RSS

Catatan Blog Seorang Sahabat

11 Jul

Membaca postingan di blog da Vizon, jujur saya akui, saya merasakan adanya sebuah kekuatan maha dahsyat yang membuat saya lena dalam sesaat. Tulisan yang meneduhkan dan membuat rindu. Lebih dari itu, ada satu hal yang membuat pengetahuan saya bertambah. Apalagi kalau bukan apa yang disampaikan da Vizon perihal kalimat yang berasal dari Nabi Muhammad SAW, yang dalam Islam disebut sebagai hadis nabi, yang berbunyi: “Ayah adalah Pintu Surga“.

Sengaja kalimat itu saya kopi paste di blog ini. Kalimat yang belum saya ketahui dan baru saya mengerti saat ini. Hadis nabi yang bisa saya rasakan, betapa relevannya dengan kehidupan yang saya alami.

Benar bila kalimat “Surga di bawah kaki ibu”, dan itu tidak terbantahkan. Tapi bila peran seorang ayah yang menjadikan anak-anak dan keluarganya menjadi lebih sempurna, sungguh kalimat/hadis itu benar adanya. Ayah adalah pembuka jalan. Ayah adalah penuntun dalam membuka pintu surga.

Adalah benar, bila dalam kitab Alquran kita diingatkan untuk menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari api neraka. Jadikan diri dan keluarga senantiasa berada di surga. Tidak hanya surga di akhirat, tetapi juga surga dunia. Bagaimanapun, peran seorang ayah pasti ikut mewarnai hari-hari yang dijalani. Ayah adalah penjaga pintu surga itu.
***

Saya mengenal uda Vizon sejak 2008. Awal-saya mulai mengenal blog di wordpress. Perjalanan waktu telah menjadikan saya begitu banyak mendalami sisi persahabatan dengan beliau. Banyak hal yang saya dapatkan, banyak hal yang saya terima dari beliau sebagai pelajaran berharga.

Oleh karena itu, saat mendapat undangan menulis tentang ayah dan keayahan di blog da Vizon (Surau Inyiak), saya menyambutnya dengan antusias. Lalu ketika tulisan-tulisan para sahabat mulai bermunculan sebagai atensi yang luar biasa kepada uda Vizon, berbagai hal pun kembali saya dapatkan sebagai pengetahuan. Banyak hal yang bisa saya dapatkan dari tulisan para sahabat, yang sebagian besar juga sudah saya kenal lama. Ada tulisan mbak Imel, dosen yang sekaligus guru saya belajar tentang negeri sakura. Ada Pak NH yang spiritualnya luar biasa. Ada Pak Sawali, sahabat blog yang intens menggawangi bahasa dan sastra Indonesia. Ada Daniel Mahendra, si Penganyam Kata yang luar biasa persahabatannya. Ada uni Hemma, dokter yang sibuknya luar biasa. Ada DV yang tulisannya lama saya baca, atau Pak Hendra sang dosen dari ITB. Belum lagi para komentator yang sebagian besar juga sudah banyak saya jumpai lewat tulisan-tulisannya di blog. Dan tentu saja yang teristimewa uda Vizon, yang hari ini berultah dan baralek gadang.

Selamat buat uda Vizon atas perhelatannya. Terima kasih atas persahabatnnya. Juga buat para blogger lain yang namanya tidak bisa saya tuliskan satu persatu pada kesempatan ini.

 
24 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Juli 2011 in Diari, Lain-lain

 

Tag: , , , ,

24 responses to “Catatan Blog Seorang Sahabat

  1. Ikkyu_san

    11 Juli 2011 at 05:28

    Ya Uda Zul, saya banyak belajar dari persahabatan dalam blog terutama 18 orang yang memeriahkan perhelatan yang diadakan Uda Vizon. Sebuah acara yang fantastis, dan bisa terlaksana justru karena Uda Vizon yang mendalanginya. Semoga silaturahmi ini akan bisa tetap terjaga ya Uda.

    EM

     
    • Zulmasri

      11 Juli 2011 at 05:33

      Terima kasih mbak Imel. Keterusterangan komentar mbak mengenai belajar agama dengan semangat toleransi begitu menggugah

       
  2. vizon

    11 Juli 2011 at 06:10

    Justru saya yang sangat berterima kasih Da Zul…
    Kesediaan Da Zul dan teman-teman blogger lainnya sungguh merupakan sebuah kehormatan bagi saya… Masih ingat bagaimana saya setiap saat “menagih” ke kawan-kawan. Jadi kayak minta “pe-er”, hehehe…
    Insya Allah Da Zul, silaturrahmi kita akan senantiasa terjalin dengan baik…
    Sekali lagi terima kasih ya.. :)

     
  3. DV

    11 Juli 2011 at 09:23

    Berarti saya nggak sendirian.. saya merasakan juga kekuatan itu!

     
    • Zulmasri

      12 Juli 2011 at 04:35

      Tulisan yang dibuat dengan hati, mas. Dahsyat

       
  4. Legy Masyhury

    11 Juli 2011 at 09:26

    Wew… barusan saya udah mampir ke blog nya mas, liat hedaer blognya aja keren banget..
    meskipun saya gak ngerti soal budaya minang, tapi tulisannya tetap bagus! :D

     
  5. nh18

    11 Juli 2011 at 09:55

    Mengikuti Baralek Gadang si Uda itu bagaikan reuni keluarga …
    Reuni blogger waktu pertama kali saya nge blog … hahaha …

    Yang jelas … memang banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil dari kegiatan ngeblog itu …
    kita bisa saling berbagi … bisa saling sharing informasi … atau as simple as … kita bisa menghadikan sebentuk senyum di wajah sahabat kita …

    This is the beauty of blogging …
    Inilah keindahan Nge Blog.

    Salam saya Uda Mas Zul

     
    • Zulmasri

      12 Juli 2011 at 04:38

      Pemahaman yang sangat pas Pak NH. Salam balik Pak.

       
  6. inotwp

    11 Juli 2011 at 21:44

    semoga mjd inspirasi bg blogger muda spt saya

     
  7. adib mahdy

    12 Juli 2011 at 10:09

    Smakin banyak teman,semakin panjang tali silahturahmi…

     
  8. edratna

    12 Juli 2011 at 11:23

    Ide Uda Vizon layak diacungi jempul….
    Ide tulisan dari para narablog..judul sama, namun isi tulisan sangat bervariasi, dilihat dari sudut pandang masing-masing.

    Saya juga merasakan hal yang sama, seperti dirasakan oleh Uda Zul..blog Uda Vizon sungguh menyejukkan, banyak ilmu yang saya peroleh..juga isi Hadis Nabi…bahwa “Ayah adalah Pintu Sorga..”Peran ayah sebagai keluarga sangat penting untuk membawa keluarganya ke arah kebaikan…..
    Di sisi lain, banyak resensi buku yang ditulis di blog Uda Vizon, yang merupakan acuan untuk saya beli jika saya ke toko buku.
    Sungguh senang berteman di dunia maya, walau jauh, bahkan nyaris tak pernah ketemu (dengan Uda Vizon ketemu sekali)…namun hati terasa dekat.

     
    • Zulmasri

      13 Juli 2011 at 05:38

      setuju bu enny. jauh dimata, dekat di hati….

       
  9. Majalah Masjid Kita

    12 Juli 2011 at 14:38

    wahh… kalau begitu Selamat dari saya juga deh buat uda Vizon atas perhelatannya..
    juga tuk mas nya yang sudah mereview beliau :)

     
  10. Muhammad Rifyal

    13 Juli 2011 at 09:46

    Salam kenal…
    Semoga Allah selalu menyatukan hati kita.

     
  11. Belajar Photoshop

    13 Juli 2011 at 10:44

    jadi ikutan mengerti relevannya “Ayah adalah Pintu Surga“ :( terimakasii mas sharingnya :)

     
  12. giewahyudi

    13 Juli 2011 at 13:10

    Uda vizon bisa merangkum semua kepahlawanan seorang ayah..
    Tapi saya cuma mengikuti..

     
  13. Rusa

    13 Juli 2011 at 18:06

    tentang ayah ya? hmmm
    oh ayahku….

     
  14. Anonymous

    13 Juli 2011 at 23:39

    saya juga menyukai gaya tulisan uda vizon, pak zul. mencerahkan, menyejukkan, dan yang pasti jauh dari kesan menggurui, meski saya tak sering2 meninggalkan jejak komentar di sana.

     
  15. Baju Tanah Abang

    11 Agustus 2011 at 15:44

    ehemmmm mau mampir ne,,,,salam kenal

     

Berikan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

