RSS

Ujian Nasional 2009 Bulan April dan Mei

08 Agu

Kalau tidak ada perubahan, bisa dipastikan Ujian Nasional (UN) 2009 akan dilaksanakan bulan April dan Mei.  Hal ini terutama bila melihat kalender pendidikan yang dikeluarkan Departemen Pendidikan Nasional.

Untuk siswa SMA/MA UN diagendakan pada 20-22 April 2009 dan susulannya tanggal 27-29 April. Hingga kini belum ada kepastian berapa mata pelajaran yang diujikan. Namun bisa dipastikan, 6 mata pelajaran yang diujikan pada UN lalu akan kembali diujikan untuk UN 2009 mendatang.

Untuk tingkat SMP/MTs UN akan digelar 4-7 Mei 2009, dengan UN susulan tanggal 11-13 Mei 2009. Apabila pada UN yang lalu diujikan 4 mata pelajaran, besar kemungkinan untuk tahun nanti akan ditambah 1 atau 2 mata pelajaran lagi. Dari isu yang berkembang mata pelajaran IPS dan PKn besar kemungkinan mulai diujikan. Persiapan yang dilakukan oleh Puspendik telah dilakukan sejak tahun lalu, yakni dengan mulai mempersiapkan soal-soal IPS dan dihimpun dalam bentuk bank soal.

Keadaan ini mungkin sesuatu yang tidak mengenakkan, terutama bagi siswa SMP/MTs. Namun bagaimanapun semua harus dilalui. Sebelum terlambat, ada baiknya siswa SMP/MTs mempersiapkan diri dengan menjadikan mata pelajaran IPS dan PKn sebagai bagian dari mata pelajaran yang akan di-UN-kan.

Ini dapat dipahami, karena seperti biasanya, kepastian ikut atau tidaknya sebuah mata pelajaran di-UN-kan selalu saja terlambat diumumkan. Tahun lalu misalnya, kepastian mata pelajaran IPA ikut UN baru diketahui diawal Januari 2008, atau 4 bulan sebelum UN dilaksanakan.

Bagi Bapak/Ibu Guru dan Kepala Sekolah tentunya diminta juga kesiapannya dalam mempersiapkan siswa, khususnya 6 mata pelajaran tersebut (Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan PKn). Persoalan kalau nanti tidak jadi diujikan, tidak masalah. Tapi kalau diujikan, tentu para siswa sudah lebih siap tentunya

Adapun kriteria kelulusan hingga kini juga belum ada pengumuman dari BSNP maupun Puspendik. Apakah akan ada peningkatan dalam nilai per mata pelajaran dan nilai rata-rata, kita masih menunggu.

Sedangkan untuk SD/MI, bentuk ujiannya masih mengacu kepada model UASBN. Untuk UASBN sendiri diagendakan tanggal 11-13 Mei 2009 nanti, dengan UASBN susulan seminggu kemudian.

CATATAN:
Untuk informasi terbaru dan jadwal pasti UN 2009, baca tulisan saya yang berjudul: JADWAL DAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2009 (Zul)

Iklan
 
197 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Agustus 2008 in Tak Berkategori

 

Tag: , ,

197 responses to “Ujian Nasional 2009 Bulan April dan Mei

  1. zoel chaniago

    8 Agustus 2008 at 21:40

    dah keluar ya jadwalnya pak!!!

    …> baru rencana hari pelaksanaannya, belum kriteria kelulusannya

     
  2. marshmallow

    9 Agustus 2008 at 09:21

    dengan penambahan subyek ini, akankah mampu menaikkan angka rata-rata kelulusan siswa, pak?

    kalau malah justru membebani dan semakin memperburuk, rasanya perlu evaluasi yang komprehensif mengenai obyektif dari tiap mata pelajaran secara nasional dan pencapaiannya.

    …> setuju uni. sebenarnya banyak yg gak setuju dg un, tapi krn ini program pemerintah, mau tak mau hrs dijalanin

     
  3. imoe

    9 Agustus 2008 at 20:12

    paling cerita lama akan berulang pak……

    …> apa boleh buat p.imoe

     
  4. Liana

    10 Agustus 2008 at 14:39

    Mudah-mudahan persiapan siswa menghadapi un tidak terganggu pemilu.

     
  5. Renggani

    10 Agustus 2008 at 15:36

    Wah, nanti untuk SMP tambah berat ya pak?

     
  6. UN

    18 Agustus 2008 at 02:41

    ujian untuk smp/mts dengan nilai yg tinggi, kok msh d tambah 2 mapel lg apa ngak kasian ama anknya? blm jelas lagi kepastianya, bgmn bisa belajar lebih fokos mapel UN!

    ….> ya, bagaimana lagi. makanya sebelum pelaksanaannya, lebih baik siap-siap dari awal. ok

     
  7. axel

    29 Agustus 2008 at 11:41

    klo ujiannya udah banyak nilainya jangan dinaikin lagi,,,,,,,,, dong. jangan bikin siswa jadi bahan percobaan,,,,,,

     
  8. noja

    29 Agustus 2008 at 11:48

    mohon pemerintah lebih memperhatikan nasib para siswa se-Indonesia yang akan menghadapi UN

     
  9. Max Breaker

    9 September 2008 at 15:01

    Yang penting belajar dan berdoa!
    Semangat!!!!!!!!!! 😀

     
  10. Selma

    14 September 2008 at 21:26

    saya dengar UN dimajukan. issue nya SMP UN bisa dimajukan sampai akhir FEbruari atau awal Maret/ karena PEmilu 😦

    …> jadwal pasti belum. tapi kalau feb kayaknya nggak deh. smt 2 mulainya kan jan 2008

     
  11. kein

    17 September 2008 at 23:07

    hai…..aku denger2,,un jadi bulan februari???bener apa ga yahh???hmp….oh ya,,pemerintah itu sebenernya mau buat kita pinter apa mau buat kita jadi gila??!!!??!!mikir aja,,mata pelajaran UN buat SMA dinaikin,,dan juga………nilai standar kelulusannya dinaikin!!!pemerintah ga mikirin sama yang tinggal di pedalaman apa???!!?!??!!Apa blm cukup dengan banyak korban bunuh diri cuma gara2 stress ga lulus UN???!!?!?!Seenggaknya pemerintah kasih kbijakan sdkt dongg…..mata pljarannya silahkan dinaikin,,tp standar kelulusannya jgn ikut dinaikin juga….!!!!!!anak tuh bukan jadi pinter,,malah bisa jadi GILAA!!!Emangnya kepinteran itu diambil dari UN yaa???kalo aku boleh ngomong,,UN tuh gunanya cuma buat dptin surat tanda kelulusannya aja!!!!ga ada guna buat masa depann!!!justru smakin anak dikejar-kejar dengan nilai yg tgi2,,anak malah akan smakin stress dan bawaannya mendingan nyontek aja…dan terbukti!!!sama sekali ga ada guna UN itu klo ujung2nya smua anak pd nyontek!!!!!Tolong pemerintah liat ke anak2nya,,jgn bersikap seenaknya!!kalian ga ngerasain ada di posisi kita sbg “PELAJARRR”!!!!!!!

     
  12. alpons pandiangan

    24 September 2008 at 11:21

    Sekalian standar kelulusannya dinaikkan menjadi 7.5. Masa kita kalah dengan malasya dan singapur? Heheh

     
  13. imam

    25 September 2008 at 09:40

    KETERLALUAN KALAU NILAI STANDAR UN DI NAIKAN LAGI!!!!!
    MEMENG BENAR PEMERINTAH HANYA MAU MENANG SENDIRI TAK MAU LIHAT KEADAAN SISWA!!!!!!!!!!!!!!!

     
  14. CrossFire X

    26 September 2008 at 19:13

    UN= keputusan yang ga tepat. Apa guna belajar 3 tahun demi memperjuangkan 3 hari?! Tanya kenapa?

     
  15. Febra

    27 September 2008 at 14:24

    saya rasa untuk ujian nasional thn 2009 seharusnya diadakan sejauh2 mungkin dalam arti agar siswa bisa lebih mantap untuk mengikutinya….
    dan saya dengar kabar burung klo ternyata pemerintah memajukan jadwal ujian nasional thn 2009 ke bulan februari…apakah pemerintha tidak merasa kasihan terhadap siswa siswi di seluruh nusantara ini….???dan klo seaindainya memang itu benar,tolong untuk mata pelajaran nya harus di kurangi atau nilai standar kelulusannya serta nilai rata2 harus dikurangi juga.agar beban siswa siswi lebih berkurang.dan terlebih2 terhadap anak yg mondok sambil sekolah…apakah pemerintah tega terhadap mereka??? tolong balas email ini…

     
  16. Anonim

    13 Oktober 2008 at 09:42

    Knapa ya pak pada takut UN smpe2 pada nyari kambing item?Apa karena tkt UN?
    Apa mang Indonesia isina org2 pengecut,sampe2 g brani dg UN?

     
  17. tunggara

    13 Oktober 2008 at 19:52

    Usaha pemerintah untuk menjalankan amanat UUD 1945 -mengenai pencerdasan bangsa, pada alinea keempat- perlu kita dukung.

    Ujian Nasional memang hanyalah formalitas (hitam di atas putih) bagi kita, namun tidak bagi Pemerintah. Di setiap negara, untuk mengukur tingkat kemampuan masyarakat dalam berbagai hal, contohnya pendidikan, perlu diadakan suatu survei yang efisien. Ujian Nasional adalah salah satu bentuk contoh survei yang valid untuk bisa diadakan Pemerintah. Dari hasil survei ini, kelak Pemerintah akan membuat kebijakan yang pro rakyat.

    Nah, bagaimana usaha kita agar UN tidak menjadi momok? Wapres Jusuf kalla pernah mengatakan kepada para insinyur lulusan ITB,”Kalian sudah menyandang gelar insinyur saat ini, namun apa yang sudah kalian buat untuk bangsa ini?” Pertanyaan ini membuat kita harus melakukan sesuatu demi bangsa dan bukan demi nilai ijazah yang bagus, bahkan cum laude saat wisuda sarjana nanti. Yang lebih penting adalah usaha kita untuk belajar agar menjadi lebih baik daripada hari ini.

    Saya yakin, nilai ujian nasional bukanlah satu-satunya alat untuk menjadikan kita sukses bahkan dapat melakukan sesuatu untuk bangsa ini. Namun, dengan usaha yang gigih untuk mencapai kemajuan, pasti usaha kita direstui Allah.

    Mulai sekarang, belajarlah rajin belajar di sekolah dan di rumah, rajin ibadah, dan berlatih kejujuran dalam hal apapun. Kecurangan dalam UN diyakini sebagai bentuk ketakutan siswa akan ketidaklulusan di sekolah yang didudukinya. Biasanya mereka akan melakukan Sistem Kebut Semalam (SKS), mencontek, bahkan bekerjasama. Namun, jika ketiga hal yang saya minta itu dijalani dengan baik, niscaya hasilnya akan dirasakan untuk waktu yang sangat lama, bahkan ketika kita mempunyai anak dan cucu. Kelak, kita bisa membagikan pengalaman yang berharga dan baik ini kepada mereka.

     
  18. Gita

    13 Oktober 2008 at 20:43

    SALAM PELAJAR………sya sebagai pelajar merasa terbebani dngan UN. yg saya tau nilai ditingkatkan dan ditambah mata pelajaran laiannya, saya mengerti negara kita ingin dsamakan kualitas mutu pendidikan indonesia, tapi apa Pemerintah memikirkan kondisi dan mutu dari skolah…..
    itu saja. Dan saya mau bertanya kapan UN SMA 2009 Diadkan???

     
  19. Anonim

    13 Oktober 2008 at 20:58

    Sbenernya emg sistem un itu sndiri yg hrs dbenahi dan dipikir ulang efektifitas n dampaknya buat masa depan siswa…toh tujuan kita skolah tu ya buat menuntut ilmu, bukan untuk ngjalanin 3 hari ‘nightmare’ itu..kan yg penting proses n hasil dr proses itu..masalah hasil akhir yg dtentuin lwt un itu kan spenuhnya jd tanggung jwb siswa…jd bangsa kita tu udah dari kecil dididik bwt jd pengecut..buktinya pemerintah lbh ngepentingin hasil dr 3 hari un drpd hasil dr proses selama 3 taun skolah…tau gitu kan kita gak usah capek2 sekolah…klo nantinya hasil dr jerih payah kita slama 3 taun cm dtentuin ma un…wah,bnr2 g fair dan aneh bin ironis..hho

     
  20. co.mail@gnteng ok

    14 Oktober 2008 at 10:39

    klu menurut saya bagus ada Ujian NAsional tapi kenapa harus ditentuin oleh pemerintah……….????
    berarti guru kita disekolah nga pny hak wat ngelulusin kita donk………. yang tau kriteria mudidnya kan guru kita bukan pemerintah yang ingin menang sndiri……….. coba donk perhatiin siswa dan guru yang slama 3 tahun harus ditentuin oleh 3 hari.

     
  21. chueliez

    14 Oktober 2008 at 13:01

    pak katanya februari itu UAN 2009, betul apa tidak

     
  22. chueliez

    14 Oktober 2008 at 13:03

    kenapa pelaksanaan unas itu dimajukan?

     
  23. wahyu

    14 Oktober 2008 at 15:23

    ujian nasional kokj lama banget ya????
    masak mau naik lagi si standarnya? nti banyak anak pejabat yang gak lulus lho!!!???

     
  24. wisonofadila

    15 Oktober 2008 at 11:00

    Mengingat keterpurukan mental anak bangsa yang tidak mengindahkan nilai-nilai Pancasila selayaknya Pkn masuk lagi dalam Unas 2008

     
  25. Anonim

    15 Oktober 2008 at 15:48

    UN???rsany mnis,asem,asin!p bnr ta UN dmjukn jd bln feb?kta gruq gr2 da PEMILU UN jd dmjukn.pmrnth tu p g mkr ta,enk bgt ngmg mju in UN 2bln lg,april j mkn bny yg g lu2s ko aplg feb!knp pmrnth g bs mbedain ursn pol ma pnddkn!tar mrd2 in kn jg jd pnrs bangsa,klo bny yg g lls sapa yg mo nrsn prjuangan bgs indo ne?klo bny yg g lls tar pst bny yg g bs ljtn kul n tar jd bny pengangguran,kemiskinan n kriminalitas.pmrintah trllu EGOIS!ayo klz 3SMA sluruh indo,pemilu tar g ush nyoblos aj,tu tnd protez qt kpmrnth!HDP HAK PLJ SLURUH INDO!

     
  26. Die_LLa

    15 Oktober 2008 at 16:22

    Banyak yang gak lulus makin banyak pengangguran lho Pak!!!!!

     
  27. Die_LLa

    15 Oktober 2008 at 16:25

    Yow Tho Yow Ra???? yo iyo tho….

     
  28. rizki apriansyah CVR 47

    15 Oktober 2008 at 21:45

    yang bner tuh???? kata guru gue (Bu. Ani) UN bulan Februari

     
  29. tunggara

    16 Oktober 2008 at 21:58

    Bulan lalu, Mendiknas RI, Bambang Sudibyo, mengatakan bahwa Pemerintah masih masih membahas dahulu pelaksanaan UN 2009. Artinya, saat ini masih belum ada keputusan.

    Tetapi kita perlu ingat, bahwa pada tahun 2004, UN dan pemilu dilaksanakan hampir berdekatan. Artinya, jika saat ini ada isu bahwa UN akan dimajukan pada bulan Februari, namun ternyata pelaksanaan UN dapat berjalan dengan lancar, karena memang tidak berhubungan sama sekali.

    Dari dua hal di atas, maka saya menganjurkan agar kita bersabar menunggu Pemerintah yang saat ini masih membahas masalah UN 2009. Dan kemungkinan UN 2009 akan dilaksanakan sesuai jadwal, yakni bulan April dan Mei 2009. Dasar pertimbangan ini adalah hasil dari pengalaman 5 tahun yang lalu.

     
  30. tunggara

    17 Oktober 2008 at 00:14

    Kabar gembira!!! Baru saja saya melihat sticker news di salah satu televisi swasta yang mengatakan bahwa Pemerintah Pusat memutuskan UN 2009 diadakan pada April 2009. Berita ini saya peroleh pada hari Jumat, 17 Oktober 2008, pukul 00.14 WIB.
    Semoga menjadi berita yang menyenangkan.

     
  31. sebastyan

    17 Oktober 2008 at 00:54

    wah kliatannya pmrnth kt udh g pke rasio. UN khan sm aja pembohongan nasional kterkaitan nilai2 pemahaman keilmuan kt.kreatif dg org2 depdiknas,cr indikator laen utk kelulusan.gnerasi bangsa ini sdh mncpai 60% yg kelam. klo mo dinaikkan standrny mmg lgkah yg kliru,mmg ad pningktan tp pngktan kcurangan dn pmbrosn apbn.klo brani skali2 org2 depdiknas kt suruh ngerjain soal un tp yg bwt kt.khan dlu wkt mrka skul gmpag mkanya jd prof.
    jd kmi pr pelajar brhrp lbh baik un ditiadakan jk mmg ingn ad peningktn pendidikan nasional.

     
  32. Anita

    17 Oktober 2008 at 16:19

    apa ya….?????akgak dapat berkata2 kalau sampai jadwalUAN di majuin….!!!!! bukan apa2, hanya saja apash pengaruhnya jadwal UAN ama adanya pemilu presiden. kalu dipikir2 bukannya tiap2 kepentingan itu sudah seharusnya diurus oleh lembaga yang berbeda. jadi kalau dikatakan mengganggu….. kayaknya enggak juga deh. bukannya mereka yang berwewenangdalam hal itu(masing2) sudah mendapat bayaran sendiri2 untmenyelesaikan tiap2 kepentingan.ya tolonglah!!!!!!!.yaaaaaaaaa…. itu pendapat saya!!!.
    sebenarnya saya juga kurang setuju dengan program UAN yang diselenggarakan pemerintah saat ini. masak iya selama 3 tahun mesti hanyaditentukan dengan test yang dilakukan selama 3hari . kalo saya boleh usul bkannya seharusnya keluusan itu ditentukan oleh akumulasi hasilbelajar selama 3 tahun dan bukan hanya dalam waktu 3 hari yang teramat SINGKAT.ya kalau itu merupakan kajian pemerintah untuk mengetahui perkembangan pend di indonesiaTERCINTA. kan bisa dipercayakan melalui OTONOMIdaerah. yaaaaaaaaa……. walau aku tau it juga SULIT sekali… TApi tolong lah dipertimbangkan …….

     
  33. alindd

    17 Oktober 2008 at 19:12

    hadoo . kalo ujian d maju.n kaiiak nyak blms pd siap de nags* nyak !
    jnan amve gnggu UN de pemilu nyak !
    ahhaha c=
    usahain yia pa !

     
  34. bedul

    17 Oktober 2008 at 19:46

    antara politik dan pendidikan dicampur adukkan.
    kasihan deh murid dan orang kecil spt aing
    sampai2 banyak org pinter ngatur spt ini harese.

     
  35. Pelajar SMP yang teraniaya sunyi coz UN

    18 Oktober 2008 at 13:08

    Eh,saya sebagai sisw SMP yang “TERSIKSA” karena terlalu tingginya standar nilai kelulusan DEPDIKNAS th 2008\2009,ditambah banyaknya mpel ujian yg dirasa sngat banyak &waktu KBM yng amat singkat,Wanna asking:

    “Apa benar ujian bwt SMA bulan Februari & untuk SMP Sekitar waktu dekt itu (Februari-Maret)????”

    “Kalau benar,,Apa alasannya????”

    Apakah pihak DEPDIKNAS sudah memperhitungkan dg Benar” matng Resiko” nya???krena meliht bertambah pendeknya wktu KBM,sementra Materi dri UN ini terllu banyk n mungkin disyangkn akn belum mtang dalm menghadpi ujian…..

    apkh wktu 2 bulan di semester ke 2 cukup Untuk mempeljari & menghadpi 4 mpel UN….dn smunya……???

    pikirkn coba,,Kami segai siswa merasa terlalu terbebani dg smua ini….BAYANGKAN!!!!!!!!!!!!!!!!! Kit harus mengulang materi peljaran dari kelas 7;8;dan 9!!!!!
    slain itu,prlu waktu untuk didkannya TryOut berkali”+Pra UAN+UAS+Ujin Prktek……….
    apa menteri pendidikan Drs.Bambang Sudibyo pernah menglmi takdir sperti ini???secaraa,,jaman dulu gtu loch!!!!!(JaDuLLL)..
    Selain itu zamn dahulu Mapel yg diujikn cumand dikit…….+standarnya dikit………………….

    kami tidak meuntut untuk mengurngi mpel UN / Penurunan Standar nilai (yo klo bisa c gtu!!!)…tapi kmi berhrp agar wktu pelksnaan UN diperpnjng…………..

    ini merupkn suar hti dri seluruh pelajar SMP se indonsia yang teraniaya……………………..

    Maaf apbila usuln kmi terlalu menohok jiwa dan raga…

    sya harap para pemimpin bisa membedkan antara apa arti pemimpin sebagai seorang pemimpin dg pemimpin sebagai PENGUASA!!!!!

    ktnya UN sebagai alat untuk meningktkan mutu pendidikan..tetapi kok langkh yang pemerintah ambil seolah” akan menjatuhkan Kelulusn pelajar???…

    hmmmmmmmmm……… THinking About it!!!
    DAMN!!!!

    >.<

    Tolong sampaikan aspirasi kami ini!!!!!!!!!!

    TERIMA KASIH!!!!!!!

     
  36. vhina

    18 Oktober 2008 at 21:35

    sebaiknya yaaa standart nilai jangan terlalu tinggi

     
  37. Abed yusup

    19 Oktober 2008 at 00:44

    UN yang diadakan bukan untuk meningkan mutu pend melain ladang bisnis bg pihak2 terkait. Kok maksa bae meski anggaran gak disetujui DPR ?
    Klo ingin hasilnya baik awali dgn yg baik. UN tidak adil dlm berbagai hal seperti (1) skl yg disamakan antara sekolah di balik senayan dg di balik gn jayawijaya (2) buku mapel un disediakan oleh pemerintah yg lain ngga (3) mapel nonUN tidak dihargai (4) hak guru terampas, dll.
    Karena ketidakadilan di depdiknas maka lahir kedzaliman di tk sekolah seperti (1) Jam tambahan untuk mapel UN saja (2) membebani guru mapel UN, dll, dll…
    Pertanyaan saya “apakah pend di negeri ini akan mempertahankan kedzaliman?”
    sebenarnya saya setujv dengan ujian nasional jika kelulusan siswa ditentukan sekolah dg memperhatikan proses dan hasil belajar selama sekolah 3 – 4 tahun.

     
  38. mamita

    20 Oktober 2008 at 10:32

    dulu waktu aku sekolah masih pakai nem tapi tidak mempengaruhi kelulusan yang paling penting nilai harian bagus dalam istilah danem semacam untung-untungan bahkan ada temanku yang oon-pun begitu ujian nem-nya bagus negara tetap menghargai belajar kami tidak setaraf mereka yang cuma sekolah 6 bulan di malam hari dengan jam terbatas dan nilai tak sebanding (paket A,B dan C)dan cara belajar dulu tidak serumit sekarang nyatanya Otak kita tidak kalah dengan otak orang negara maju banyak tenaga2 dari negara kita yang berjaya di dunia Internasional. sekarang wajib belajar 12 tahun cuma dibayar dengan paket C, tragis, semua pejabat cuma sibuk mengemas Undang-undang ngga penting dan RUU nggak logis demi fatwa-fatwa tolong dong Indonesia sekarang ini bukannya mengalami kemajuan tapi malah kemunduran dan pendidikan juga dijadikan taruhan padahal pendidikan merupakan cikal masa depan bangsa

     
  39. cweetyy

    20 Oktober 2008 at 16:30

    kalo emank bener UAN d majuin bulan Februari dengan persyaratan jumlah mata pelajaran hanya Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris aja, OK…
    aku setuju buaaannngggeeeeeettt,,,,,,,

     
  40. Anonim

    21 Oktober 2008 at 15:03

    cara efektif belajar UNAS?

     
  41. 0py

    22 Oktober 2008 at 17:48

    hy….. tman2 y9 berbaek h4ti krim khan bocoran soal UN 2009 y…!!!! gw tggu d email gw y……!!!!!!!!!

     
  42. icha

    23 Oktober 2008 at 08:35

    rencana UN tahun 2009 :
    standar klulusan naik?
    pelajaran ditambahin?
    jadwal dimajuin?
    gileeeeeeee aja .
    mang otak indonesia sama ma otak singapura ?

     
  43. Risa

    23 Oktober 2008 at 16:38

    Yg bnr aj UAN d laksnkn feb.PKL aj blm kelar.pmrinth tuch gmn sich?politik aj yg d pentingin.pendidikan it jg pnting bwd ms dpn bangsa.g cm politik doank!!EGOIS.

     
  44. dea

    24 Oktober 2008 at 14:46

    NGEWAKILIN PARA PELAJAR:
    1.UN cuma nyetak anak bangsa jadi koruptor terbukti banyak banget pelajar yang NYONTEK karena takut gak lulus sama aja dengan nyuruh kita2 terlatih buat ngegantiin pemerintah yang sekarang korupsinya makin heboh aja,,,
    2.apa pemerintah gak mikir berapa pengeluaran negara buat nyetak soal2 dan pengawas,lebih baik dana itu buat orang2 yang butuh buat melanjutkan hidupnya???????
    3.masa otak pelajar yang sekolah bertahun tahun buat dapet ilmu cuma ditentuin sama UN yang gak sampe seminggu,,,dan bahkan banyak banget yang gak lulus cuma karena jawabannya gak kebaca sama komputernya alias kurang hitam

    TOLONG DIPERHAITKAN POIN2 TERSEBUT..PEMERINTAH JANGAN SADIS DONG!!!!
    BALAS..BALAS KARENA KITA PENGEN TAHU APA JAWABAN ANDA

     
  45. yasty

    25 Oktober 2008 at 15:34

    pmrnth tu gmn si….
    kalau emg ujian akn dmjkn tlg deh kasih kebjkn bwt kt….
    masa q dgr2 ujian dmjkn
    mmgny pljr ini ap, pesuruh??
    mmg si bljr 2 wjb tp bkn gni crny. knp nilai ujian dtmbh,mapel dtmbh jd gila qt………….
    cm gr2 pemilu ujian akn dmjkn????????
    enk bgt pmrnth…………. kl bwt kpntgn pjbt2, bwt pjbt2 jd kaya lgsg dlksnkn,lgsg dmjkn
    eee………..tp lo bwt kt2 para penerus bgsa???????????mn kpdlian pmrnth?????????
    indonesia lm2 mjd neg penuntut…………

     
  46. ca_em

    25 Oktober 2008 at 15:46

    q bingung indonesia ini dh mrdk atau mlh pmrnthny mnjjh rakyat y?trtm pljr…………….
    kl dh mrdk g mgkn dong sswny msh dtntt bwt bljr pks……….mmg bljr tu prl bgt q ykn smua pljr ktk akn mghdpi un pst bljr………..tp pmrnthny it lho yg aneh………….
    kl g mau dblg aneh knp jg pr pljr dsksa abs2n dg nilai 5,25.
    cm 3 hr aj bwt nntuin apkh kt ini pljr yg pntr>>>>>
    sdgkn brthn2 kt bljr, g msk akl bgt….

     
  47. kristo

    30 Oktober 2008 at 15:49

    SMANGAT!
    SMANGAT!

    _\[^..^]/_

     
  48. irsyaad

    31 Oktober 2008 at 13:01

    bagus lah klo UAN di bulan Mei kalau maju malah jadi masalah. Tapi ada pelajaran IPS gak??? Kalo ada tambah dech masalah

     
  49. Dhini

    1 November 2008 at 13:02

    UN = Ujung-Ujungnya Nyontek….!!!
    masa sih dinaikkin,,,yang bener aja….
    anak tuh gax butuh kekangan,,anak cuma butuh duit dan kepintaran buat lulus sarjana dan juga kerja yang gax ngandelin korupsi doang….!!!
    Nem ampe naik 6,,,,emang otak siswa-siswi tuh pentium 12 apa….

     
  50. qHeyra

    1 November 2008 at 13:28

    UN…
    hhuhf..
    Menjadi momok menakutkan bagi sebagian bahkan hampir seluruh PELAJAR INDONESIA..

    Mengapa???

    Salah satu penyebabnya gag lain ialah KEBIJAKAN PEMERINTAH yang dianggap ingin menang sendiri..
    kenapa tidak?
    UN 2009 akan dimajuin!!
    SKL nya jg akan dinaikin!!!

    mau jadi apa pelajar indonesia ini nantinya kelak?
    otomatis,,dengan kebijakan yang memberatkan itu,brbagai cara yang mnyesatkan akan dilakukan!!!

    MOHON PRHATIANNYA !!!!!

     
  51. enkjaR

    2 November 2008 at 15:04

    oh no!!!!

    ujian nasional maju???

    apa yang anda pikir tuaN????otak kami mesin pEnggiLing yang dengan mUdahNya menggiLing smua yg ada d depan??

    sunGguh……suNgguh tak kusangka…..kau begitu tega tuan…!!!!

    Dan sunGGuh……suNgguh TeRLaLu!!!!

    banyaK orang paNdai tak lulus dan tak sedikit pula orang bodoh yang deNgan santainya melenggang k perguruan tinggi melanjutkan kuliah….

    tak adakah cara lain untuk memastikan seseorang pantas melanjutkan k perguruan tinggi???

    MOHON DIPERTIMBANGKAN KEMBALI.TERIMA KASIH.

     
  52. Meli

    2 November 2008 at 15:43

    Yg bnr j,UN bln februari!!
    Msk k semest 2 j selang 1 bulan
    tolong donk bpk menteri pendidikan
    jgn bikin pelajar dihantui dgn UN,klo bln April siy,msh bisa bljr bnyk…
    Jd,ujian tuw g semudah membalikan telapak tangan,lgsg j lulus…toloooooong pikirin baek”

     
  53. Meli

    2 November 2008 at 16:06

    Tolong,kpd Depdiknas,UN knp hrz bln Februari…majukan saja ke April!!
    Beri kami kesempatan,agar matang m’hadpi UN,TOLOoooong dgn sangat

     
  54. inunk

    2 November 2008 at 18:55

    3 tahun sekolah hanya ditentukan 35 hari?

     
  55. d3wi

    3 November 2008 at 11:28

    sebenarnya pelaksanaan UNAS kapan sich???

    kalo di majuin???????OHHHH TIDAAAAAAAAAAAAKKKK!!!!!

    SKL di naikkan????????????????

    materi yang sebegitu banyak, waktu yang sangat singkat!!!!!

    nasib kita hanya dipertaruhkan dalam hitungan jam saja????

    sungguh TeGa Nya n SungGGuh TErLalluuuu !!!!!!

    N UNtuk UnAs nanti Tolong DiBeri KiSi-KiSi nYa Dung!!!!

    masa’ materi sebegitu banyak kita plajarin semua dalam waktu yang ssingkat itu…..

    kirim ke email kuwh yach!!!!!

    TQ

     
  56. yoga

    5 November 2008 at 11:15

    ohhh nooow…
    ujian nasional kalee ni bakin puuuuuccciiingg…..

     
  57. aco

    5 November 2008 at 12:05

    Knp ujian nasional bwt km pr pljr rela menghlalkn sgl cr untk meraih jwbn yang blm tentu benarnya…… emangnya setimpal bwt kami D sksa selama 3 thn hanya untk 3hr.emangnya kt kyk amrozi yang di penjara 6 thn untk di eksekusi hanya untuk 1hr saja.

     
  58. aco

    5 November 2008 at 12:17

    KLo bs kLuLSAn seoRg pLajar tdAk d TNtukN haX dgAn 3 haRi.KArna hanya ada 1 hari yaNg bakaL mnENtukN LuLus ato tdaKx Qta sbaGai siswa,,,iya ngga?????

     
  59. aco

    5 November 2008 at 12:25

    3 tahun di tentukan hanya dengan 3 hari ta’kkala bunuma’ haring!!!!!!!!!!!!!!????????????????

     
  60. OCHA

    5 November 2008 at 12:32

    UN; OOOOHHHHHHH No!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    otak kan terbuat dari mesin // batin menangis tinggal jasad yang menunggu ajal………………………………

     
  61. suara pelajar

    5 November 2008 at 12:38

    UN=ujian nasional merupakan pembunuhan karakter seorang dan penghancur harapan seseorang dalam 3 hari………………………………………………………………

     
  62. kM.ferry

    5 November 2008 at 12:41

    kdong kira kira saat ini orang ogah pada bLajar bLom????????

     
  63. AZwiEn smANsiX

    5 November 2008 at 12:46

    G USAh PUcIIIIIIIIIIIIIIIInG Lg yang jLas qTa bLajaR aja n jangAN TRLaLu berHrAP SAMA GurU….

     
  64. lextra

    5 November 2008 at 14:40

    eh pmrinth loe kr apa kt ni????????????seenaknya j nyama2in m pemilu??????masa’ cuma gra2 pemilu trus jadwal jdi AMBURADUL …….pemilu ya pemilu tapi yang namanya UN y jangan d acak2 gtu dong….gila apa ya …..g mikir y loe pade…….HEEEE lagyan ap gtu kaitannya antara pemilu m UN…ms’ cm gr2 pemilu jadwal UN mw d ajukn????? HEEEE lgyan lo mkir dong keadaan pelajar jan politik ja yang di pikirkan….. Peljr jg punya hati tw….

     
  65. Tedi gunadi

    7 November 2008 at 09:01

    apakah UN Sekarang beda dengan yang dul7u

     
  66. ika

    8 November 2008 at 15:53

    sok beud pinter indonesia.

    otaq pas2 an ja sgala ada Un..

    mana tGgi beud nilai nya.

    knapa bKan anAk kuliahan ajja yg d un niN.

    kan bntar lgi gawe 2.

     
  67. iwanZ

    11 November 2008 at 20:42

    iach itu cuman Kira2 duank.. tp kan ada pemilu .. apakah tidak nganggu tu .. banyak ribut2.. jadi qt ga konsen takutnnya..

     
  68. christy monday wage

    12 November 2008 at 17:40

    uuh pliz deh.bukannya ga mau meningkatkan pendidikan negara indonesia,tapi tolonglah agak-agak dilihat kondisi pelajar di indonesia. mugkin di kota -kota besar bisalah tapi lihat yang di pedesaan & tempat terpecil.jangan cuma memandang dari luar saja.semakin nilai UN dinaikkan bukan hanay membuat siswa stres & ketakutan tapi menambah DOSA.coba lihat kedasarnya.thx

     
  69. Citra

    12 November 2008 at 22:06

    Saya sangat2 ga stuju dg adanya un !
    Knpa ?
    Krn sy rasa, ini tidak adil !!
    kita di sklh blajar 3th tapi kptsan lulus atau tidaknya kita hnya di tntukan dlm 3 hr saja. Apakah ini adil ?
    Lalu , apa arti dr prjuangan kita slama 3th blajr di sklh ? Apa arti prjuangan kita menghafal pelajaran di saat akan ulangan harian ? Kalau2 trnyata kelulusan kita hny di tntukan dlm wkt 3 hr sja. Cba bayangkan !
    Sudah tau bgitu, yasudah saja kita tidak usah sklh . Masuk sklh hnya pd wkt un saja !
    Ini mrupakan ke egoisan pmerintah yg tdk memikirkan btapa trbebaninya para pelajar !
    Mdh2an un taun 09 di tiadakan !!!

     
  70. chenz

    14 November 2008 at 23:13

    tolong d

    cpt d”beri tahu kpn sebenar ye UN d”lksanakn supaya bisa belajar
    spt yg kami dgr byk blng skitar bulan 2 – 3
    kaLau bisa lbh cpt lbh bgs deh
    n soal2 ya yg murah oC
    supaya smua ye sa lulus deh dan bisa melanjutkan cita2 ya
    oke
    thanks ya

     
  71. cheva

    15 November 2008 at 14:28

    np ciie musty ada unas?>?
    cape tau ga ciie mkir na,,mw bkin cpd gila po..
    trz dngr2 unas na mw d ajukan,
    mbog yg tegas,,,
    emg mw d tmbh pkn jg po,,,

     
  72. cheva

    15 November 2008 at 14:30

    alaahhhh,,,
    trs ku slkh 3th bwd ap??
    klo cm d nile pke angka,,toh angka na jg blm tntu murni,,,percuma,,,,,

     
  73. icha

    16 November 2008 at 14:09

    woooi……pemerintah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ngapain UN jadi maju??????????????????????????????????khan cpe ‘ blajarnya…………………..masa’ gara-gara PEMILU jadi maju???? cpe duehh…….. payah deeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhh………

     
  74. panji suara rakyat

    20 November 2008 at 20:50

    UN MAH GAMPANG KLO LOE LOE PADA BELAJAR YANG BENER. MAKAN NY KLO MAU BRASIL KETIK . REG MUDAH-MUDAHHAN LULUS KIRIM KE GURU TERDEKAT LOE …………………………. PAZTY LULUS DEH. COBA AJ.

     
  75. chintya laudya dhea

    21 November 2008 at 12:17

    mnta lembaran UASBN donk!

     
  76. uswatun

    29 November 2008 at 08:50

    Jadwal Ujian Nasional 2009 (sumber dari http://www.depdiknas.go.id)
    – SMA/MA (20 — 24 April 2009)
    – SMP/Mts (27 — 30 April 2009)
    – SD/MI (11 — 13 Mei 2009)
    – SMK/SMALB (20 — 22 April 2009)

    tetapi sampai sekarang, saya masih bingung skl-nya kok belum keluar. Bagi teman-teman yang sudah memiliki skl ujian nasional 2009, mohon kirim ke saya. Terima Kasih.

     
  77. LP LP LP

    1 Desember 2008 at 07:56

    kami para pelajar se-Indonesia minta kepastian kapan UN, berapa mata pelajaran, dll.
    kok cuma dengar isu-isunya doank? gak da kepastian gitu..

     
  78. Ayoech

    1 Desember 2008 at 10:53

    Ywdh lh….

    trima z nasib kita yang memang statusnya plajar….

    kami mnta kepastian dunkz kpan kepastian uan beserta tnggal dan jadwalnya dan satu lagi kisi2nya….

    bwt smw plajar se INDONESIA….

    SEMANGAT….

    KITA BERDOA SAJA PADA YANG DIATAS….

    IF U THINK U CAN, U CAN….

     
  79. mee

    4 Desember 2008 at 17:35

    angka kelulusan tuu brapa siih sebenarnya ?
    takut ga kesampean jha .
    tolonk donk.
    nilai ny jngan tinggi2 .
    …….

     
  80. DWEE

    7 Desember 2008 at 14:35

    Wah…….nilai UN naek???trus penyelenggaraan UN mw dimajuin???BNEER GAK CIEH!!!
    Kl seandainya thu bner waahhh…….perlu SKS nich!!!
    Sbenermya pa cieh mw pemerintah??Yang ngajar cpa yg bwt coal cpa!!! kok seenak ja cieh!!!

     
  81. gunungsari

    9 Desember 2008 at 02:50

    waah asyik2 commentnya, cuma kebaca g ya ma yg wenang, hbsnya jerit sekeras apapun qt jwbnya”no comment” tp salut msh mau menyuarakn suara qt…….BRAVO,maju terus ya

     
  82. purwanti

    9 Desember 2008 at 07:27

    Wahai para Mentri pendidikan yang terhormat, serta dimuliakan oleh Allah .
    Dengarkanlah pemintaan anak bangsamu “KAMI MOHON DENGAN SANGAT, TOLONG PERTIMBANGKAN KEMBALI STANDART KELULUSAN BUAT KAMI ”
    karna, bukan Bapak-Bapak terhormat yang ujian, melainkan kami.
    Jika BApak-Bapak tetap menaikkan standart kelulusan UN. Maka, kami akan mengajukan permohonan penambahan lahan khusus areal perkuburan.

     
  83. anank bond

    10 Desember 2008 at 16:09

    berapa standar kelulusan untuk sma tahun 2009?

     
  84. citra

    12 Desember 2008 at 21:55

    mana ujiannya

     
  85. citra

    12 Desember 2008 at 21:57

    di mn tempat soal kunci jawaban semister 1 kelas 6

     
  86. citra

    12 Desember 2008 at 22:05

    perhatian bapak2 maupun ibu guru yg ada di sana perhatikan tanda kelulusan terseralah yg penting lulus asal tidak boleh mendapatkan angkah yg tidak baik mohon supaya kita harus terus belajar tekun tetapi kita tidak mau ada tanda kelulusan kecuali guru yg bilang atau pak guru atau kepala sekolah maupun presiden katakan lah tidak ada tenda kelulusan sd terserah yg penting gak pake batas nilai ok

     
  87. geres

    12 Desember 2008 at 22:07

    brapa standar kelulusan ujian kls 6 sd

     
  88. geres

    12 Desember 2008 at 22:11

    heeeeee……. para seluruh yg baca ini knapa presiden tidak ngasih gratis semuanya biaya kan janji km cape dehhhhhhhhhhh…………???????????

    dasar percuma kita pilih km

     
  89. prend'smen kareT

    13 Desember 2008 at 11:32

    pusingggggggg,,,….

    bntar lg UN…

    MDH2AN THUN 2009 NANTI…..

    semua nak MA NEGERI 2 BukittingGI..

    LULUS 100 %

    AMIIIIEEEEEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNNN….

     
  90. xploode

    14 Desember 2008 at 00:28

    semoga aje 3 pelajaran untuk 3 SMA..
    amiiiiin…

    ya kita hrs tetep bljr dan berusaha dan 1 lg yg hrs d tingkatkan ada berdoa…

     
  91. ahmad

    15 Desember 2008 at 11:20

    semoga semua peserta unas 2009 ntr, lulus semua n sukses

     
  92. ahmad

    15 Desember 2008 at 11:24

    semoga lulus semua

     
  93. rian.er

    17 Desember 2008 at 22:16

    duh… kalo menurut saya ujian nasional tu perlu dilakukan dengan seadi adil nya,, karena kalo kita masih pake sistem kekeluargaan,, kapan maju nya indonesia,, orang bodoh dibuat bodoh ya sama dengan bodoh dong…

     
  94. rian.er

    17 Desember 2008 at 22:26

    mudah mudahan aku lulus,,, amien,, minta jawaban nya dong,, kirim ke no 081276885474,, oke,, siapa mau sms aku ya,, da da,,

     
  95. checep05

    20 Desember 2008 at 17:26

     
  96. tiekha

    22 Desember 2008 at 17:10

    klau bisa ips sama pkn tidak usah diujikan….
    karena baik guru maupun siswa belum ada yang mempersiapkan…..

    4 mata pelajaran aja uda ribet an banyak yang gak lulus…
    apa lagi 6…
    bisa-bisa anak muridnya banyak yang stresss….

     
  97. metha

    24 Desember 2008 at 07:39

    ujian d mjukan? wuah jdi klbakan nich.aplgi ank2 smk yg msh hrs ujian kmptensi.bsa2 ank2 pda nyontek smua nich.ngak px wktu lg gra2 pmlu.

     
  98. jo

    24 Desember 2008 at 19:25

    di undur dikit po’ounx

    truzz di turun kan dikit ajnilai kelulusanxjgn 5 ,5

     
  99. resty

    24 Desember 2008 at 19:29

    semangat aj yah bwt yg jalanin un

    jgn nyerah^_^

     
  100. nugelis

    25 Desember 2008 at 23:57

    bapa pejabat yth saya siswi smp kelas 3.taun ini saya mau UN tetapi saya belum siap,gmn dunk bapa pejabat???????????????????????????????????

     
  101. boedhie

    26 Desember 2008 at 23:45

    trserah lah ujianya mw kpn! lbih cpt lbih baek….
    biar cpt lu2snya!hahaha

     
  102. alex

    1 Januari 2009 at 09:46

    Waduh ujian bentar lagi!!!!!
    padahal kan materinya kan belum kelar,kita harus selalu optimis dan rajin belajar dan selalu berdo’a kepada Yang Maha Kuasa……
    ayo brow kita lawan ujian dan raih cita2 kita oKey…..
    SaudaraMu seperjuangan…..SEMANGAT!!!!!!!!!!!!!!

     
  103. Anaz

    1 Januari 2009 at 09:53

    ujian bentar lagi dan paling susah standarnya juga dinaikkan 5,5 bayangkan aja……apa ngak seharusnya standarnya 7,5 ato 8,0 sekalian aj,heEeE….
    kapan pun ujiannya kita hrus selalu optimis dan selalu siap dalam ujian…
    SEMANGAT!!!!!! MERDEKA!!!!!!!………….

     
  104. Cemplok

    1 Januari 2009 at 09:59

    ujian bentar lagi boz…..

    Semoga tahun ini semua anak SMAN 1 PRAMBON lulus 100% dan nilai yang memuaskan

    AMMIIIIIIIEEEENNNNN,YaA robbal aLamiiiiiiiin……

     
  105. MeGhAaa,,

    1 Januari 2009 at 22:22

    wuaduhhh….UAN BENTAR LGY NEHHH..
    bpk.pemerintah plizzz dunkz soal UAN SMP jangan susa”…dan jga Uan jgn dimajuin,masa cma gra” PEMILU aj,qta para pelajar yang mesti mengalah..ga bsa gtuw dunkzzz…bhn di semester 2 aj blm selese,msa qta mesti buru” nyelesainnya??

    pikirin lgy dunkzz pak,kalo bisa UAN dilaksanainnya bln april-mei ajahh…byar qta semua thu siap dalam menjalani UAN..
    oo iy,plizz jga dunkzz mata pel bwad SMP jgn ditambain lgy,ckup mat,ingg,BI,dan IPA aj…

    tolong dunkzz pak,dipertimbangin lgy..pikirkan jga nasib para pelajar di INDONESIA,,,,soalnya Qta smua mw lulus dgn NILAI YANG MEMUASKAN…
    GW DOAIN Y,MGA” YANG IKUD uan TAON 2009 LULUS 100%..AMIN,GBU ALL,,>_<

     
  106. shinichi

    3 Januari 2009 at 19:37

    smoga semua Do’a dan keinginan tmEn2 t’kBuL……..
    AmieN

     
  107. shinichi

    3 Januari 2009 at 19:38

    lulus cEmua>>>>>>>>>>>>>>>>>/??????

     
  108. febby

    3 Januari 2009 at 21:45

    semoga ujian nasional 2009 Lulus semua. terutama daerah jawa barat. buat bapak ibu guru kalau bagiin soal UN jangan Lupa disertakan sekalian jawabannya. hhhhehehehe…
    okeh!!!!!!

     
  109. Fitry

    5 Januari 2009 at 10:26

    IPS ga usah dimunculin dong . kita udah pada stress nih ………
    Kalo standar kelulusan dinaikin gapapa cuz biar kualitas Indonesia jadi bagus …….

     
  110. DeedHonk

    6 Januari 2009 at 14:47

    Hwa…. :((

    ToLOng!!!

    KnaPa Musti StrEs keik GiNI c????

    Bener” SuSah!!!

    Mana StanDar SmaKIn NAik Lagi!!!

    SeBeLL!!!!!!

    😦

     
  111. rifqa

    8 Januari 2009 at 09:50

    sebel dech,,,,
    klo smpe un mju.. belom siap neh otak bt ngadepin smwnya,,msa pnddkan di anggap ngaggu kgiatan politik,,, apa ini yang namanya kemajuan?????????????????????????

     
  112. rifqa

    8 Januari 2009 at 09:59

    salam pelajar,,,,,
    5nk qt taw klu kenaikan nilia stndar un n penmbhan mapel tu mksdnya baek,,,,
    tpiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,,,pa hrus maju jadwalnya jg?////////
    kt jg btuh perseapan bt mghadapi ujian bsok,,,,pra pjbat yg mo pemilu jg btuh prsiapan mnggalang kpercyaan rkyat utk ngdkung mereka,,,,,,, kt jg sama 100% sama!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kmi jg ingin ddukung, di semangati dan di beri motivasi untuk mghadapi ujian besok!!!!!!!!! bukan di aggap sbg pengganggu aktivitas politik negara ini,,,,,,
    apa pemerintah nggak mkirin perasaan kami para pelajar yang sedang memeras otak utk prsiapan ujian yang apa-apanya serba ditmbah?????????
    kami ingin di pentigkan juga,,,,,,
    tolong calon presiden yang baru!!!!!!!!
    pikirkan kami para pelejar

     
  113. Ifhye

    8 Januari 2009 at 19:19

    Tgl UN SMA udah pasti y????
    Ato masi ada perubahan lagi…….

    Apa nilai standar UN dinaiikkan? Berapa?

     
  114. Dhesty

    9 Januari 2009 at 11:43

    ujian nasional boleh aja di majuin ,,,,,,,, tapi soalnya jangan susah2 dunk ,, udah waktunyn di majuin ,soalnya sulit2 lagi capek dech???????????????

     
  115. Richa

    9 Januari 2009 at 11:56

    Waktu ujian nasional di majuin ya????
    kapan?
    aku setuju kok waktu ujian di majuin ,,,soalnya dengan waktu ujian nasional di majukan lebih cepat, anak2 INDONESIA akn lebih giat belajar,,, karena waktunya yang sudah mendesak….
    terbalik dgn bila waktu ujian di buat lebih lama ,aku fikir anak2 akan lebih santai untuk menghadapi ujian !!!!!!!!!
    benar tidak?

     
  116. ICHONG

    9 Januari 2009 at 19:47

    gilaa… agak ga adil wkt denger kl jadwal UN dimajuin. Bahkan hny karna ada Pemilu. Aaarrgh…

     
  117. rossi

    10 Januari 2009 at 11:07

    unas selalu mjd momok yg paling menakutkan pada sebagian besar pelajar yg duduk di tingkat akhir. namun tidak saja murid tp gurupun selalu merasa was2 ktika menghadapi waktu2 jelang unas. ditambah dengan waktu persiapan yg sedikit, proses belajar yg tdk max karena bbg faktor ( ujian praktek, TA, PKL dll) jg yg jelas karena kesiapan mental kita yg tidak terlalu terlatih utk menghadapi resiko terburuk. selama ini kita selalu dididik utk memenangkan sebuah kompetisi tp jarang sekali utk belajar dan siap menghadapi sebuah kekalahan dan kegagalan. sehingga kita pd suatu waktu mengalami kegagalan dianggap sebagai suatu kehancuran selama-lamnya. sulit sekali utk bangun dan recover. oleh karena itu kpd semuanya saja yg merasa punya kepentingan thd unas saya memp. bbrp hal yg mgkin bisa mjd bahan perenungan.
    1. jgn pernh menyerah sblm bertanding.
    2. tanamkan pada pikiran kita bhw yg namanya kompetisi pasti ada yg menang dan yg kalah.
    3. serahkan semuanya kpd Alloh. kita manusia hanya punya daya utk berusaha. soal hasil itu urusan Dia.
    ok choy…..

     
  118. Anonim

    10 Januari 2009 at 15:02

    kata guruku sih kalo dimajukan pun mungkin akhir maret , ga ampe februari deh. tapi itupun blm pasti. Yah… moga ja dimundurin. sesudah pemilu. ahhahaha.. kita yang angkatan 2009 memang nasibnya lg ga baik, pas mau pemilu pula.

     
  119. MEDHI HUMAEDHI

    12 Januari 2009 at 10:57

    Kta guruku, mang c ujian Tu di bulan Afril tp kan smUa siswa blum pD ciAP oy? KnP d THUN 2009 Nie nilaI’y ko tINGGi Bgt ‘Y, y dh dEh gK ap2 mDAH2an d TAhun2009 Nie sEMUA SiswA lu2S 100% AMINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

     
  120. nee-tha cute

    15 Januari 2009 at 19:56

    aloooooooow???
    is anybody can hear me???
    are u care??
    oh no??
    what can i do,to make u think about us??
    dont u know i still believe that UN not will happen…
    coz,its no fair, u know why??
    UN cannot guarantee that the stundents are cleaver…
    oh damn!!!
    plizzzzz…….
    listen to this screaming in soul….
    with love,my mnistery…

     
  121. Devi

    16 Januari 2009 at 11:46

    Duccc.kacian dunk kl nilai un d naik’n.cz w jga prnh ngrasain ikut un.sumpah tegangnya setegah mati…
    Tp.Buat kaliian yang mw melaksanakan uan gk sah tkut.kuncinya brdoa n belajar…..
    buat smuanya ttp semangat yac…
    walaupun pemerintah tdk peduli sma kaliian,buktinya dia gk mikir kl un itu nilainya lumayan gde….
    good luck dc buat smuanya

     
  122. andi

    17 Januari 2009 at 11:07

    jangan takut dengan ujian nasional. seharusnya kita siap bertempur apa yang didapat 3 tahun akan di uji selama 4 hari. masa gak bisa, percuma kamu belajar 3 tahun kalau gak bisa

     
  123. DeeDhoNk

    19 Januari 2009 at 11:10

    Adohh……..

    Sebenernya pemerintah itu mikir gag sih Kesulitan kita MEncapai SKM itu???

    jadi buat apa belajar selama 3 tahun ini kalo hanya kan ditakdirkan dengan ujian selama 1 minggu???

    pemerintah pernah sekolah g sih???

    😦

    SelamatKan Nasib anak Bangsa….

    (dengan menggebu”)

     
  124. Budhi p

    19 Januari 2009 at 11:23

    iya benar kata andi … untuk itu coba mampir juga ke http://virtuecom.tk, terima kasih.

     
  125. Zi_vo

    20 Januari 2009 at 10:10

    apa sich tujuan di adakan UAN,..?buat pinter anak bangsa,tapi apa gunanya klw waktu uan ngerjain soal’x gak murni hsl sendri.sama aja bo’ong kan di adakn uan….?

     
  126. hastin melani

    20 Januari 2009 at 13:21

    gile wa…….

    apa ga stress tuch…………

    bgi orang yg cukup ilmu na enak, bisa jwab……..
    tp bagi orang yg kurang………!!!
    psti jd masalah besar donx bgi mereka…….

    udah bertahun2 scholl masak ga lulus gt aja……..
    and ini akan menyebabkan penyesalan yg dalam bagi mereka yg ga lulus……

    and lbih bgus ujian nasional di ganti dech…..!!!!
    di ganti ma yg ga menyulitkan and yg ga
    buat stress pelajar…….

     
  127. santi

    20 Januari 2009 at 13:27

    sbnr nya ujn nacional tu ada susahnya and ada gampangnya….
    susahnya: klo gk lolos gara gara stu pelajaran tu nyktn bgat…
    gampangnya:klo kta mu bljr psty bca…

    tpi…………..
    yg plg sya tkt tu adalah:gk lulus gara-gara satu pljrn nilainya gk mencukupi……..
    tu ja…..

     
  128. MOH. ARIZKI

    21 Januari 2009 at 17:49

    saya tidak setujuh dengan diadakannya ujian nasional .karna untuk apa para gruru mengajar kalau bukan mereka sendiri menguji siswanya. karna merekalah yg mengetahui kemampuan para siswa-siswanya

     
  129. Komandala

    22 Januari 2009 at 16:16

    Sbg siswa yg sbentar lagi akan menghadapi UN, saya setuju2 sj dg UN ini. Tp, adanya kecurangan yg terjadi, seperti bantuan yg diberikan oleh guru yg berupa kunci jawaban kpd muridnya, krn khawatir siswanya banyak yg tdk lulus. Tdk bisa dipungkiri, bhw byk sekolah yg melakukan kecurangan demikian. walaupun skr ini pengawas ujian adalah guru yg berasal dari sekolah lain, guru di sekolah tsb msh bs mmberikan bantuan. Begitu guru tsb dpt soal, ia langsung mengerjakannya, lalu dg diam2 menyerahkannya kpd murid. Licik bukan!?
    Mgkn sy adlh org yg bs dibilang org yg idealis, tp sy tdk setuju dg kecurangan tsb. Tak hanya itu, sebagian pengawas UN bahkan membiarkan siswa yg diawasinya salin tukar jawaban. Yg sy inginkan adalah, semua jawaban dr semua siswa adlh murni dr kemampuannya ini.
    Nilai UN= Nilai Kemampuan, bukan Nilai UN= Nilai sedikit kemampuan+ Bantuan teman

     
  130. ADRIYAN

    23 Januari 2009 at 12:51

    buat seluruh siswa ujian,,,,,,good luck yaaaaa…

    jangan jadikan beban but you must becccaaaarrreefuuullll

     
  131. Komandala

    26 Januari 2009 at 10:01

    Sy mhn maaf jk tmn2 yg lainny trsinggung d komen sy d atas. Sy tdk brmksd sombong krn sy jg tdk pntar& sdkt was2 krn UN sdh d dpn mata. Tp,mgkn apa yg tlh ditetaskn o/ pmrntah adl yg trbaik. Pmrnth tlh mnambah APBD utk pndidikn, n dg bljr dg sebaikmungkinlah kt bs mmbls kebaikan pmrntah tsb.
Jk dibandingkn dg thn lalu, thn ini sdkt lbh mdh krn thn ini kt blh pny 2 mata plajaran dg nilai 4, asalkan nilai pljrn lainny ckp tnggi shingga nilai rata2nz mncapai 5,5.
Yg prl kt lakukn skr adl brusaha n brdoa. Do the best for getting the best.

     
  132. siswa

    27 Januari 2009 at 16:59

    ikut lewat y

     
  133. vito

    29 Januari 2009 at 20:06

    fisika masuk un gk bat smk

     
  134. Sulaiman smk pgri 3 mlg

    30 Januari 2009 at 17:51

    Semoga semua siswa lulus ujian akhir nasional.Salam untuk semua warga smk pgri 3 Malang.”Whenever I may room”,”Unforgiven”.Thank’s.

     
  135. Halimah

    4 Februari 2009 at 12:43

    Berapa jumlah minimal UN yang harus dicapai siswa pada UN 2009

     
  136. ria april

    5 Februari 2009 at 13:47

    pemerintah EGOIS….!!! masa sekolah 3 th Dttntuin hanya dg 3 hr az???? kami mohon nilai standar UN dtrnkan!!! kalau tdk semua siswa siswi se ind akn STRESS….!!!!

     
  137. agustherev

    7 Februari 2009 at 11:15

    Untuk apa standar tinggi2 juga presiden nya masih ada!!

     
  138. ulee

    11 Februari 2009 at 16:10

    ada sistem minus ga c? multiple choice smua kan y?

     
  139. ulee

    11 Februari 2009 at 16:11

    ada sistem minus ga c? multiple choice smua kan y?
    thanks for d’answer

     
  140. wiwit andrianty

    15 Februari 2009 at 15:50

    nilai standar UN jangan di naikin lagi dong

     
  141. dHewiE

    15 Februari 2009 at 17:35

    pemerintah mg licik . . . !! cba donk standar UN d trnkan . . . kn ga smw siswa siswi se ind tu pd pinter pasti ada jg yg kurang . . . !! jd inti’y tolong standar UN d trnkan . . . !! kmi smw yg merasa kurang mnt utk standar UN d trnkan krn kmi merasa berat . . . !!
    mksii . . .

     
  142. DIDIS

    16 Februari 2009 at 11:20

    CAPE DEWH . . .

    SKRG MILIH YYA ?????

    * lebih bae standar UN rendah tapi seluruh siswa seINDONESIA NGERJAIN SNDRI ,,, ATAW ,,,,
    * nilai UN d naikkn tapi siswa MENYONTEK ????????? TDK LULUS !!!!

    SAYA AJJ TDK YAKIN PEMERINTAH SKRG BNAR2 MKRIN RAKYATNYA DGN SEPENUH HATI , BUKTINY SOAL GINI SJ PEMERINTAH MASIH MELIRIK NEGARA LAIN BUAT NENTUIN STANDAR KELULUSAN !!!!

     
  143. DIDIS

    16 Februari 2009 at 11:26

    oops ad yg lupa !!!
    buat pemerintah and khususnya mentri pnddkn niiiy ,
    gak usah sok ngikutin negara lain buat bkin stndarkllusan,nanti ujung2ny MALU-MALUin NEGARA
    SENDIRI .

     
  144. yanti

    20 Februari 2009 at 00:35

    Jazakallahu… akhirnya saya dapat juga kisi-kisi untuk bantu putraku… menghadapi UN

     
  145. hisa_arash 16th

    22 Februari 2009 at 10:52

    Sebel!!!!!!!!! ma napa sich harus ada UN! ma bner un bsa bkin qt lu2s,tp klo nilai standartnya dinaekin truz2an sama aja bunuh ank2 yg krang pinter. klo yg dah plnter sich gpp. bwt pak pemerintah jgn naekin nilainya dunk. nti ada bnyak brita yg nyiarin “byak anak smp/sma yg jd gila/stres gara2 gk lu2s un! gak kasian pak!!!!!!!!

     
  146. Lestari

    23 Februari 2009 at 11:25

    UgH kYa e uAn tAoN nE 2 gDa abZ e dc IaGh ………..
    iAgh 5U gmNa gI cBa sBge sOrg pLaJaR kAn qT 2 hRs ngLaKsAnAen nE kwJbAn……
    sUcCeS aJa iAgH wAt SmUa pLajAr iN aLL iNdOnEsiA…………..he5x…………

     
  147. Ulil Abshar Likur

    26 Februari 2009 at 15:45

    tolongin soal-soal ujian Nasional 2009 donk

     
  148. Om Shani

    2 Maret 2009 at 14:09

    Assalamu’alaikum………terima kasih……salam kenal!

    Mampir ya Mas/Mbak

     
  149. DHEA winona

    5 Maret 2009 at 09:06

    soal uan 09 bwat smp ,, jakarta selatan tolong di ringanin dongg ,, emang anak di smp jakarta pinter semua apa

     
  150. nate

    7 Maret 2009 at 14:02

    well..
    it’s a great challenge for us to leave the high school era…
    so, don’t waste the time,
    keep learnin’ hardly..
    ^.^

     
  151. Budi

    10 Maret 2009 at 10:10

    tentang kriteia kelulusan yang ditentukan pemerintah, sebenarnya kalau pemerintah menaikkan kriteria kelulusan penyebabnya adalah “keberhasilan” UAN sebelumnya.
    cuma yang jadi pertanyaan… benerkah nilai yang dicapai tahun lalu, ada;ah murni?
    salam kenal dari kalimantan tengah

     
  152. anwly

    13 Maret 2009 at 11:43

    pa’

    mank kata ‘a

    un lbh gampang dr try out???

     
  153. anwly

    13 Maret 2009 at 11:45

    pa’ mang kata ‘a

    soal un lbh mudah

    dr to????

     
  154. uncrit

    15 Maret 2009 at 02:29

    pade, ngomonin apa cieh !!!!, ribud aja emangnye UN jadi bulan aprul yah, ya ambruk ,….. w gk siap lontooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooong

     
  155. Mow

    16 Maret 2009 at 10:14

    Gw sebenernya ga setuju banget ama yang namanya UAN.Well,mngkin untuk menentukan kelulusan buth yang namanya ujian akhir.Smua institusi pendidikan pasti menganut paham itu.Tapi alangkah ga adil klo yang nentuin kelulusan cm nilai UN aja.Harusnya prestasi siswa selama 3 taon juga bisa dijadiin acuan,apakah dia pantes lulus ato ga.

    Trus gw jg ga setuju klo soal UN dari pemerintah pusat smua.Karena standar n mutu pendidik di tiap skolah kan beda2.Ada sekolah yang mungkin cukup tertinggal,masa harus disamain soalnya ama sekolah yang mutu pengajarnya tinggi?Usul gw si soal UN dibuat ama skolah masing2 smuanya.Tapi ada badan pengawas dari diknas untuk tiap skolah.Jadi tugas diknas cm meriksa jawaban n mengawasi,agar praktek kemudahan lulus dari skolah diminimalisasikan.Trus klo misalnya nilai UN seorang siswa buruk,ada baiknya nilainya slama 3 taon di SMA bisa membantu klo emank nilai siswa tersebut mengagumkan

    Buat pemerintah,stop d bikin kegiatan yang sebenernya ga berguna.Mending tu anggaran dipake buat bikin skolah gratis,krn masi banyak anak2 yang putus skolah krn ga mampu,padahal mereka sebenarnya brilian.

     
  156. yuda 9e

    18 Maret 2009 at 11:51

    hai all tloNg donK pemerIntaH
    kAsiH soaL nya jNg susH YAwh
    PLEASE????????????????????????????????

     
  157. Mr.J

    27 Maret 2009 at 22:12

    bagai mana nihh cara nya biar bisa lulus ujian nasional, dengan cara belajar sudah yang sudah maksimal.
    apa kah itu sudah efisien iahh?..

     
  158. lulucute15@yahoo.com

    29 Maret 2009 at 14:04

    no comment,mumet mikiri UAN………………..

     
  159. adhe

    30 Maret 2009 at 07:57

    ” bgi llu pda nak-nak xmp ue4 ucapin good luck aja dwh or ue jga minta doa’n buat UNAS n UAN , , ,”

     
  160. erik

    30 Maret 2009 at 09:15

    kita kudu belajar aja yang rajing

     
  161. yaya

    30 Maret 2009 at 16:30

    emmmmmmmmm………….Kq luM ada Kisi2 UN JuRusan BahasA ceHH?????????????????????????????????????????

     
  162. hafiz

    1 April 2009 at 14:36

    salam damai dri nak tangrang

    smangat yaa…..

    hidup adalah perjuangan
    tanpa suatu perjuangan kita gag bakalan hidup

     
  163. hafiz

    1 April 2009 at 14:39

    life is struggle…

    UN jangan takut!!!!

    berdoa aja supaya soalnya gampang!!!!

     
  164. denden

    1 April 2009 at 14:50

    gmn kisi-kisi UN smk kok blm ada sih…………..

     
  165. anas mustakim

    10 April 2009 at 09:31

    ingin tanya: 1.kiranya materi apa saja yang keluar dalam UN 2009 nanti ke semua pelajaran yang di ujikan. 2.kuncinya apa saja sie pak supaya biar sukses mengerjakannya.

     
  166. kochel

    10 April 2009 at 11:43

    knapa harus ada uAN. . .

    gAg Adil BanGedh. . .

    pa LagI teap tuN nTu niLai minimaLnya mesti Naik. . .

    gmana nasib anagh cucu kita nanti. . ..

    emang. ..

    indonesia ntu SDMnya kurang. . .. . .

    tapi gag harus gini caranya. . ..

    UAN ae ada 6 Plajaran. . .

    Paling gag khan 3. . .

    huhUHuhuHUHuhuhuh. . .. . .

    Do’ain Aq LuLusH ae. . . .

    Moga Ja Kelulusan di indonesia di atash 90perseN. . .

    amiEn. . .

    kasian skolahan yang tertinggal. . .

    dinas p & k gag mikir apa. . .

    makacih. . .

     
  167. joker303

    10 April 2009 at 18:54

    utuk apa ujian nasional jika hanya memicu kecurangan siswa?
    jika ingin mendapat lulusan yang handal lebih baik diuji sekolah saja!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    dari pada susah payah, siswa yang bodoh saja bisa lulus, tapi yang pintar malah tidak diluluskan!!!
    Bubarkan unas

     
  168. bonie cah ganteng

    11 April 2009 at 11:18

    kawan2 q sekalian belajar tu penting buanget loh dan untuk depdiknas tolong dwonk kasih kelongaaran untuk kami?

     
  169. juniussimbolon

    11 April 2009 at 22:27

    nasi sudah jd bubur,
    moga aj smua plajar se-Indoesia
    “LULUS” semua.
    aminnnnnnn…..

    BRAVO,Guyzzzzzzz

    YES WE CAN DO IT!!!!

     
  170. no name

    15 April 2009 at 21:20

    gila mwnya apa c pemerintah.materi di banyakin,nilai standart di naikin..
    kasian dong sama anak2 sma ,.
    belum lagi mereka mw pusing sama test2 masuk PTN.udh gitu habis UN pake acara ujian praktek .duh maunya apa c..
    liat dong di luar negri,mana ada sistem begini.tapi lulusan mereka berkualitas tuhhh.
    emang pemerintah itu gk jelas . banyak cincong.
    curhat w ni ,yg mw UN tgl 20 besok .doain lulus ya…mksh

     
  171. gee

    15 April 2009 at 21:24

    sebarin contekan un untk wil jaktim dong..

     
  172. lynz

    15 April 2009 at 21:26

    gw udah dapet contekan uan IPA nih..
    doain tembus ya…
    ini kan yg pemerintah mw..
    lulusan yg tak berkualitas.
    makanya HAPUS kan UN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

     
  173. pasca

    16 April 2009 at 11:12

    aQ sebenarnya gak setuju diadakan UN, masa dh 3 taon aQ bLjr, diujikan cUMA 5 hari, gak adil bgt.
    selama ujian harian lulus tp pas UN g lulus, sedih bgt rasanya. dah gt, cuma indonesia yang pake UN, cba liaT Malaysia(kampung aQ) mana ad UN, tapi masy makmur semua n pintar smua kan?n gt jg di negar2 laen(singapur, jepang, AS), liAt aja tuh. tp wlaupun aQ ngasi komen tetep z diadakn un, harapan Q pmrntah memikirkan ulang ttg UN ni.

    tp tetep aQ doain smua tmend”Q lulus.

    Aminnnnnnnnnnnnnnn

     
  174. Initial d

    16 April 2009 at 13:44

    ada kunci jawaban un g?

     
  175. adji

    17 April 2009 at 10:55

    pak,.,.,UN itu banyak yg memberatkan siswa…klo mata pelajarannya ditambah tapi jangan nilainya ditambah juga donk,.,.,

     
  176. adji

    17 April 2009 at 11:00

    mudah2 an siswa smp/sma di seluruh indonesia pas UN luluz semua,.,.,semangat n jangan nyerah duluan,.,.,

    intinya berdoa dan berusaha insya Allah luluz,.,

     
  177. taufik

    18 April 2009 at 20:17

    moga ank2 smpd dan sma se-INA
    lulus smua
    amin ya rabbal alamin…….

     
  178. akumalaysia

    18 April 2009 at 20:23

    good luck untuk kamu semua yang akan dudukin UAN…hidup ini ada cabarannya untuk sukses..
    UAN salah satunya..it will be your destiny.. did it very well..

     
  179. eze

    24 April 2009 at 13:52

    haiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    un tu tk nguji ato untk bunuh masa soalnya segitu amat sulit nya!

     
  180. aiz

    25 April 2009 at 10:08

    UANNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

     
  181. fanki hermawan

    25 April 2009 at 12:23

    kalau ujian nasional jangan ongopek dong harus berusaha sendiri sendiri oke ingat jangan lupa ha…ha..ha…oke

     
  182. fanki hermawan

    25 April 2009 at 12:26

    pintar

     
  183. Indranas Gaho,SMAS XAVERIUS_NIAS

    25 April 2009 at 17:07

    Hhhmmmmm………Thn ne memang super stars……….???????
    UN yg kami ikuti cukup pedas……beda bwget dr thn sblmx.
    apa seh harapan pemerintah yang ngk pernah empati dengan kondisi para pelajar yang ikut UN……..rasanya makin bikin stersss ja nehhhhhhhh…………………. gmn donx clo ngk lls…apa generasi bangsa ini yg malang nasibnya ikut UN dilantarkan begitu saja…………? mestinya UN bukan berarti penentu kelulusan karena pahlawan tanpa tanda jasa itu di kemanakan …….HAKnya dalam menentukan kelulusan siswanya? Gurulah yang tau,akan kemampuan siswanya………oleh karena itu,tahun ini saya sendiri dan mungkin teman teman setanah air akan sepaham kiranya mohon kepada pemerintah tolong luluskan SMA 100% pada tahun 2009,bagi yang ngk lulus tolong diadakanya Ujian NAsional Susulan Bukan paket C. Perhatian dan Kebijakan pemerintah Tahun 2009 sangat kami nantian secara Objektif,Demi mas depan kamidan masa depan generasi bangsa indonesia tercinta ini.
    Hapuskan UN….dan…LULUS kan siswa/i TAhun 2009 100%……………………………

     
  184. naca_em

    26 April 2009 at 20:17

    Un……???????????haduwh… pusing deh ngedengernya.kenapa sich harus ada UN?????menurutku UN CUMA MENCETAK PARA GENERASI MUDA MENJADI GENERASI YANG GA JUJUR,apa perjuangn kita selama 3 tahun hanya ditentukan dalam kurun waktu 5 hari?????????????harusnya pemrintah tu lebih bijaksana lagi dalam mengambil keputusan JANGAN ASAL NGEMENG AJJA DONK….

     
  185. MAWAN

    27 April 2009 at 12:23

    kalo saya setuju aja ad UAN ,karena ada UAN mak siswa sebagian besar akan terbebani.sehingga mau blajar n usaha sendri.yang ga saya ska adalah ad bocoran kunci jawaban.

     
  186. yanti

    28 April 2009 at 10:14

    (ini adalah tulisan yang kukutip dari spanduk sekolah Aini)

    Anak-anakku, Menjadi murid yang pembelajar (mujtahid), tekun berlatih mencari cara terbaik selesaikan soal (mujaddid) serta gigih meraih prestasi dengan jujur dan melibatkan Allah swt dalam ikhtiar (mujadid) adalah kehormatan dan kebanggan tertinggi dari para penyelenggara Ujian Nasional.

    Selamat berjuang anak-anakku….Doa kami akan menyertaimu.

     
  187. yanti

    7 Mei 2009 at 18:50

    Minggu depan, 11Mei 2009, anakku mulai bertempur di medan UASBN… Doakan ya….

     
  188. athiyah

    27 Mei 2009 at 17:29

    eh tolong donk kirimkan hasil UN ke e-mail ku MTs wilayah rembang semarang no UN 17-718-004-5

     
  189. wahyu

    13 Juni 2009 at 10:19

    tolong donk kasih tau web hasil unas sma 2009

     
  190. Zikeynova

    14 Juni 2009 at 08:18

    Pengumuman hasil ujian nasional 2009 untuk SMA (SLUA) Saraswati 1 Denpasar sudah dapat dilihat di website resminya di http://www.sma-saraswati1.sch.id

     
  191. aminah

    18 Juli 2009 at 11:54

    semangat and belajar terusssssssssss!!!!…

     
  192. sisi

    17 November 2009 at 20:41

    bener g” seh meode exchange palace akan di laksanakan?
    napa nilai standar na tidak di naikin jadi9.9?
    kan pelajar 2 indonesia pintar2…..
    ya,,,pintar dalam mencontek,,,,

     
  193. reza putra

    20 November 2009 at 14:20

    duh unas bulan maret y? jd deg degkan ne?

     
  194. Anonim

    4 Desember 2009 at 12:53

    kenapa sih?ujiannya,rata2ny di tmbhin mlu pusing tau……………………………………………………………………….
    nnti bisa2 botak mkirin ujian

     
  195. aku

    7 Desember 2009 at 18:24

    bagaimana sih cara2 mengisi blog dengan kalender data pengunjung atau mengisi data2 yang lain thank’s

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: