RSS

Guru dan Novel Nyanyian Batanghari

19 Feb

 smpn-2-talun.jpg

Hari ini aku berangkat ke tempat kerja dalam suasana tidak jauh beda dengan hari kemarin. Mendung tebal walau tidak hujan atau gerimis.

Baru separuh perjalanan, motorku distop seorang bapak yg sudah tua.

“Mau ke Talun, Pak?” tanya pak tua.

“Iya, Pak,” jawabku.

“Kalau begitu Bapak harus melewati jalan lain, memutar. Jembatan di depan ambruk oleh banjir semalam,” terang pak tua.

Setelah mengucapkan terima kasih, arah motor pun segera kuubah. Rekanku, Pak Dulawi kudapatkan juga berputar arah saat mendapati jembatan ambruk.

Kulanjutkan perjalanan yg masih sekitar 12 km. Di perjalanan aku teringat novel yg ditulis temanku, Hary B Koriun. Nyanyian Batanghari, demikian judulnya.

Yang menarik, salah satu tokoh yg ditampilkan dalam novel itu berprofesi sebagai guru di sebuah desa terpencil. Kecintaan dan harapan yg dimilikinya membuat sang tokoh melakukan kerja ibadahnya dg penuh keikhlasan.

Gambaran yg diungkap Hary demikian bagus, meski kutahu Hary mungkin belum pernah melakukan tugas guru secara intens. Masa kecil Hary saat di pelosok Jambi-lah (Rimbo Bujang) yg membuatnya mampu melukiskan watak dan suasana sekolah desa dengan sempurna.

Benar, kalau aku bukan tokoh novel itu. Namun satu hal yg tak mungkin kupungkiri: aku senantiasa merasa berada dalam situasi seperti diceritakan Hary tersebut. Menjadi guru di pelosok desa di atas bukit.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Februari 2008 in Diari

 

Tag: ,

2 responses to “Guru dan Novel Nyanyian Batanghari

  1. arifin

    26 Maret 2009 at 19:01

    be semangat lah kmu bersekolah di smp n 2 talun.jgan lah kmu mbikin msalah kepada guru2 mu.beljar lah dgan baik.harus nya kita bgga kepeda guru2 kita yang tlah mendidik kita.di smp n 2 talun.yang ta mengenal lelah dan waktu.mungkin ini aj slam ku bwat adik2 ku di smp n 2 talun.slam bwat bpa kepala skolah.an guru2 baru.dan ta ketinggalan pula ama stp tu yang baik hati.oh ya pa bila ad yang taw bpa kepala sekolah yangh dulu nma nya pa mas.uetd.slam ya dari arifin.murid smp n 2 talun th llu.txhs smua.

     
  2. arifin

    26 Maret 2009 at 19:06

    slam smua…….hiiii adi2 ku di smp negri 2 talun.gi mna skarang keadaan di smp negri 2 talun.??wahh ger2 dah bnyak perkembangan,,,enak doong..heheeeeeeeee jadi pgiin skolahh lagi nii…slam ya bwat bu agus ya …dari arif murid terbaik bu aguss looo…..oo hahahaaaaaaaaaaa

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: