RSS

SKL (Kisi-kisi) Ujian Nasional 2010/2011 SMK

25 Nov

Beberapa waktu lalu saya sempat memposting SKL Ujian Nasional SMP versi Provinsi Jawa Tengah. SKL tersebut semacam prediksi awal dalam persiapan menyongsong Ujian Nasional 2011, dan dibuat oleh perwakilan guru yang ada di kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah.

Namun dua hari lalu, saya menerima informasi lain yang dibawa melalui MKKS Kota Pekalongan, yakni SKL (kisi-kisi) Ujian Nasional tahun 2010/2011. SKL kali ini bukan lagi dari Provinsi Jawa Tengah melainkan dalam lingkup nasional.

Hingga saat ini memang belum ada informasi resmi via web BSNP maupun Kemendiknas. Informasi SKL di bawah ini pun  juga belum dikeluarkan secara resmi melalui peraturan menteri (Permen). Hal ini hanya menunggu waktu yang besar kemungkinan tidak akan lama lagi.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMK

41. BAHASA INDONESIA SMK

NO. STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Memahami isi berbagai bentuk wacana nonsastra seperti berbagai teks bacaan dari media cetak, laporan, petunjuk kerja, aturan, otobiografi, biografi, grafik, matriks, bagan, diagram, denah, dan jadwal; dan bentuk wacana sastra seperti  prosa, puisi, dan drama, serta menanggapi isinya secara kritis. Menentukan unsur-unsur isi wacana.
Menentukan jenis laporan.
Menentukan isi petunjuk kerja.
Menentukan isi riwayat hidup/biografi.
Menentukan isi grafik/matriks.
Menentukan tanggapan terhadap isi paragraf.
Menentukan penggunaan berbagai jenis kata.
Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.
Menentukan perubahan makna kata.
Menentukan ungkapan/peribahasa dalam teks.
Menentukan unsur intrinsik puisi.
Menentukan unsur intrinsik cerpen/novel/drama.
Menentukan unsur ekstrinsik novel.
2.

 

Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat; membuat parafrasa;

menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.

Melengkapi kalimat rumpang.
Menentukan kalimat efektif.
Menentukan kalimat padu.
Melengkapi paragraf rumpang.
Menentukan penulisan kata sesuai EYD.
Menentukan jenis karangan.
Menentukan pola pengembangan paragraf.
Menentukan penulisan berbagai unsur proposal.
Menentukan penulisan bagian-bagian surat.
Menentukan penulisan jenis-jenis surat.
Menentukan penulisan unsur-unsur karya ilmiah.
Menentukan catatan isi rapat.
Menentukan bagian-bagian isi laporan.
Menentukan kalimat pengumuman.
Menentukan kalimat poster.


42. BAHASA INGGRIS SMK

NO. STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Mendengarkan

Memahami ungkapan-ungkapan instruksi-instruksi, percakapan dan monolog sederhana untuk kepentingan kehidupan, konteks profesional maupun pribadi pada tingkat novice, elementary maupun intermediate.

Picture
Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.
Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.
Menentukan pernyataan lisan tentang keadaan/situasi di suatu tempat/gedung/wilayah, sesuai dengan gambar.
Questions-Response
Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan saran/permohonan yang diberikan secara lisan.
Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan yang mendeskripsikan benda/perbandingan suatu benda secara lisan.
Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan yang mengungkapkan kejadian/peristiwa di koran/berita/kejadian yang dialami seseorang secara lisan.
Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan tentang arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang yang diberikan secara lisan.
Short Conversation
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang suatu kemungkinan/rencana yang diberikan secara lisan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang kegiatan sehari-hari/di waktu lampau/di waktu akan datang yang diberikan secara lisan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang yang diberikan secara lisan.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci tersurat/ informasi tersirat dari percakapan singkat tentang suatu perbandingan/pemilihan benda yang diberikan secara lisan.

 

Short Talk (Monolog)
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang proses pengerjaan/pembuatan suatu barang/prosedur melakukan sesuatu.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang pengalaman kerja/kegiatan atau aktivitas di sekolah/pusat bisnis.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan yang berbentuk pengumuman singkat/iklan.
2. Membaca

Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus, memo, menu sederhana, jadwal perjalanan, manual penggunaan peralatan, surat-surat bisnis dan dokumen-dokumen teknis sederhana pada tingkat novice, elementary maupun intermediate.

Incomplete Dialog
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan permohonan/pemberian saran.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penanganan tamu/percakapan di telepon/percakapan pribadi.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kejadian masa lampau/kejadian yang sedang berlangsung.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan undangan/pesan singkat.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perijinan/pemberitahuan.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan keluhan/meminta/memberi bantuan.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perintah/permohonan/saran.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan rencana/janji yang akan datang.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pengandaian/pilihan tindakan.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penyampaian rasa simpati/persetujuan.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan rutin/kegiatan masa lampau.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemesanan suatu barang/ jasa.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan suatu kemungkinan/ pendapat.
Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang berlangsung/suatu rencana.
Error Recognition
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan perbandingan benda/orang.
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan deskripsi benda/tempat.
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi/ permohonan.
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda.
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan yang berhubungan dengan pengandaian/membuat pilihan.
Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan penyampaian perasaan suka/simpati.
Reading Comprehension
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari surat bisnis/memo/pesan.
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari sebuah tabel/diagram/jadwal/grafik.
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari teks recount tentang pengalaman kerja/kejadian yang dialami.
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari sebuah teks procedure tentang mengerjakan sesuatu seperti manual/resep/petunjuk.
Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari teks iklan (advertisement) tentang sebuah produk/tempat/jasa.

43. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)

NO. STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalan bidang kejuruan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan untung rugi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat.
Menyederhanakan bentuk akar.
Menentukan nilai dari operasi bentuk logaritma.
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat. Menentukan gradien atau persamaan garis.
Menentukan titik potong, titik puncak, atau persamaan grafik fungsi kuadrat.
3. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear. Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
4. Menyelesaikan masalah program linear. Menentukan model matematika atau daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.
Menentukan nilai optimum fungsi objektif.
5. Menyelesaikan masalah matriks dan vektor serta menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menentukan hasil operasi pada matriks.
Menentukan unsur-unsur yang belum diketahui pada kesamaan dua matriks.
Menentukan hasil operasi pada vektor.
Menentukan besar sudut antara dua vektor.
6. Memahami konsep keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang serta menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling atau luas bangun datar.
Menentukan luas dan volume suatu bangun ruang.
7. Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor. Menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk.
Menentukan negasi dari pernyataan majemuk.
Menentukan konvers, invers, atau kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi.
Menarik kesimpulan dari dua premis.
8. Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah. Menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku menggunakan perbandingan trigonometri.
Menentukan koordinat kutub bila diketahui koordinat kartesius atau sebaliknya.
Menentukan nilai selisih dua sudut, bila diketahui perbandingan trigonometri sinus dan tangen.
9. Menyelesaikan masalah dengan konsep peluang. Menyelesaikan masalah menggunakan konsep permutasi atau kombinasi.
Menentukan peluang atau frekuensi harapan suatu kejadian.
10. Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah. Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram.
Menentukan cara/langkah untuk menentukan modus data berkelompok.
Menghitung mean dari data berkelompok.
Menentukan simpangan baku dari data tunggal.
Menentukan kuartil dari data berkelompok.
11. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam penyelesaian masalah. Menentukan nilai limit fungsi aljabar.
Menentukan turunan fungsi aljabar dalam bentuk

f(x) = .

12. Menggunakan konsep integral dalam penyelesaian masalah. Menentukan integral dari fungsi aljabar.
Menentukan luas daerah yang dibatasi dua kurva.
Menentukan volume benda putar.
13. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.


44.   MATEMATIKA SMK (KELOMPOK AKUNTANSI DAN PENJUALAN)

NO. STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Melakukan operasi hitung pada bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan.
Menyederhanakan pecahan bentuk akar.
2. Memahami konsep persamaan dan pertidaksamaan, program linier, serta dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier 2 variabel.
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
Menentukan sistem pertidaksamaan dari grafik daerah penyelesaian suatu permasalahan program linier.
Menentukan model matematika dari permasalahan program linier.
Menentukan nilai optimum fungsi objektif dari grafik daerah penyelesaian suatu permasalahan program linier.
3. Memahami operasi pada matriks. Menentukan hasil operasi matriks.
Menentukan invers matriks berordo 2 × 2.
4. Memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan. Menentukan ingkaran dari pernyataan majemuk yang mengandung pernyataan berkuantor.
Menentukan kesimpulan yang sah berdasarkan aturan penarikan kesimpulan (modus ponens, modus tollens, silogisme) dari dua buah premis yang diketahui.
5. Menyelesaikan masalah berkenaan dengan fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan. Menentukan salah satu unsur pada perhitungan keseimbangan pasar jika diketahui fungsi permintaan dan fungsi penawaran.
Menentukan titik potong, titik puncak grafik fungsi kuadrat.
6. Memahami konsep barisan dan deret. Menentukan rumus suku ke-n suatu barisan bilangan .
Menentukan salah satu unsur dalam suatu barisan atau deret aritmetika jika unsur-unsur lainnya diketahui.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika.
Menentukan salah satu unsur dari suatu barisan atau deret geometri jika unsur-unsur lainnya diketahui.
7. Memahami konsep keliling dan luas bangun datar. Menghitung keliling bangun datar jika diberikan gambar gabungan bangun datar.
Menghitung luas gabungan bangun datar jika diberikan gambar dan unsur-unsur yang berkaitan.
8. Memahami konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan masalah. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan permutasi atau kombinasi.
Menentukan peluang suatu kejadian.
9. Memahami pengolahan, penyajian, dan penafsiran data statistik. Membaca diagram lingkaran/ batang.
Menentukan nilai rata-rata sekelompok data, jika nilai rata-rata gabungan dan jumlah data gabungan diketahui.
Menentukan proses perhitungan modus dari data kelompok yang disajikan dalam distribusi frekuensi.
Menentukan simpangan baku/standar dari sekelompok data tunggal.
Menentukan nilai persentil dari data kelompok yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi.
Menentukan salah satu unsur pada perhitungan koefisien variasi jika unsur-unsur lainnya diketahui.
Menentukan salah satu unsur pada perhitungan angka baku jika unsur-unsur lainnya diketahui.
10. Menerapkan konsep matematika keuangan serta terampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang kejuruan. Menentukan salah satu unsur pada permasalahan bunga tunggal.
Menentukan nilai akhir/nilai tunai suatu modal dengan bantuan tabel bunga majemuk.
Menyelesaikan permasalahan nilai akhir/nilai tunai rente, jika unsur-unsur lainnya diketahui.
Menyelesaikan permasalahan nilai tunai rente kekal, jika unsur-unsur lainnya diketahui.
Menentukan salah satu unsur dari anuitas jika disajikan tabel rencana pelunasan pinjaman dengan sebagian data.
Menentukan besar angsuran pada suatu periode, jika suku bunga dan pinjaman anuitas diketahui.
Menentukan persentase penyusutan dengan metode garis lurus, jika unsur-unsur lainnya diketahui.
Menentukan beban penyusutan pada suatu periode dari suatu aktiva dengan metode satuan hasil produksi.


45. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN)

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real. Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan skala.
Menyelesaikan operasi hitung bilangan berpangkat.
Menentukan nilai suatu logaritma dengan menggunakan sifat-sifat logaritma.
Menyederhanakan operasi bilangan bentuk akar.
Menyederhanakan pecahan bentuk akar dengan cara merasionalkan penyebutnya.
2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matrik, dan program linear. Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
Menentukan himpunan penyelesaian suatu pertidaksamaan linear satu variabel.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kesamaan matriks.
Menentukan hasil operasi matriks.
Menentukan invers matriks berordo 2 x 2.
Menentukan daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear.
Menentukan model matematika suatu permasalahan program linear.
Menentukan nilai optimum suatu permasalahan program linear.
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar. Menentukan keliling dan luas bangun datar.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan keliling dan luas bangun datar.
4. Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah. Menentukan suku ke-n suatu deret aritmetika dan geometri.
Menentukan jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika dan geometri.
Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan deret aritmetika dan geometri.
Menentukan jumlah deret aritmetika dan geometri tak hingga.
5. Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah. Membaca diagram lingkaran atau batang.
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan hitung rata-rata data.
Menentukan rata-rata hitung dari data tunggal berbobot.
Menentukan ukuran pemusatan data berkelompok.
Menentukan rata-rata harmonis data.
Menentukan nilai desil dari data berkelompok.
Menentukan simpangan baku dari data tunggal.
Menentukan angka baku.
Menentukan koefisien variasi suatu data.
About these ads
 
119 Komentar

Posted by pada 25 November 2010 in Lain-lain

 

Tag:

119 responses to “SKL (Kisi-kisi) Ujian Nasional 2010/2011 SMK

  1. jumadi

    26 November 2010 at 09:34

    nice

    trims

     
  2. obinhut

    26 November 2010 at 16:30

    assalamualaikum…, di situs mana saya bisa dapatkan contoh kisi kisi soal UAN SMK 2010-2011 ? saya pake hape, jadi kalau bisa soal yang gak usah pake download segala, ok ?! trims..

    wass. Untuk sementara belum ada kisi-kisi di situs lain, jadi mau nggak mau ya melalui blog ini

     
  3. muhammad hanif

    27 November 2010 at 14:18

    makasih kang infonya…………..

    sama-sama ya.

     
    • Anonymous

      14 November 2011 at 09:45

      org mna

       
  4. I Ketut Widiastawa

    3 Desember 2010 at 10:36

    tulisan mengenai SKL cukup menarik

     
  5. I Ketut Widiastawa

    3 Desember 2010 at 10:37

    terima kasih atas infonya

    sama-sama

     
  6. M Mursyid PW

    5 Desember 2010 at 10:13

    UN sudah dekat gini, tapi belum juga POS-nya secara resmi diterbitkan. BSNP masih bingung kali.

    secara umum, inilah potret pendidikan kita pak, serba tak pasti

     
  7. Nur

    8 Desember 2010 at 11:42

    Pak,, ini kisi-kisi yang resmi,, sebelumnya saya juga download kisi-kisi tapi beda ,, saya jadi bingung mana yang bener ,,

    bila berbicara resmi maka itu artinya sama dengan menunggu adanya peraturan menteri (permen). Hingga kini mengenai Ujian Nasional pun secara resmi pemerintah belum menyatakan akan mengadakannya. Namun kita tetap harus bersiap kan? Pengalaman tahun-tahun sebelumnya seperti itu.
    Untuk skl yang saya upload dibawa oleh seorang teman. Saya juga nggak tahu mana yang benar, karena saya tidak punya pembanding dengan skl yang Ibu punya. Hanya saja, teman saya, guru SMP, pernah menanyakan ke tim pembuat soal tentang SKL Bahasa Indonesia ada yang berbeda, misalnya penulisan daftar pustaka. Tim pembuat soal itu membenarkan akan perubahan tersebut.

     
  8. kiki septi

    9 Desember 2010 at 17:28

    kalo kisi-kisi untuk kejuruannya kallo bisa dimuat juga .makasi .

     
  9. aguzpbg

    10 Desember 2010 at 09:21

    info bgus! SKL UN yang buat Pelajaran produktif TKJ kok gak ada?? mohon kalo ada info terbaru kirim email saya di agus.widiyanto@live.com
    terimakasih.. :)

     
  10. yustina sri rahayu

    12 Desember 2010 at 22:28

    maturnuwun

     
  11. Listiana

    16 Desember 2010 at 07:27

    Tulisannya bagus

     
  12. Sugeng Widodo

    16 Desember 2010 at 11:30

    assalamualaikum…….

    kalau boleh memberi saran……..
    tlong lebih di perinci lg tentang penjelasannya,
    karena…..
    masih ada sisi penjelasannya yang masih membingungkan

     
  13. Yusak Sugiato

    17 Desember 2010 at 08:05

    trimakasih atas budi baiknya, kalau banyak orang yang menggunakan internet sperti ini. majulah pendidikan kita, oke kami tunggu info lain

     
  14. Nurbaeti

    21 Desember 2010 at 12:58

    makasih infonya…

    izin share di fb ya.

     
  15. aeriants

    21 Desember 2010 at 20:02

    thanks infonya,,bagus

     
  16. widodo

    22 Desember 2010 at 12:40

    thank banget, walaupun belum ada kejelasan tentang skl, tapi minimal sebagai bahan referensi. Memang kalau kita lihat dari tahun ketahun skl tidak banyak berubah shg bagi teman2 yg blm dpt skl minimal pakai dahulu skl tahun sebelumnya sehingga persiapan bisa dimulai sejak dini.

     
  17. WAKA

    23 Desember 2010 at 10:33

    Kalau Standar atau POS UN tahun 2011 itu berapa? kalau mau download situsnya apa? Pleace

     
  18. julianto

    23 Desember 2010 at 13:23

    TERIMA KASIH atas info ini, minimal ada gambaran kedepan ttg UN. Kami tunggu info lebih lanjut.

     
  19. Lian rahmad

    24 Desember 2010 at 11:03

    Terimakasih atas infonya….

     
  20. Anonymous

    24 Desember 2010 at 23:10

    SKL UAN smk kejuruan otomotif thn 2010-2011 berapa……

     
  21. venus

    26 Desember 2010 at 08:56

    makasih bnyak infonya.
    kalo ada soal produktif akuntansi bisa tolong dikirim ke email saya ya nila.kumalalita@yahoo.com

    makasih :)

     
  22. julhan

    26 Desember 2010 at 13:07

    mksih y om…..
    mga kbaikan om dblz m allah….

     
  23. Dhyra

    26 Desember 2010 at 18:16

    klo skl buat prdktif tkj ada ga ??

     
  24. anan

    29 Desember 2010 at 13:01

    ass.wr.wb.

    thx ya om atas infonya……………

    saya sbg siswa kelas 3 sgt terbantu sekali…………

    wass………….

     
  25. elly

    30 Desember 2010 at 12:17

    Info om sangat bermanfaat. thanks.

     
  26. Anonymous

    30 Desember 2010 at 12:29

    Pertimbngn sangtlah penting,
    dng ini
    saya mempunyai bnyak pertimbng

     
  27. syaiful

    31 Desember 2010 at 09:20

    kalo bisa skl untuk produktifnya yang lengkap

     
  28. tya lenonk

    4 Januari 2011 at 08:40

    knpa contoh soal UN yg dicari gx ada…………??????????

     
  29. tyas lelly

    4 Januari 2011 at 08:41

    Soal ujiannya jangan susah2 donk,,,,,,,,mumeeeeeeeet?????????????????

     
  30. Ahmad Matika

    5 Januari 2011 at 18:48

    Prediksi UN 2011 bisa anda lihat di http://www.ahmadmatika.tk

     
  31. hevy

    9 Januari 2011 at 13:44

    maksih bwta pemerintah skrang dngan standart kelulusan ujian skrg..
    sngat memuaskan,,,

     
  32. mujiyonompdsmart@gmail.com

    10 Januari 2011 at 21:04

    OK n thanks bgt

     
  33. Anonymous

    12 Januari 2011 at 18:31

    kalao kisi kisi yang kejuruan (multimedia) tahun ini dah kluar blom ya????

     
  34. Meirlinda

    14 Januari 2011 at 09:23

    tlOng soal soal jgan susah biar kami bisa ngrjkn soal n kami smw bisa lulus 100%

    mksh…..
    : -)

     
  35. MULYANI JATSIAH ARAZI

    15 Januari 2011 at 12:46

    TERIMA KASIH ats infonya,tapi knpa harus ada PAI dalam UN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Apakah bsa ditiadakan PAI dalam UN???????????????

     
  36. tri tri

    16 Januari 2011 at 08:06

    trmksh bwt infonya… smg soal yg kluar di UN bsok ga jauh dr skl. bwt smua nya tetep smangat bljr

     
  37. M. jafar Munthe, S.Ag.

    16 Januari 2011 at 13:56

    Terimakasih kepada Pemerintah yang telah memberikan kesempatan kepada guru di sekolahuntuk turut memberikan andil dalam proseskelulusan siswa namun yang terpenting adalah bagaimana kedepan siswa lebih aktif dalam belajar yaitu pemanfaatan media pembelajaran yang belum tersdeia di sekolah 2 apalagi di daerah2 terpencil.

     
  38. Dina

    16 Januari 2011 at 23:40

    Trimakasii inf0nya.
    Kami m0h0n,soalnya jgn sulit kali.
    Dan diharapkan,jgn sampai slh koreksi atau jgn smpai jd ksalahan trhadap jawaban yg kami jwb nantinya.
    Agar kami anak bangsa ind0nesia bisa luluz 100%

     
  39. husni ramdhani

    17 Januari 2011 at 06:14

    tulisan anda cukup bagus..karena sangat membantu dalam persiaan menghadapi ujian nasional..
    tp permasalhannya..apakah ini benar dan bisa d pertanggung jawabkan???/

     
  40. Resha yuniar

    18 Januari 2011 at 09:30

    emmm ,,,,kalo bisa secepatnya kisi-kisi buat kejuruan akuntansi segera di munculkan ,,,,thank’s

     
  41. Rena Tri Septiani

    19 Januari 2011 at 11:25

    mkasih yaa, info.nya
    dan brharap smoga smua klas XII lulus 100%..
    aminnn

     
  42. robin

    19 Januari 2011 at 20:48

    Ya, kl ada kunci jawabnya dishare jg ya,…
    hem,…..

     
  43. JUNI AISHITERU

    21 Januari 2011 at 08:14

    mana k2 g’ bsa di download ceeeeeeeeeee

     
  44. dewi

    21 Januari 2011 at 08:19

    hmmmmmm…….

    ada soal hrus.y ada jg jwban.y donkk,

     
  45. lyan

    23 Januari 2011 at 18:34

    oke boz.tapi penjelasannya kuran terperinci tuhhh???

     
  46. ryfan

    25 Januari 2011 at 10:10

    bner tu… ad soal jg hrz ad jwb nya ??????????

     
  47. david

    25 Januari 2011 at 19:43

    minta SKL teori kejuruannya donk……..

    penting x…….

     
  48. Syahrul Hidayat

    27 Januari 2011 at 20:37

    Maf pak Klo kisi-kisi buat mata pelajaran
    Pendidikan Agama Islam SMA ada ngak ya?

    wah, maaf, tidak ada

     
  49. hasim jodrak

    29 Januari 2011 at 12:31

    klo cu5 soal rsa’na kurang lengkp tnpa jwbn…………….????

     
  50. Nurma gemini

    29 Januari 2011 at 15:36

    Ya trmakzh atas kisi-kisinya.tapi kurang lengkap..sy mw lhat slngkpnya kisi2 mta plajaran yg akn d’UN kn th 2011.agar z bza mmplajari smuanya.wass.

     
  51. Nurma gemini

    29 Januari 2011 at 15:42

    Iya juga bnar. .soalnya di perlihatkn scra terperinci bsrta jwbnx y.N bwt ank SMK smuax. .serius blajar.jgn trlalu tgang. .hdapi dg tnang.0k,.

     
  52. hidayah

    29 Januari 2011 at 17:56

    mo tnya nie klo mo cri prediksi soal ujian smk nma situsnya pa yach……………….??????????????

     
  53. abonksl4nk@yahoo.co.id

    30 Januari 2011 at 01:33

    kisi2 teori kejuruan TKR donk pak Teknik Kendaraan Ringan

     
  54. arron javelin

    31 Januari 2011 at 10:26

    baguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuus

     
  55. ekha

    31 Januari 2011 at 16:19

    smoga dengan SKL 2011 in aku biza lulus dengan nilai yang terbaik,,,,,,,

    amiend

     
  56. deta

    31 Januari 2011 at 18:26

    thankss uda kasihh kisi” nyaa
    moga ni bermanfaat bagi kita semua amin

     
  57. ARIEF HIDAYAT

    1 Februari 2011 at 09:52

    alhamdulillaaaaahh, jaman sekarang gampang tuk mendapatkan seperti ini,, gmana jaman nenek moyang kita dul;u yawh.. hahahah…
    `KISI-KISI SMK PERTANIAN SUSAH DIBUKA PAK`

     
  58. Ekka

    1 Februari 2011 at 21:52

    Askum. .Kalo’ biza seCepat’y kisi2 un akuntansi… Mlahan l0x ada di sertai dgn soal2 prediksi’y sekalian. . . Syukron

     
  59. aries

    3 Februari 2011 at 10:34

    moga UAN tahun ini tidak ruwet ya….harapan kami…

     
  60. evasetyataufan@yahoo.co.id

    7 Februari 2011 at 17:29

    kisi2 ujian sekarang kurang lengkap.beserta contoh2 soal

     
  61. saif

    8 Februari 2011 at 00:49

    LULUS UJIAN 2011, rekan-rekan ini kesempatan LANGKA kunjungi segera : http://www.lulusujian.blogspot.com/

     
  62. saif

    8 Februari 2011 at 00:51

    LULUS UJIAN 2011, rekan-rekan kunjungi segera : http://www.lulusujian.blogspot.com/
    KESEMPATAN LANGKA..!!

     
  63. Anonymous

    8 Februari 2011 at 19:10

    apa ada kisi2 soal produktif elektro,

     
  64. swing.dudul

    9 Februari 2011 at 13:48

    pak. saya minta tolong di emailkan kisi2 agribisnis tanaman pangan dan hortikultura dengan agribisnis tanaman perkebunan ya..ke email saya : swing.dudul@yahoo.com makasi ya pak

     
  65. bunartiyani

    9 Februari 2011 at 14:30

    kalo mo cr skl smk grafika dmn? sekalian prediksi soal2nya.

     
  66. ady

    9 Februari 2011 at 17:31

    og g atdha teori produktifny.

     
  67. sy bnci lo ad'y UN yg bs bat ank" ktaktan n mgagap UN itu monster dlm sklh

    15 Februari 2011 at 10:57

    UN yg stia thn bkin ank”/pljr ktkutan
    lo bs UN jgn di persulit donk

     
  68. andi

    15 Februari 2011 at 13:03

    bpk pemernth kami selaku pelajar mewakili siswa bhwa UN skarang sangat membratka ini akan memberi damdak yg sngat mendalam kalau msalnya kita gagal cba difikir kembali. terima kasih

     
  69. ummu

    17 Februari 2011 at 15:05

    tlg krimkan k alamat email sy, dimana sy bisa dapatkan soal kisi-kisi UASBN untuk SMK PERTANIAN khusus tentang pengolahan pangan, terimakasih ini alamat email sy,,,

    aufklarung2106@yahoo.co.id

     
  70. galang yusuf maulana

    18 Februari 2011 at 17:17

    minta info tentang SKL bahasa indonesia SMA juruan bahasa an sastra indonesia….! thank’s!

     
  71. aiia

    19 Februari 2011 at 14:17

    klo ad perubahan dlam ujian jgn langsung drastis dunk…….msag dari paket soal 2 mjd 5….plg gag klo brtambah soal thu 1 ato 2 gitu……. nie brtambah’a terlalu banyak……..ksihan anak” yang mgikuti ujian th nie,……..

     
  72. chepty

    22 Februari 2011 at 18:44

    kalo matematika jurusan akuntansi kisi-kisi’a ap

     
  73. andi amrullah maulana

    22 Februari 2011 at 19:01

    btul tuh…….bagi kisi2 nya donk kak klo perlu sma bocoranx dkit aja soalx gw bru nyesel gk prnh ke skolah ngebolos mulu….pleas kak tolong ksih bocoranx……..trims

     
  74. mentari

    23 Februari 2011 at 17:14

    contoh soal bgmna tiap kisi2?

     
  75. Andi Amrullah Maulana

    23 Februari 2011 at 17:15

    Tlong Ksih Bocoranx Kak…..Soalnya Klo Mata Pelajaran Matematika Gw gk tw sma skli…Pleas………
    TRIMSSS

     
  76. Pak Luluk

    24 Februari 2011 at 08:42

    iya ya pakel soal UN dari A dan B jadi A, B , C, D dan E apa gak jadi mumet ya Pengawasnya, Panitianya? Apalagi “sing melu UN” mesthi mumet tenaaaaand

     
  77. seno

    1 Maret 2011 at 11:51

    SKL NYA bagus….tolong ditambahi dengan KISI KISI SOAL BAHASA INGGRIS YA…..untuk SMK Kls 10, 11, 12.

     
  78. Miea

    1 Maret 2011 at 15:42

    emng dah psti eaa paket UN toe jd 5…

    Jdi lmyan tegang uga lh dibuat’a

     
  79. cip seret

    2 Maret 2011 at 12:13

    kenapa soal UN hrus pakai 5 paket soal

     
  80. ayass

    6 Maret 2011 at 19:26

    aslm,
    pak saya juga mau kisi-kisi skl kejuruan RPL ada nggak?
    klo ada kirim ke email ya yayas.doraemon214@yahoo.com

     
  81. rya arsyta

    11 Maret 2011 at 13:33

    thanx to inFoNya……..” this ‘s important

     
  82. mochamad iqbal

    11 Maret 2011 at 22:10

    thanks bgt atas informasinya semoga UN tahun ini lebih sukses dari pada tahun-tahun sebelumnya………..amin

     
  83. duloy

    12 Maret 2011 at 13:22

    tolong dong bahas kisi-kisi soal ujian teori produktif,khususya otomotif.thank

     
  84. Anonymous

    12 Maret 2011 at 14:45

    apa bnr ujian soalx ada 5 paket

     
  85. Kimdumps

    13 Maret 2011 at 16:07

    Kalau SKL yang untuk teori kejuruan otomotif ada ga gan?

     
  86. deuii

    13 Maret 2011 at 19:00

    bapak saya selaku pelajar meminta tlong ujian dihampuskan

     
  87. deuii

    13 Maret 2011 at 19:02

    kenapa seh di persulit pak ujianya ……

     
  88. deuii

    13 Maret 2011 at 19:04

    menurut saya ujiann itu gag adillll kenapa?masag saya sekolah beberapa tahun kog cuma di tentukan oleh selembar kertasss?

     
  89. yosi

    14 Maret 2011 at 09:08

    kok gak ada kisi-kisi kejuruan

     
  90. hajaratul aswad

    14 Maret 2011 at 21:49

    dulunya sy pusing sekali memikirkan masalah ujin nasional tp kemarin kemarin sy dengar info tahun 2011 ini guru yg menentukan kelulusan ,, dan akhirnya sy merasa tenang memikirkanya . tp setelah sy bertaya langsung ma guru teryata msi, pusat yg menentukan ,,malahan jd 5 paket dalam satu ruangan

    mungkinkah itu bs kt lewti…..?

     
  91. Ady

    26 Maret 2011 at 19:04

    ngak bisa di download ya gan..??

     
  92. Ricky

    5 April 2011 at 08:57

    Berapa Peket Sihhh Ujian Nasional Tahun Ini,.,. Benar A-B-C-D-E gak,..????

    Apa sama Kaya Tahun Sebelumnya Yang Cuma 2 Paket yaitu A-B,.,.??????

    Tolong Di Jawab…….

    5 paket:A, B, C, D, E

     
  93. yuni

    9 April 2011 at 17:07

    matur nuwun….

     
  94. Robin

    10 April 2011 at 07:12

    aku jawab, iya betul itu rencana ada 5 paket, dan paket kita ada di soal tersebut,, jadi di UAN nanti kita harus fokus dengan usaha kita sendiri gt, saat ini aku juga mash klz 3 dan kita berdo’a moga2 kita semua lulus,…….
    “berdo’alah kepada Allah niscaya, Allah akan mengabilkuan permintaan kita denga syarat, kita beriman kepadanya , bertaqwa dan banya beramal shaleh,…….
    insyallah itu kunci nya,………
    salam kenal dari aku,
    info sahabat bisa sms aku di, 085725526453,..
    yup, semangat,……

     
  95. api

    10 April 2011 at 12:58

    knapa sich hrus 5 paket,,pda hal 2 paket aja udh banyak yang gk lulus..??????

     
  96. vhiie

    11 April 2011 at 12:28

    g mna neh
    bener2 harus dpt.i nilai murni ya UN tahun ini ? ?
    Tolg d bls

     
  97. putry

    12 April 2011 at 16:26

    apa gak terlalu rumit metode ni diterapkan ???? 2 pakek az masih banyak yg g bsa jawab nya ……. tambah in 5 pakek
    ????

     
  98. sendy

    14 April 2011 at 09:02

    saya sangat berharap bisa lulus 100% UN…

    SMK pasti Bisa!!!!!!

     
  99. Riri Nova triginay

    14 April 2011 at 14:48

    Tolong donk kasih taw kisi-kisi soal nya ..
    Yang bener nyata wat qu pelajari . .
    Wat antisipasi zaaaaaaaaaaaah ..

     
  100. hendri

    17 April 2011 at 16:55

    trima kasih atas kisi” nyah..

     
  101. Terima kasih

    8 Juni 2011 at 20:48

    Terimah kasih atas motifasinya

     
  102. Anonymous

    4 Oktober 2011 at 19:46

    mdhn thn dpn qt ktemu lg ma un ya…

     
  103. fauzi

    14 Oktober 2011 at 07:55

    terimkasih banyak atas isi infoxaaa…

     
  104. _FrzK M N_

    26 Oktober 2011 at 09:52

    UAN Jangan susa” bkin otak pecah wkwkwk :D

    SMK LULUS 100 % BECAUSE OF YOU :)

     
  105. Anonymous

    28 Oktober 2011 at 14:06

    makcihhhhhhhh ataz info na……….

     
  106. Anonymous

    10 November 2011 at 20:35

    waduuhhh deg”n bnget nich ujian cbentar lgi….
    cpa yg mw jdi tmen q tuk konsultasi mclah UN,
    add ja huda mamamia..okreeee

     
  107. Figlia Minore

    26 November 2011 at 14:49

    AKU SUKA

     
  108. Anonymous

    15 Januari 2012 at 15:53

    bisa dijelasin ga tentang menentukan jenis laporan?

     
  109. nir

    16 Januari 2012 at 12:11

    minta dong SKL produktif untuk SMK ????

     
  110. madzkur

    19 Januari 2012 at 21:40

    thanks bgt pak

     
  111. syahril ayumi

    18 Maret 2012 at 23:13

    makasih,, ataz info nya,, mdah2han bisa brmnfaat,,,, :)

     
  112. Anonymous

    2 April 2012 at 10:12

    Ada Pembahasan materinya ngga Kang, Saya Kurang Menangkap pelajaran Yang disampaikan Oleh Guru?

     
  113. riyandi

    4 Februari 2013 at 07:01

    mkasih infonya

     
  114. Hakim

    4 November 2013 at 22:17

    moga bisa ngrjkan dngan bnar,.dan mudah amien…,.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: