RSS

J a l a n P u l a n g

02 Jul

jalan pulang yang dulu kita tempuh bersama
masih menyimpan jejak dalam bias
sepanjang pematang dan derai daun padi
kita urai nyanyian pagi sepanjang kenangan
:adakah kau simpan rindu
saat ketuk membangunkanmu di subuh
yang lelah di kepulangan kerja?

di sepanjang jalan pulang itu
telah kucatat kejadian sebagai headline
di halaman-halaman surat kabar
membangunkan impianmu ke kenyataan
yang kita temui di rutinitas hari ini
:tentang pembunuhan, berita kriminal
catatan hari-hari yang lepas
dan kemacetan berbuah depresi

andai kusampai di rumah, masihkah setia
kau dengan apa yang akan kusampaikan?
kekusutan urai rambutmu menumbuhkan rindu
di kepagian. cerita-cerita yang tidak pernah lepas
membinarkan hidup di kesunyian diri
:masihkah detik jam mempertemukan kita
dalam renjana masa lalu?

meski kutahu ada yang telah tiada
saat jalan pulang penuh rerimba

Iklan
 
18 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Juli 2008 in Puisi

 

Tag: ,

18 responses to “J a l a n P u l a n g

  1. cinker

    2 Juli 2008 at 09:10

    mengenang masa lalu ya mas….!
    puitis banget

    …> iya. mengenang masa-masa 10-11 tahun lalu

     
  2. balisugar.com

    2 Juli 2008 at 09:45

    Salam kenal penyair…

    Aku sedang berkelana mengunjungi semua pecinta puisi

    …> salam juga dan trims telah mampir

     
  3. Alex

    2 Juli 2008 at 11:33

    puitis banget da……penuh makna dan menggugah rasa kerinduan

    baa kaba kini da Zul ??

    …> trims bang alex. Alhamdulillah kabanyo elok-elok sajo bang

     
  4. fisha17

    2 Juli 2008 at 11:58

    jalan hidup memang kejam dan berliku.

    …> ah masa sih mas?

     
  5. putirenobaiak

    2 Juli 2008 at 12:07

    aku pulang…dengan renjana
    di dada 😀

    …> iya meiy, semoga bahagia selalu ya…

     
  6. artja

    2 Juli 2008 at 15:10

    setiap jalan yang dilalui
    tak pernah menghapus catatan-catatan jejak
    milik siapapun.
    tak peduli ia akan dilewati lagi atau dilupakan,
    ia telah mencatatnya
    dan akan tetap menyimpannya.

    …> iya. pemaknaan yg+ mantap

     
  7. Sawali Tuhusetya

    2 Juli 2008 at 19:18

    pulang? selalu saja membangkitkan kenangan masa silam yang terus hinggap di balik layar imajinasi. lirik yang bagus, pak zul.

    …> iya pak sawali. kata-kata ‘pulang’ apalagi ditambah ‘kampung’ memberi sugesti luar biasa pada saya

     
  8. Denny Eko Prasetyo

    3 Juli 2008 at 01:12

    sepanjang jalan kenangan 🙂

     
  9. achoey sang khilaf

    3 Juli 2008 at 09:18

    jadi pengen pulang kapung 😀

    …> pulang kampungnya daerah mana mas?

     
  10. ika

    3 Juli 2008 at 10:06

    aku pulang…untuk ngenet lagi… 😀

    …> semoga gak mati lampu ya mbak….

     
  11. zoel chaniago

    3 Juli 2008 at 10:10

    saya jadi ingat lagunya si anroy’s

    Bilo ko adiak ka pulang
    singgahlah ditapian danau cinto
    😆

    …> onde…, ambo ndak punyo kasetnyo. pinjam buliah ndak? lamo ndak mandanga lagu minang

     
  12. ven

    3 Juli 2008 at 12:57

    tenang om

    dia msh setia kok heheh

    …> setia untuk apa mbak?

     
  13. jiwakelana

    3 Juli 2008 at 17:57

    ne die neh..suami yang setia, masih tau jalan pulang…, hahahahaaaaa

    …> ha ha ha…
    boleh juga nih komennya…

     
  14. enzha21

    4 Juli 2008 at 09:47

    Yang sabar yaaa…. kerinduannya suatu saat pasti terbalaskan….

     
  15. Catra

    4 Juli 2008 at 11:54

    saya juga jalan pulang nih pak. untung aja masih ingat dan tak tersesat. *dijitak*

     
  16. realylife

    4 Juli 2008 at 23:11

    seperti saya yang mohon doa restu untuk kelancaran acara kopdar bloggersumut yang ke 2
    maaf , dah lama ngga mampir di sini

     
  17. afraafifah

    9 Juli 2008 at 06:48

    ah..membaca puisi pak zul membuat saya semakin rindu ranah minang…. 😥

     
  18. Faradina

    10 Juli 2008 at 18:43

    Wah.., ini puisi yg bagus. Aku baca beberapa kali. Dari atas kebawah, balik lagi keatas. Cerita panjang yg melelahkan ya pak Zul.

    …> trims mbak fara dg apresiasinya. saya mau komen di blog mbak fara kok susah ya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: