungkin bisa berubah ada permintaan supaya satu hari hanya satu mata pelajaran saja,” kata Djemari.

Mudah-mudahan informasi ini menjadikan guru dan siswa bisa bernafas sedikit lega. Untuk informasi lain seputar UN 2009, tetap kita tunggu kepastiannya.

 
16 Komentar

Ditulis oleh pada 20 Oktober 2008 in Tak Berkategori

 

Tag: ,

16 responses to “Pelaksanaan UN Tetap April 2009

  1. marshmallow

    20 Oktober 2008 at 17:51

    walaupun bukan ranah saya, tapi tergelitik juga buat mengomentari hubungan pemilu dengan UN, pak zul.
    kenapa juga harus berpikir untuk menunda UN karena pemilu ya, pak? masing-masing kan sudah ada yang mengurus.
    untung memang tak jadi ditunda. hehe.

    …> harusnya jadwal un tetap uni, april dan mei. namun ada wacana dimajukan feb-mar. mungkin ada ketakutan un terganggu gara-gara pemìlu. suatu ketakutan yg tdk beralasan tentunya.

    alasan yg muncul karena kehati-hatian ataukah karena ketidakdewasaan pemerintah?

    tapi syukurlah, info terbaru, un tidak jadi dimajukan.

     
  2. Sawali Tuhusetya

    20 Oktober 2008 at 22:24

    kalau harus dilaksanakan bulan Februari, bisa jadi bumerang, baik buat guru maupun iswa, pak zul. saya jadi membayangkan guru seperti seorang pemburu yang sedang mengejar pencuri, hiks. tapi syukurlah kalau bsnp sdh membuat pernyataan seperti itu, lagian, ujian kan ndak ada kaitannya dengan politik. repot kalau urusan pendidikan dikait-kaitkan dengan ranah politik.

    …> setuju pak sawali, meski sebenarnya un sendiri sdh dipolitisir. eh….

     
  3. sem

    21 Oktober 2008 at 12:07

    isu UN dimajukan sudah tersebar ke pelosok sekolah,sebenarnya pendidikan sama politik itu apa yg berkaitan ce,?jelas goblog bgt org2 yg percaya sama isu tersebut,

     
  4. egha

    25 Oktober 2008 at 10:35

    Di Bandung sangat tersebar bahwa Klo UN DIADAIN BLN fEBRUARI ,sampai skrg brita itu msh blm psti. Tpi beruta itu ngbuat smw anak SMA di kota bdg lgnsng kaget!!!!!!!!!!

     
  5. cantik

    28 Oktober 2008 at 19:55

    Om sWastiastu

    wah, it’s good news for my friends in every SMA at Denpasar_bali….

    semua sudah takut sekali dengan isu dimajukannya ujian nasional walaupun disertai dengan kabar baik yaitu akan dikuranginya satu mata pelajaran UN.

    semoga bapak – bapak kita “diatas”bisa lebih mengerti hati para siswa. tidak hanya mengandalkan nilai standar yang terus dinaikan namun kualitas soal dan penjagaannya masih kurang baik.

    saya dan teman2 rasa itu hal yang sangat2 lucu.

    standart UN >>>> = kualitas soal<<<<<<<<<

    mungkin bisa digamarkan seperti itu.

    tapi, kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak -bapak kita “diatas” yang masih peduli terhadap pendidikan diIndonesia walau masih perlu banyak terjun kelapangan.

    terimakasih. Om shanti…shanti….shanti…Om….

     
  6. Hey? Dimanakah keadilan di negeri ini?

    29 Oktober 2008 at 19:20

    Waptrick.Com

     
  7. EheMm..

    3 November 2008 at 17:32

    DuwhHh..ALhamduLiLLah kLo UN gag dmajuin bln februari..
    Jgn gila doNk..
    Kt” anak skLh bS stRess gaRa” iSu kyk gini..

     
  8. Anonim

    5 November 2008 at 19:58

    hhaahh,,

    tau kalo unas masih tetep di laksanakan aja aku dah strees apa lagi tau ada kbar di cepetin jadi februari…

    gilla,,

    untung aja gag jadi,,

    bisa siap2

     
  9. edwin

    5 November 2008 at 19:59

    hhaahh,,

    tau kalo unas masih tetep di laksanakan aja aku dah strees apa lagi tau ada kbar di cepetin jadi februari…

    gilla,,

    untung aja gag jadi,,

    bisa siap2

     
  10. wildan

    7 November 2008 at 08:53

    aku siswa smp byb menanyakan kapan kepastian un dilaksanakan

     
  11. ruli

    7 November 2008 at 08:54

    aku siswa smp bayongbong

     
  12. yustiwa

    7 November 2008 at 08:59

    kapan dilaksanakan un 2009

     
  13. Rizki

    7 November 2008 at 09:00

    Apa benar un akan dilaksan pada bulan februari 2009
    tapi kalo benar kami selaku siswa yang akan mengikuti un tersebut harus benar – benar mempersiapkan diri dari sekarang sekali lagi saya minta kepastian kepada yang bersangkutan

     
  14. ruli fahrul islam

    7 November 2008 at 09:02

    apakah u n jadi maju?
    apakah sudah tak
    sayang lagi ma kami ya klo bisa di undur supaya kita lebih siap
    ya walaupun terjadi pd bln february gue berharap gue lulus
    aminnnnnnnnnnnnnnnnn.

     
  15. Mr.Misterius17

    17 November 2008 at 11:01

    apa benar un nya dimajukan ?

    kasihanilah kami anak SMK ini udah 3 hari gak makan…

    gak becanda kok…..

    maksudnya januari aja kami baru selesai PSG, belum lagi buat laporan, seminar, TA, project work,dll.
    kapan belajarnya…?????????

    emosi nih gue emosi ……….dasar loe…..
    kalo emang mau kami gak lulus kenapa nanggung kaya gt..
    kalo perlu desember ,atau hari ini aja sekalian….

    emosi gueeee…beneerrr????gw emosi lho.

    gak perrcayaaa????
    belah dadaku……

     
  16. marihot

    4 Desember 2009 at 16:45

    sebaiknya informasi yang di paparkan berdasarkan fakta tanpa simpang siur yang membuat pembaca enjel (enggak jelas)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: