RSS

Bedah Kisi-kisi UN 2012 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia

23 Feb

Ujian Nasional (UN) tahun 2012 tinggal hitungan hari. Untuk SMP rencananya akan dilaksanakan 23-26 April 2012. Berbagai persiapan pun dilakukan oleh pihak sekolah, mulai dari tambahan jam, home visit, try out, dan sebagainya.

Pihak BSNP pun juga sudah mengeluarkan peraturan dan ketentuan terkait dengan UN 2012. Kisi-kisi mata pelajaran yang di-UN-kan pun juga sudah diberikan. Intinya, kesuksesan sebuah sekolah dalam kelulusan siswa sangat bergantung pada kesiapan sekolah itu sendiri.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia pun termasuk yang akan diujikan pada UN nanti sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Kisi-kisi pun juga sudah ada. Permasalahannya, sampai sejauh manakah kisi-kisi itu bisa lebih menukik pada soal yang akan ditanyakan nanti?

Kisi-kisi yang diberikan BSNP dirasa masih bersifat umum. Oleh karena itu kisi-kisi tersebut masih perlu dibedah. Misalnya untuk kisi-kisi pertama Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP: Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks. Kisi-kisi ini masih terasa luas, karena beberapa pertanyaan bisa dimunculkan, di antaranya meliputi ide pokok, kalimat utama, isi paragraf, pernyataan yang sesuai dengan paragraf, dan sebagainya. Nah, apakah soal yang akan keluar nanti?

Beberapa sekolah, kabupaten/kota memang sudah melakukan bedah kisi-kisi. Bedah kisi-kisi ini biasanya dilakukan oleh pembuat soal UN. Kisi-kisi lebih dipersempit, sehingga muncul soal/gambaran soal yang akan keluar nanti.

Dalam kesempatan ini, saya juga akan melakukan posting terkait dengan bedah kisi-kisi tersebut. Seperti apakah soal yang akan keluar nanti?

Adapun rincian kisi-kisi yang lebih detail bisa di klik BEDAH KISI-KISI UN 2012. Untuk soal sudah saya siapkan beberapa paket. Bila ingin menghendakinya, silakan download lewat alamat ini http://smp1sragi.wordpress.com

About these ads
 
14 Komentar

Ditulis oleh pada 23 Februari 2012 in Lain-lain, Pendidkan

 

Tag: , ,

14 responses to “Bedah Kisi-kisi UN 2012 SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia

  1. zaeydien

    5 Maret 2012 at 08:55

    mohon izin ikut copy soal try out, makasih banyak……..

     
  2. Mustofa

    16 Maret 2012 at 13:00

    slam kenal pak….tlong posting bedah kisi-kisi pelajaran SD jg….

     
  3. nopha kartika

    29 Maret 2012 at 00:48

    tapi jangan yg susah susah ya solanya pakkk…. :)

     
  4. Anonymous

    9 April 2012 at 20:01

    ma’af sebelum nya PAK.,.,
    mohon/kirim ke saya juga dong pak.,.,.,.,
    MOHON pak.,.,.,
    makasih sebelumnya.,.,.,.,.,

     
  5. Anonymous

    16 April 2012 at 15:40

    DOOH KNP D PKETIN SH SBL QQQQ

     
  6. Frendi Lands

    17 April 2012 at 18:01

    yang mau ujian ati ati loh, setau ana bahasa indonesia tu paling susah, beneran

     
  7. dinda novika

    21 September 2012 at 12:19

    bismillah dengan berusaha dan berdoa insyallah akan lulus dengan hasil yg memuaskan.

     
    • Anonymous

      24 Januari 2013 at 10:02

      betul q setuju

       
  8. Wawan ladosa kepengen taubat

    3 Oktober 2012 at 03:00

    Assalamu alaikum wr wb pak… Minta donk kisikisi bhs indonesianya yang jelas.

     
  9. fakhrun

    31 Oktober 2012 at 16:56

    izin untuk menggunakan soalnya, terimakasih….

     
  10. sili

    18 November 2012 at 10:32

    yang jelas dong kisi-kisi’a

     
  11. arii

    28 November 2012 at 13:22

    aku minta kisi kisi soal b.indonesia smt 1 klz 8 smp

    makasiih….
    gbu..

     
  12. SNAIODFAKLHCIOSA

    14 Januari 2013 at 10:47

    sangat menarik

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: