RSS

Daftar Kelulusan UKA Sertifikasi Guru 2012

23 Mar

Setelah beberapa lama menunggu, akhirnya hasil Uji Kompetensi Awal (UKA) Sertifikasi Guru Tahun 2012 diumumkan dan bisa dilihat mulai 22 Maret 2012. Pengumuman ini agak molor dari rencana semula, yakni tanggal 18 Maret 2012.

Dalam pernyataan resmi di Jakarta 19 Maret lalu, Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, jumlah peserta UKA yang dinyatakan lulus sejumlah 249.001 orang. Sedangkan kuota tetap PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) 2012 dipatok menampung lulusan UKA berjumlah 250 ribu kursi. Itu artinya, ada 999 kursi PLPG yang lowong.

Dari hasil akhir tersebut, memang menimbulkan kesan penentuan kelulusan UKA hanya didasarkan dari pemenuhan kuota PLPG. Sebab, hasil dari pemindaian lembar jawaban yang dibeber Jumat  (16/3) rata-rata hasil yang diperoleh peserta UKA jeblok. Dari nilai maksimal yang bisa diperoleh 100, rata-rata guru hanya mendapatkan nilai antara 30 sampai 50 di seluruh tingkatan.

Dengan kondisi seperti ini, ada beberapa guru yang memperoleh nilai jelek tetapi tetap lulus UKA dan berhak ikut PLPG. Selanjutnya, guru ini akan dilatih lalu diuji lagi untuk mendapatkan sertifikat guru professional. Dan juga tunjangan profesi pendidik (TPP).

Menurut Mendikbud Moh. Nuh,  banyak  pertimbangan dalam menentukan kelulusan UKA ini. Selain nilai dan kuota, juga dipertimbangkan soal sebaran guru. Dia menjelaskan, tidak mungkin yang diluluskan dalam UKA itu hanya guru-guru yang ada di perkotaan saja. Sebab, guru-guru di daerah terpencil juga perlu ikut PLPG untuk peningkatan profesi mereka.

Lebih jauh Nuh  mengatakan, yang terpenting dalam UKA  adalah soal pemetaan kompetensi guru. Dia juga mengatakan, bagi guru-guru atau pengawas yang belum lulus UKA tahun ini tidak boleh kecil hati. Sebab, mereka masih dapat kesempatan ikut UKA tahun depan. Selama satu tahun ke depan, guru-guru yang tidak lulus ini akan didampingi peningkatan kompetensinya. Diharapkan, mereka bisa lulus UKA tahun depan.

Adapun nilai rata-rata UKA guru TK hanya 58,87 dengan jumlah peserta 23.753 orang. Rata-rata nilai guru SD 36,86 (164.153 orang). Rata-rata nilai guru SMP 46,15 (51.238 orang). Rata-rata nilai guru SMA 51,35 (18.125 orang). Rata-rata nilai guru SMK 50,02 (15.105 orang). Rata-rata nilai guru SLB” 49,07 (2.446 orang). Dan nilai rata-rata kategori pengawas 32,58 (606 orang).

Nama-nama peserta yang lulus UKA dapat dilihat berikut ini pada daftar kelulusan UKA atau langsung ke alamat http://sergur.kemdiknas.go.id/prodik/.

Untuk membukanya silakan klik alamat di atas, lalu klik panah memilih provinsi, kabupaten, dan tingkatan sekolah.

About these ads
 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 23 Maret 2012 in Pendidkan

 

Tag: , ,

3 responses to “Daftar Kelulusan UKA Sertifikasi Guru 2012

  1. madebudarini

    26 Maret 2012 at 02:06

    Nasi telah jadi bubur tiga kali gagal. ……. Aduh jelek sajan nasibe puk !!!!!!!!

     
  2. Anonymous

    4 April 2012 at 12:10

    kalau bisa tolong di cantumkan nilai kami peserta UKA yg lulus, biar kami tahu kemampuan kami, agar kami membenahi diri mulai sekarang

     
  3. adelia

    16 April 2012 at 20:10

    bapa saya udah 29 tahun jadi guru, umur bapa saya udah 50 tahun, bapa saya bertugas di tempat yg cukup terpencil (SDN 2 pamotan,kecamatan kalipucang, kabupaten ciamis) tapi kemaren ikut UKA gagal dan itu dikarenakan data NUPTK yang salah,.
    katanya disamping nilai yang baik ada pertimbangan lain untuk bisa lulus UKA? pertanyaan saya, APAKAH BAPA SAYA TIDAK CUKUP UNTUK DIPERTIMBANGKAN?

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: