RSS

Lomba Cerpen Diknas Peringkat ke-20

26 Feb

dsc01409.jpg

Hari ini saya baru menerima secara lengkap hasil lomba menulis cerpen yang dilaksanakan pertengahan tahun lalu. Ketika menerima hadiah Rp3.850.000,00 awal Januari lalu, saya belum mengetahui juara keberapa. Hadiah yang saya terima via wesel itu hanya mencantumkan kalau saya salah seorang pemenang.

Pertama tahu, saya kira akan masuk 5 terbaik. Namun pengumuman yang saya terima hari ini lain dari harapan. Saya hanya peringkat ke-20 dari 819 peserta yang ikut. Lumayan sih sebenarnya. Paling tidak masuk 20 terbaik mewakili sekolah (SMA Al-Irsyad), Kota Pekalongan, plus provinsi Jawa Tengah.

Cerpen yang berjudul Kidung Sunyi Seorang Guru merupakan perenungan panjang saya tentang sepak terjang plus sisi hitam dunia pendidikan. Sebagian besar isi ceritanya adalah gambaran aktual yang ada di dunia pendidikan. Saya tidak bisa teriak, oleh karenanya teriaknya tersalur lewat cerpen saja.

Saya tidak memungkiri komentar Ibu Dra. Endang M (guru Bahasa Indonesia plus Wakil Urusan Kurikulum SMA 1 Pekalongan), yang mengatakan cerpen itu sebagai pengalaman pribadi; kejadian/peristiwa dunia pendidikan yang penuh intrik, korup, dan sebagainya. Tidak terkecuali sekolah itu ada di pegunungan, yang seharusnya kidung ramah, lugu, dan agamis menggeletarkan tiupan lembut udaranya. Namun kenyataannya? Dunia penuh korupsi dan manipulasi.

Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah banyak membantu saya dalam membuat cerpen tersebut: Keluarga Besar SMP 2 Talun, SMA 1 Pekalongan, dan SMA Al-Irsyad Pekalongan. Semoga dunia pendidikan ada pencerahan di masa datang.

 
25 Komentar

Ditulis oleh pada 26 Februari 2008 in Diari

 

Tag: ,

25 responses to “Lomba Cerpen Diknas Peringkat ke-20

  1. Istikoma

    4 Maret 2008 at 10:16

    Permisi, mau turut ngobrol.

    Saya juga menerima telepon dari diknas, disusul uang senilai sama dengan yang Anda dapatkan. Dari hitungan hadiah yang tercantum, saya juga berpikir cerpen saya “Renggami” bakal masuk setidaknya lima besar, tapi ternyata tidak.

    Tapi yang saya herankan, kenapa jumlah uang yang kita dapatkan sama ya? Apa memang ketentuannya seperti itu? Perlu diketahui bahwa cerpen saya masuk diperingkat 9.

     
  2. Zulmasri

    4 Maret 2008 at 13:21

    O ya, saya baru tahu. Apa karena sama-sama di luar 3 besar (juara harapan) sehingga hadiahnya sama? Ayo, para jawara yg lain, bgm infonya?

    O ya, Bu Istikoma, boleh minta no telp/hp? Biar bisa kom/info. No hp saya ada pada cerpen Kidung Sunyi di blog ini.

    Terima kasih

     
  3. fifi

    17 November 2008 at 12:42

    Perkenalkan pak Zul, saya Bu Fifi pengajar bahasa Indonesia di SMP Timika-Papua nun jauh disana, wah senang membaca karya-karya bapak, terutama soal-soal UN, wah itu sangat membantu sekali dalam mengajar.
    Terima kasih.

     
  4. akhlis munazilin

    23 Desember 2008 at 08:28

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Mohon maaf, perkenalkan nama saya akhlis. salam satu jiwa untuk bapak ibu guru semua. saya guru TIK di MTs, MA, Al – Fatah, sebuah madrasah binaan yayasan pesantren. bertempat di desa dan cukup jauh dari informasi. saya sangat mengapresiasi karya bapak / ibu semua. saya salah seorang penggemar sastra, novel, puisi, dan yang lain. untuk itu, mohon infonya kalo ada lomba tulis menulis. untuk info lebih detail tentang saya, mohon dilihat di blog saya:
    http://www.akhlismunazilin.blogspot.com
    terimakasih.
    wassalamu’alaikum Wr. Wb.

     
  5. citra

    26 Desember 2008 at 12:30

    keep writing always

     
  6. titik setyaningsih

    30 Desember 2008 at 13:08

    assm wr. wb.
    saya seorang penggemar dunia sastra, saya sering menulis dan belum pernah aku publikasikan. saya mengharapkan kepada siapa saja yang punya informasi tentang lomba atau media untuk mempublikasikan karya-karya saya mohon informasinya untuk di bagi kepada saya via e-mail : tyaning77@yahoo.co.id atau edi_nugrose@yahoo.com
    Terima kasih banyak.

     
  7. tom

    17 Januari 2009 at 17:28

    tlg kalo ada info lomba kontak ke
    tomridu.com74@yahoo.co.id
    thx

     
  8. jawamuhi

    5 Februari 2009 at 10:50

    saya senang belajar dalam hal tulis menulis, boleh dibilan saya masih amatir meski beberapa tulisan saya pernah dimuat disuatu surat kabar, tetapi saya mengigninkan untuk mengasah pikiran saya dengan lebih baik. siapa yang berkenan atau memiliki informasi mengenai perlombaan saya berharap saudara semua memberi informasi kepada saya.slam kenal untuk semua. ktanya hidup tanpa karya itu hampa.

     
  9. naldi

    15 Februari 2009 at 21:37

    hebat pak Zul yo

     
  10. Berlian

    23 Februari 2009 at 08:37

    Saya ingin slalu mencoba bsaing dlm l0mba cerpen,kalau ada info lomba ksh tau saya yah.

     
  11. Anonim

    23 Februari 2009 at 11:00

    hai. ajarin aku nulism dong

     
  12. inok

    25 Februari 2009 at 12:19

    Wah, senang ya….? cerpen saya nangkring di peringkat 10, dan LMKS di peringkat 6, tapi gak dapat reward apa-apa dari Pemkab Mgl. Hiks…!

     
  13. nita

    2 Maret 2009 at 08:42

    cerpen diknas bs d ikuti mhsiswa g?
    btw kpn lagi y, blh d info y..hehehe

     
  14. ALIE HAIDAR

    4 Maret 2009 at 13:47

    aku Alie, aku juga pernah juara nasional untuk menulis kritik sastra oleh Depdiknas 2008…

    Saya guru SMA N I Cerme Gresik

    Mahfud Aly, s.pd

     
  15. zol viandri koto

    16 Maret 2009 at 10:50

    Saya butuh informasi lomba-lomba, kalo bisa membantu saya senang sekali, terima kasih

     
  16. neng®atna

    23 Maret 2009 at 17:03

    Wah! Hebat! Saya juga ingin dapat duit dari hasil membuat cerpen. Car ikutannya gimana wakt itu? Cerita dong! Makasih. http://nengratna.blogspot.com

     
  17. neng®atna

    23 Maret 2009 at 17:07

    Saya ketinggalan sebuah pesta besar sepertinya. Mohon informasinya ya kalau diadakan lomba lagi😀

     
  18. Annis Syafiqa HAyati

    6 April 2009 at 17:14

    maU donK…kalau da Lomba cerpeN….

     
  19. santi

    10 April 2009 at 17:59

    Ass wr. wb
    Saya adalah penggemar cerpen dan dari dulu ingin sekali mengirimkan cerpen saya, terlebih setelah saya membaca pengalaman pak Zulmasri memenangkan lomba penulisan cerpen. Pertanyaan saya, kapan biasanya lomba cerpen diknas diselenggarakan? Dimana bisa melihat informasinya?

     
  20. Mukaromah

    12 Mei 2009 at 14:55

    Kapan lomba mengulas karya sastra (LMKS) dan lomba menulis cerpen th ini diselenggarakan? Asa tidak program reguler?

     
  21. Mukaromah

    12 Mei 2009 at 14:56

    Kapan lomba mengulas karya sastra (LMKS) dan lomba menulis cerpen th ini diselenggarakan? Ada tidak program reguler?

     
  22. antaresta

    1 Juni 2009 at 12:21

    mohon kalau ada lomba cerpen saya diberitahu…thx b4

     
  23. link building services

    3 Maret 2011 at 14:42

    Nice post. I learn something more challenging on different blogs everyday. It will always be stimulating to read content from other writers and practice a little something from their store. I’d prefer to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll give you a link on your web blog. Thanks for sharing.

     
  24. edi sst

    6 April 2011 at 08:16

    Salam kenal Pak Zul, juga semuanya. Saya Pak Edi, guru SMA 3 Semarang. Teman-teman yang ingin lihat info lomba-lomba sastra, klik saja http://www.jendelasastra.com/user/edi-sst terus klik berita. Website itu bisa untuk latihan nulis karya sastra juga lo

    Terima kasih Pak Edi

     
  25. Endang Historyna Sitanggang

    1 November 2011 at 17:00

    Salam kenal pak….
    Cerpen nya sangat menyentuh perasaan saya.
    Tak berbeda dengan yg saya alami sekarang.

    saya jg seorang guru, mengajar bahasa Indonesia di salah satu SMP di Kab. Tapanuli Utara.
    Walau di SMP tp utk menjangkau tmpt neh juga mseh susah.
    Jauh dr keramaian, teman, keluarga, aplgi kekasih yg plg kucintai membuat semuanya tersa membosankan.
    Tp Krn sambutan, semangat dan senyum manis anak didik saya lah yg mampu membuat saya tersenyum setiap kali mereka melihat saya memasuki kelas.

     

Tinggalkan Balasan

 
