RSS

Kulit Pisang Pengganti BBM?

07 Mei

Unyil, barangkali tidak ada yang tidak tahu dengan tokoh ini. Tokoh film yang pintar. Tokoh film yang saya tonton sejak saya masih SD, hingga kini tetap saja sang tokoh tak berubah.

Terlepas dari ‘kutukan’ terhadap Unyil dan tokoh lain yang tidak berubah, banyak sisi positif film ini. Dulu saat tayang di TVRI, film Si Unyil lebih banyak bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Sekarang, saat tayang di Trans 7, film ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari dalam lingkup teknologi. Si Unyil tidak lagi sekadar ber-hom-pim-pa dengan teman-temannya, tapi telah menjelma menjadi tokoh yang berpengetahuan amat luas (meski tetap saja nggak beranjak jadi anak SMP atau SMA).

Banyak sisi positif dari film yg bertajuk Laptop Si Unyil ini. Senin, 5 Mei 2008 lalu misalnya, ditayangkan kegunaan kulit pisang (contoh di filmnya kulit pisang ambon). Kulit pisang yang biasanya kita buang, ternyata mengandung energi yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Dalam kesempatan tersebut dicontohkan untuk energi yang bisa menggerakkan jarum jam dan menghasilkan cahaya lewat senter.

Caranya? Ambil batu baterai yang sudah tidak dipakai. Kelupasi bagian luarnya. Buka tutupnya dan buang isinya. Ingat batangan di dalamnya jangan dibuang. Lalu siapkan kulit pisang. Potong kulit pisang itu kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam batu baterai yang tadi telah dikeluarkan isinya. Isi penuh dan padatkan. Setelah itu tutup kembali dan rapikan. Baterainya siap digunakan.

Sederhana bukan? Sayangnya penelitian mengenai energi kulit pisang ini belum selesai.

Itulah Si Unyil dengan laptopnya. Biar unyil dan belum tamat SD hingga kini, contoh kisah di atas amat bagus. Apalagi di saat pemerintah sedang bersiap menaikkan harga BBM. Siapa tahu ada yang meneliti kulit pisang atau kulit lainnya sebagai alternatif pengganti BBM.

Ada yg mau coba?

Iklan
 
24 Komentar

Ditulis oleh pada 7 Mei 2008 in Lain-lain

 

Tag: ,

24 responses to “Kulit Pisang Pengganti BBM?

  1. yulius

    7 Mei 2008 at 11:30

    minta tolong bgaimana cara jelasnya kulit pisang kok bisa jd listrik????
    ini mungkin saya bisa jadikan judul tugas akhir….
    terima kasih….

    …> terus terang saya juga heran, kok bisa dan ingin mencoba dg anak-anak (siswa). langkah kerjanya ya seperti itu, sangat sederhana. cuma bgm bisa jadi seperti itu, dalam acara laptop si unyil itu gak dijelaskan. keterangan yg diberikan pada acara tv itu, percobaannya blm final.

     
  2. Sawali Tuhusetya

    7 Mei 2008 at 12:13

    kalau saja apa yang dipraktikkan si unyil itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari2, wah, rencana pemerintah utk menaikkan harga BBM bisa menjadi aolusi alternatif buat rakyat kecil, ya, pak zul.

    …> harapannya demikian pak. tapi nggak tahu apa bisa pak ya…

     
  3. SQ

    7 Mei 2008 at 19:09

    kalau misalkan yang lain2 bisa jadi sumber energi…kenapa hanya kulit pisang???

    Mungkin ada info lain pak Zul?

    …>khusus altermatif pengganti bbm saya pernah dengar ada penemuan anak bangsa yakni dg air, ada lagi dg pengolahan buah jarak, dsb. cuma gaungnya skrg tdk terdengar lagi.

     
  4. natazya

    7 Mei 2008 at 19:24

    heuheuheuhe

    kita liat saja! bisa ga yah?

    wah… beruntung tuh yang punya kebon pisang nanti bisa kaya!

    …> yap. kita tunggu kreasi tangan-tangan trampil anak bangsa

     
  5. syahrizal pulungan

    7 Mei 2008 at 20:44

    buat yulius kalau penasaran dengan kulit pisang bisa mengeluarkan energi listrik..khan bisa kirim email ke trans 7…ntar kalau lagi nonton elektop si unyil khan ada kritik saran…nah khan bisa dicatat tuh alamat….

    …>wah benar juga bang rizal. saya cuma mereview apa yg saya saksikan di trans7. trims

     
  6. realylife

    7 Mei 2008 at 20:59

    kalo mang bisa kenapa ngga pak ?
    yang penting inovatif , kreatif dan mandiri

    ….> betul mas said. kita selalu berharap sesuatu yang inovatif, kreatif, dan mandiri untuk masyarakat.

     
  7. fisha17

    7 Mei 2008 at 22:38

    Ternyata Allah menciptakan segala sesuatu itu pasti ada manfaat dan gunanya. 😉

    …>iya, nggak ada sesuatu yang sia-sia. pasti segala sesuatu itu diciptakanNya ada manfaatnya, sebagai sebuah harmoni kehidupan.

     
  8. Dilla

    8 Mei 2008 at 07:02

    Kmrn jg liat ada yg berhasil bikin briket dr olahan sampah. Bentuknya spt gula merah, warnanya hitam kyk arang. Apinya bagus, sampah pun bs teratasi. Sayang saya nonton saat acara sudah menit2 terakhir.

    Unyil, plg g ku ku kalo pak ogah blg : ” cepek doong.. ”

    haha, zaman skrg pak Ogah ga minta cepek lg ya? Mana cukuup! 😛

    …> mbak dilla senang nonton si unyil juga ya. kalau saya pikir, itu acara sangat bagus buat anak-anak. selalu kita rindu acara yang bersifat edukatif.

     
  9. ika

    8 Mei 2008 at 08:26

    wah keren yah,ternyata dari buah pisang yang kita makan pun ternyata ada manfaatnya sebagai pemberi daya listrik

    …> iya mbak ika. namun penelitian ini belum final. jadi perlu diteliti lebih mendalam biar didapatkan efek yang lebih baik. syukur-syukur bisa pengganti bbm.

     
  10. ompiq

    8 Mei 2008 at 08:56

    Butuh listrik banyak?
    makan pisang dulu ahh….***

    ….> wah hati-hati mas, bisa-bisa mencret. he he…

     
  11. nh18

    8 Mei 2008 at 12:49

    Hmmm Pisang …???
    Wah bisa jadi alternatif energi masa depan nih

    Salam pak

    ….> yap. salam balik/

     
  12. indra1082

    8 Mei 2008 at 13:04

    Bisa-bisa PLN Beli Pisang seluruh Indonesia nih…

    ….> dan mas/mbak indra bersiap jadi petani pisang yak. he he….

     
  13. alex®

    8 Mei 2008 at 15:06

    Kayanya pantesnya kulit pisang itu bukan buat ganti BBM deh… Tapi buat dilempar ke istana negara sama parlemen di Senayan.

    Mereka saja yang telan pake itu kulit pisang! Huh!

    *ngomel2* 🙄

    …>bgm, mas alex mau lempar dari aceh? jauh lho…

     
  14. Oemar Bakrie

    8 Mei 2008 at 18:54

    Jangan banyak2 maan pisang nati sembelit (susah BAB). Bio-energi memang salah satu alternatif yg perlu dipikirkan, tetapi realisasinya tidak mudah dan jangan lupa alternatif lain yg lebih realistis seperti misalnya geotermal, energi angin dan arus/gelombang laut, dsb.

    …> iya pak oemar. saya percaya pak. kapan penelitian itb tentang alternatif pengganti bbm disosialisasikan dan merakyat pak?

     
  15. Faradina

    8 Mei 2008 at 22:12

    Sebagai bahan energi alternatif, kulit pisang memang kurang ekonomis jadinya. Energi yg kita butuhkan makin hari makin bertambah. Butuh kebun pisang berapa ribu hektar? Tapi paling gak, ada yg sudah tahu apa proses yg terjadi pada kulit pisang hingga menimbulkan arus listrik. Mungkin bisa dicarikan bahan lain yg lebih ekonomis dan tersedia dalam jumlah banyak yg bisa menimbulkan proses yg sama yg terjadi pada kulit pisang itu.

    …> iya mbak fara. mungkin bisa alternatif lain. penelitiannya sendiri blm final. barangkali ada kaitannya dg batangan karbon di dalam batu baterai

     
  16. meiy

    9 Mei 2008 at 11:23

    ini yg sering juga aku pikir kenapa negeri ini yg mempunyai byk ahli ini itu, salah satunya ahli energi tak mencoba energi alternatif? aku gak setuju dg biofuel krn akan mengancam hutan lagi dg pembukaan lahan yg besar2an, habislah hutan kita

    pernah baca energi kompos jadi bukan hanya kulit pisang. sayang aku bukan ahli jadi gak ngerti. byk yg bisa di eksplor seperti matahari, ahli2 kita kemana yaaa?

    …> setuju meiy. jenius-jenius kita ada dimana yak? penelitian yg sdh dilakukan menguap kemana ya? sebuah renungan menjelang harkitnas.

     
  17. supi jr.

    19 Mei 2008 at 15:44

    saya, mendukung subsidi BBM dihapuskan.

    …> yap. trims mas Supi

     
  18. indra,19 tahun

    19 Mei 2008 at 15:49

    mohon harga BBM dturunkan menjadi 2000 kaya dilu supaya rakyat tidak menderita.Semakin lama semakin melarat ja negeri ini.

    …> minimal gak dinaikkan ya mas.

     
  19. yellashakti

    22 Mei 2008 at 13:43

    energi yang diperoleh dari tanaman disebut bioenergi,,di salam tanaman tertentu mengandung bahan kimia yang strukturnya seperti yang terdapat dalam BBM, penelitian minyak jarak memang bagus, tetapi menghasilkan dampak polutan yang lebih berbahaya dari BBM. PEnggunaan bioenergi untuk industri belum bisa murah karena pegolahannya mahal dan hasilnya sedikit. Sumber energi alternatif yang murah diantaranya sisa pembuangan pabrik dan rumah tangga yang dikonversi menjadi biogas dan briket.
    sayangnya masih sedikit kerja sama antara pemerintah, industri dan kampus/balai penelitian, sehingga hasil penelitian pun belum bisa mengatasi masalah kebutuhan energi di Indonesia

    …> wah, kalau sdh masuk wilayah ini sy gak bisa apa-apa. mbak yella adalah jagonya

     
  20. mielan

    27 Mei 2008 at 15:10

    gi mana caranya mau buat kulit pisang jadi bahan api???????

     
  21. bad boy

    14 Oktober 2008 at 13:40

    kampang

     
  22. Dewi fitria

    12 November 2010 at 12:41

    bantu bikin KIR mengenai kegunaan kulit pisang dong???

     
  23. marchatunnisa

    12 November 2010 at 12:44

    Teliti bareng-bareng yuks………

     
  24. feridwi

    13 Oktober 2012 at 04:34

    kenapa harus kulit pisang sih

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: