RSS

Lobi dan Korupsi

21 Feb

Dalam pelajaran bahasa Indonesia tidak pernah bisa ditemukan adanya keterkaitan antara lobi dan korupsi. Akan tetapi dalam dunia politik kita bisa menyaksikan betapa bersinerginya lobi dan korupsi.

Tidaklah mengherankan, apabila Burhanudin Abdullah yg saat ini jadi tersangka begitu loyal pada DPR. Lobi yg dilakukan saat dicalonkan dulu berimbas pada kebijakan yg dibuat (walau dikatakan kpd media kalau hal itu keptsn bersama). Tinggal keberanian Burhanudin ‘berkicau’ merdu mengungkap hal sebenarnya.

Di dunia pendidikan lobi memegang peranan luar biasa. Anda boleh mimpi jadi kepala sekolah misalnya, dilalui dg prestasi tanpa lobi (yg seringkali diiringi embel-embel amplop), terkecuali Anda di sekolah swasta. Kekuatan lobi pada akhirnya bermuara korupsi.

Saat Anda jadi kepala sekolah, godaan yg datang sangatlah luar biasa. Anda bisa buat proposal bantuan lewat Dinas terkait atau ke Pemda. Tanpa lobi, rasanya proposal yg diajukan akan jadi sia-sia. Proposal (rehab, ruang kelas, alat-alat dsb) akan bersaing dg proposal lainnya. Yg pintar lobi, loyal, rajin ngamplopi, dan sejenisnya akan dapat prioritas. Jadi kalau bantuannya ada Rp100 juta untuk membangun ruang baru, yakinlah, setidakya 25 juta sdh dibagi-bagi: untuk pihak dinas, pengawas, dan sisanya masuk ke kantong kepala sekolah (lihat cerpen saya ‘Kidung Sunyi Seorang Guru’).

Jadi kalau ada kepala sekolah yg rajin alias sering menerima bantuan, maka itulah kepala sekolah yg sukses melobi, dan boleh dicurigai karena biasanya juga sukses korupsi

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Februari 2008 in Diari

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: