RSS

Merdeka…!

17 Agu

Merdeka…!

63 tahun sudah, Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamirkannya.

63 tahun sudah, pernyataan itu bergema. Lalu setelah 63 tahun, apalagi?

Memaknai 63 tahun, banyak sekali caranya. Memaknai 63 tahun, yang terpenting adalah mampu mengambil intisari perjuangan para suhada negeri ini dan mengaplikasikannya untuk kepentingan negeri. Kita harus jujur sejak dari dalam diri, ujar Pramoedya Ananta Toer suatu ketika. Jujur dalam pikiran yang diaplikasikan dalam tindakan nyata. Bahwa segala sesuatu (pikiran dan tindakan) akan ada efeknya bagi yang lain: orang, lingkungan, dan alam secara global.

Memaknai 63 tahun berarti mampu melihat kedalaman dan kebeningan hati. Adakah hati kita benar-benar bening dan bersih, benar-benar merdeka dari belenggu nafsu duniawi.

63 tahun, adakah diri Anda merdeka?

Iklan
 
14 Komentar

Ditulis oleh pada 17 Agustus 2008 in Diari, Lain-lain

 

Tag: , ,

14 responses to “Merdeka…!

  1. fahrizalmochrin

    17 Agustus 2008 at 05:21

    susah kali bang memaknai makna merdeka itu,merdeka dari kelaparan, merdeka dari penindasan, banyak kali perampok berdasi yang berkeliaran di bangsa ini ( lebih mudah menagkap maling ayam dikampungku ,daripada menangkap maling uang rakyat bah,,negara apa pula ini kata si opung…)

    ….> betul juga sih. namun yang penting kita tidak jadi penonton saja kan? kalau nggak bisa ikut ngatasi, ya berkiprah untuk negeri ini. setuju….

     
  2. Rita

    17 Agustus 2008 at 06:36

    Petromax dulu deh biar gak kesalip hehe 😀

    ….> kayaknya sih keduluan….

     
  3. musafak

    17 Agustus 2008 at 06:41

    Semoga jiwa raga kita bersih
    Kinerja kita semakin membaik
    Inilah cara membahagiakan pengorbanan para pejuang kita
    Inilah cara yang benar mengisi kemerdekaan ini
    Bukan dengan berpangku tangan dan bermalas-malasan
    Bukan dengan berhura-hura, narkoba maupun korupsi.

    …> setuju….!

     
  4. Rita

    17 Agustus 2008 at 06:45

    Jujur dalam pikiran, diaplikasikan dalam tindakan nyata dan dengan tujuan yang jelas dan nyata demi tercapainya persatuan dan kesatuan bangsa (setiap komponen bangsa saling melengkapi, kerja sama), adil makmur sejahtera

    ….> semoga tercapai dalam suasana yang kadang bikin banyak orang pesimis

     
  5. vizon

    17 Agustus 2008 at 07:48

    saya ingin negeri tercinta ini “merdeka” dari:
    – kepalsuan
    – kebodohan
    – kemiskinan
    berlebihankan…?
    bermimpi adalah lebih baik, daripada tidak punya harapan sama sekali… 🙂

    ….> semoga saja, mimpinya jadi enyataan ya….

     
  6. si Dion

    17 Agustus 2008 at 13:57

    “mampu melihat kedalaman dan kebeningan hati”, setuju sekali pak. karena semua perbuatan berawal dari niat di hati…

    ….> yap…

     
  7. marshmallow

    17 Agustus 2008 at 16:07

    angka 63 sebenarnya sangat bermakna dalam sejarah kepemimpinan, terutama bagi umat muslim.
    rasulullah wafat pada usia ini setelah menyempurnakan sampainya amanah Allah.
    dalam hidup yang 63 tahun itu kepemimpinan beliau juga luar biasa berhasil.
    bagi negara kita, mudah-mudahan angka 63 ini juga berarti keberhasilan.
    keep the faith.

    …> betul uni. komentar yang sama saya berikan di tulisan pak sawali. mudah-mudahan ada perubahan ke arah yang lebih baik

     
  8. imoe

    17 Agustus 2008 at 21:12

    merdeka…moga bisa lebih bebas bangsa iniiii

    ….> setuju….

     
  9. imanpotter

    17 Agustus 2008 at 22:37

    yuzp.. merdeka..

    ….> merdeka…!

     
  10. cinker

    18 Agustus 2008 at 03:33

    MERDEKA………!

    ….> MERDEKA………!

     
  11. gusti

    18 Agustus 2008 at 09:09

    Merdeka ! Merdeka ! tapi artinya apa ya ?apakah anda sudah merasa bebas dari segala hal ?apakah hanya bebas sesaat ?eh..belum ternyata ! trus selanjutnya ??? ya usaha dong dan terus berkarya ,bekerja dengan cerdas tuk bangsa yang tercinta ini ! Selamat dech !

    …> yang penting, berbuat yang terbaik untuk negeri ini. setuju?

     
  12. potter

    18 Agustus 2008 at 13:03

    aku blom merdeka kayaknya, blom bisa membahagiakan kedua orang tua,

    MERDEKA untuk negeri ini !!!
    moga untuk ngurus sesuatu makin dipermudah, gak njlimet lagi, moga gak ada lagi pemerasan,dan gak ada lg rakyat yg jadi korban ketidakadilan.

    MERDEKA !!!

    …> mudah-mudahan mas, karena itu salah satu wujud dari merdeka itu.

     
  13. Achmad Sholeh

    18 Agustus 2008 at 20:35

    semoga hati dan jiwa kita menemukan kemerdekaan yang sesungguhnya

     
  14. putirenobaiak

    19 Agustus 2008 at 14:46

    mari jujur dlm pikiran & tindakan…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: