RSS

Sumbangsih

01 Mei

Apa yang terpikir saat 2 Mei kembali mampir mengujungi kita? Ini adalah hari yg semestinya punya siapa saja, terutama yg pernah berkecimpung di dunia sekolahan alias dunia pendidikan.

Lalu bagaimana dunia pendidikan kita saat ini?

Kalau mau jujur, kebanyakan orang memandang dunia pendidikan dg nada sinis. Mulai dari carut-marut kurikulum hingga gedung yg tak layak pakai. Dari kong kalikong penyunatan bantuan rehab sampai gaji yg kecil. Dari sertifikasi hingga ujian nasional yg penuh protes.

Begitulah dunia pendidikan kita. Kelihatan penuh carut-marut. Tapi haruskah kita menyerah?

Keikhlasan dan kesungguhan diperlukan. Sebagai guru, kadang saya mengatakan kepada kawan-kawan, jadikan kegiatan belajar mengajar sebagai ibadah. Dengan demikian kita bisa lakukan semua penuh semangat dan keikhlasan.

Sekarang, melihat dunia pendidikan seperti di atas, adakah kita peduli? Kalau setiap kita pernah berhubungan dg dunia pendidikan, apa sumbangsih yg bisa kita berikan?

Berbuat dan melakukan tindakan nyata, barangkali akan sangat bermanfaat ketimbang caci maki atau menangisi.

Selamat Hari Pendidikan.

Iklan
 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Mei 2008 in Tak Berkategori

 

Tag: ,

11 responses to “Sumbangsih

  1. Sawali Tuhusetya

    2 Mei 2008 at 13:16

    sepakat, pak zul. aksi dan tindakan sekecil apa pun akan lebih bermanfaat ketimbang diam tak bergerak. menyalakan lilin, konon lebih bagus ketimbang mengutuki kegelapan.

    …>Yap, itulah tujuan tulisannya pak

     
  2. wennyaulia

    2 Mei 2008 at 13:56

    setidaknya, menurut saya, perubahan ke arah kebaikan itu sudah ada kok, pak
    dan itu musti kita syukuri juga ūüôā

    …>Untuk sisi positif hrs disyukuri. Namun untuk sisi negatif harus diperbaiki.

     
  3. anton ashardi

    2 Mei 2008 at 14:13

    tuut…tuuut…

    * lagi berusaha telpon Ki Hajar Dewantara *

    …>Telepon yg dituju sdg sibuk. cobalah bbrp s√•√§t lagi.

     
  4. fisha17

    2 Mei 2008 at 15:09

    Bener2 Pak.. Guru emang pahlawan tanpa tanda jasa. Lho? gak nyambung yah?

    …>Suatu pernyataan yg eufemis. Kenyataannya masih banyak guru yg bukan guru, suatu profesi yg kadang tdk dipahami dan diamalkan dg sebaik-baiknya.

     
  5. natazya

    2 Mei 2008 at 17:02

    SELAMAT HARI PENDIDIKAN!

    Semoga benar orang Indonesia akan kian terdidik!

    …>Semoga. Amin.

     
  6. desmeli

    2 Mei 2008 at 17:59

    Iya nih pak Guru…saya rasa para bloger yang membuat postingan dapat bermanfaat untuk para pelajar kita yang memerlukan refrensi ..tul gak sih?

    oh ya pak..kian miris saja biaya pendidikan kita makin melangit, semoga menteri pendidikan kita “ngeh” dengan persoalan satu ini, jadi tidak hanya kalangan tertentu saja yang dapat menikmati manisnya bangku pendidikan.

    Selamat hari pendidikan yaaa :d

    …> masalah biaya pendidikan memang jadi persoalan kita bersama. rasanya kalimat memajukan atau mencerdaskan bangsa menjadi sia-sia. jadi benar, pendidikan hanya tuk orang berduit. lalu bgm ya jalan keluarnya?

     
  7. imoe

    2 Mei 2008 at 20:24

    pendidikan kita sudah kehilangan nurani pak. Oleh karena itu, butuh orang-orang yang bersih untukm emulihkannya….

    …>mudah-mudahan pak imoe termasuk bagian dari orang-orang yg membersihkannya

     
  8. catra

    3 Mei 2008 at 10:12

    pendidikan sekarang hanya untuk orang kaya saja, di pedesaan tamat SMP saja udah bersyukur.

    http://sutanmudo.co.cc

    …>jujur saja, begitulah adanya. tantangan yg berat mempersiapkan mereka tentunya

     
  9. marsini

    3 Mei 2008 at 12:44

    yang masih sekolah or kuliah, harus bersungguh-sungguh.
    tidak semuanya bisa menikmati ini. so jangan disia-siakan
    *mengingatkan aku sendiri :)*

    …> setuju mbak. saya doakan semoga segera tamat ya mbak…

     
  10. Latip

    3 Mei 2008 at 14:16

    Saya jadi bingung semua menyalahakan Sistem pendidikan.
    Sebenarnya yang salah itu Sistemnya atau Orangnya to…?

    …> tepatnya yg membuat kebijakan atau yg menerapkan kebijakan itu (tdk sesuai dg yg semestinya)

     
  11. diorockout

    3 Mei 2008 at 21:50

    Selamat hari pendidikan..
    jangan nyontek y..
    *huuf*

    …> ayo siapa yg nyotek,…?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: