RSS

BEDAH SKL: MERANCANG KEMUNGKINAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP

12 Mar

Tanggal 9 dan 10 Maret 2009 lalu tak kurang dari 640 orang guru yang mengajar di SMP, MTs, SMA, MA, dan SMK mengikuti kegiatan pembekalan Ujian Nasional di Kabupaten Pekalongan. Acara yang digagas oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan itu merupakan kelanjutan program yang dicanangkan Gubernur Jawa Tengah, sebagai wujud keprihatinan dan kepedulian pemerintah provinsi akan kualitas hasil ujian nasional di provinsi Jawa Tengah.

Di Kabupaten Pekalongan acara tersebut dipusatkan di Islamic Center dan SMP 1 Kedungwuni. Bertindak sebagai narasumber tim LPMP DKI Jakarta dan dari Puspendik.

Acara yang kabarnya menelan biaya Rp375.000.000,00 itu bisa dikatakan jauh dari harapan. Pihak Dinas Pendidikan sendiri sebagai panitia tidak bekerja maksimal. Semestinya bantuan tersebut bisa dikelola oleh MGMP 4 mata pelajaran, dalam kenyataan tak lebih daripada “bagi-bagi rezeki nomplok”. Alhasil, para peserta pun pulang ke rumah dengan beragam kekecewaan.

Salah seorang pengurus MGMP mata pelajaran malah mengatakan, bahwa sebenarnya dari provinsi sudah dirancang bahwa acara tersebut akan dikelola oleh MGMP. “Beberapa guru sudah dilatih sebagai tutor. Mereka mendapat latihan di beberapa kota seperti Semarang dan Bandung. Tapi dengan model acara yang dibuat Dinas Pendidikan, semua menjadi tak berarti,” ujar salah seorang pengurus MGMP.

“MKKS sudah dua kali mengundang tim dari Jakarta. Hasilnya, kualitas UN di kabupaten Pekalongan tetap terpuruk. Namun anehnya, tahun ini tim itu kembali diundang,” komentar peserta lain.

Ketidakmaksimalan kegiatan Pelatihan UN itu juga terlihat pada menu makanan yang dihidangkan. “Makanannya sudah basi. Sebagai guru, kita diperlakukan seperti itik saja,” komentar beberapa peserta.

Banyak hal yang tidak maksimal dari kegiatan tersebut. Malah ada pembicara yang minta tolong pada peserta untuk dicarikan minum, karena panitia tidak kelihatan batang hidungnya. Benar-benar pekerjaan yang jauh dari profesional.

Bedah SKL
Selain banyaknya kekurangan dan ketidakpuasan peserta, ada beberapa hal yang baru. Bedah SKL misalnya, yang diarahkan pada kemungkinan soal yang akan keluar. Dengan demikian, guru bisa menyampaikan kemungkinan soal UN yang akan keluar nantinya.

Berikut ini, saya kopikan salah satu hasil bedah SKL Bahasa Indonesia SMP/MTs, hasil olahan Ibu Mahanik (narasumber). Bagi Bapak/Ibu guru dan para siswa nantinya bisa lebih memperdalam dengan latihan soal-soal yang ada.

Bedah SKL Bahasa Indonesia ini sebagaimana Permen 78 terdiri dari SKL Membaca dan Menulis. Selamat membedah, memperdalam dan berlatih. Semoga sukses.

Bedah SKL Bahasa Indonesia SMP/MTs
Membaca
1. Menentukan isi dan bagian suatu paragraf, dengan kemungkinan soal adalah
– gagasan utama (ide pokok)
– isi paragraf
– simpulan paragraf
– letak kalimat utama
2. Menentukan kritik terhadap isi bacaan
– menentukan kritik yang tepat
– menentukan tanggapan
3. Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
– kesamaan informasi
– isi berita
– perbedaan cara penyajian
– kalimat pertanyaan sesuai pokok berita
4. Menentukan kalimat fakta/ pendapat
– kalimat berupa fakta
– kalimat opini/pendapat
5. Menyimpulkan isi paragraf
– menjawab pertanyaan
– simpulan isi tajuk
6. Menentukan isi tajuk
– gagasan utama (bisa berupa kalimat, tdk harus frase)
– keberpihakan penulis
– kalimat berisi fakta/pendapat
– simpulan
7. Menentukan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
– arah yang mudah ditempuh
– letak lokasi tertentu
– menentukan pernyataan yang sesuai/tdk sesuai
– paragraf yang merupakan ringkasan tabel/grafik
– menyimpulkan isi
– menentukan pertanyaan atau pernyataan
8. Menentukan unsur intrinsik puisi
– tema puisi
– amanat puisi
– citraan
– suasana puisi
– isi puisi
9. Menentukan unsur intrinsik cerpen
– bukti watak tokoh
– bukti tokoh, penokohan
– bukti latar
– tahapan alur (pengenalan, permasalahan, klimaks, antiklimaks, peleraian/ penyelesaian)
– konflik (bukan jenis konflik)
– penyebab konflik
– sudut pandang
– amanat
– nilai kehidupan (moral, agama, budaya)
10. Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
– perbedaan watak tokoh
– perbedaan karakter (bahasanya, sudut pandang, penokohan)
11. Menentukan unsur intrinsik drama
– tema
– amanat
– alur
– penokohan (cara pengarang mengungkap watak: dialog langsung, tingkah laku tokoh, tanggapan tokoh lain)
– watak tokoh (baik, buruk, penyayang, dll)
– konflik
– suasana

Menulis
1. Menulis catatan pengalaman pada buku harian
– menulis buku harian berdasarkan ilustrasi
2. Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks
– pengirim
– penerima pesan
– bahasa memo (padat, singkat)
3. Menulis/menentukan paragraf laporan
– urutan laporan dari kalimat acak
-melengkapi laporan
– memperbaiki kalimat laporan
– laporan berdasarkan ilustrasi
4. Menulis/melengkapi surat pribadi
– menulis surat pribadi sesuai ilustrasi, bahasanya akrab
– melengkapi surat pribadi yang rumpang (pembuka, isi, penutup, alamat surat, dll)
5. Menulis/melengkapi surat resmi
– menulis surat pribadi sesuai ilustrasi
– melengkapi surat pribadi yang rumpang
– balasan surat resmi
6. Menulis/menentukan rangkuman
– rangkuman (ditentukan melalui ide pokok dan harus berurutan sesuai dengan wacana. Untuk ikhtisar/simpulan bisa tidak urut)
7. Menulis/menentukan slogan
– sesuai ilustrasi: ada tujuan (tersirat), imbauan, singkat, padat, menarik
8. Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
– melengkapi petunjuk
– urutan petunjuk
– memperbaiki kalimat petunjuk yang tidak efektif
9. Menulis/melengkapi kalimat pidato
– menulis pidato berdasarkan ilustrasi
– melengkapi bagian pidato (pembuka, isi, penutup)
Pembuka: syukur, terima kasih
Penutup: motivasi, simpulannya
10. Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
– latar belakang: kesenjangan antara harapan dan kenyataan
– permasalahan: kalimat tanya
– kesimpulan (saran dan pendapat)
Bisa juga disajikan latar belakang disuruh menentukan permasalahan, dari tema disuruh menentukan permasalahan, dari permasalahan disuruh menentukan latar belakang, atau dari tema disuruh menentukan permasalahan
11. Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
– ketepatan ejaan
– ketepatan tanda baca
– diksi
– ketepatan kalimat
12. Menulis/ melengkapi pantun
– melengkapi pantun dari ilustrasi
– melengkapi sampiran dari isi
– melengkapi isi dari sampiran
– berbalas pantun
13. Menulis/ melengkapi puisi
– kalimat figuratif (bermajas)
– kata bersajak
– diksi
– menulis puisi berdasarkan ilustrasi
15. Menulis/ melengkapi drama
– melengkapi naskah drama berdasarkan ilustrasi
– perbaikan penulisan petunjuk laku
– melengkapi dialog

About these ads
 
23 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Maret 2009 in Tak Berkategori

 

Tag:

23 responses to “BEDAH SKL: MERANCANG KEMUNGKINAN SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP

  1. marsudiyanto

    12 Maret 2009 at 18:23

    Istilahnya kok ngeri ya Mas.
    Knapa dulu kok mesti pakai kata “BEDAH”
    Bukankah masih banyak kata lain yang lebih nyaman dan familiar di telinga kita?.
    Saya juga guru, saya juga berkali2 lakukan Bedah SKL, tapi berkali2 pula saya terganggu dengan istilah bedah.
    Sukses buat Mas Zul.
    Saya Guru Matematika SMA 1 Kendal, sekota dengan Pak Sawali ug mungkin sudah Anda kenal.

    …> He he. Bahasa hiperbolis Pak. Nggak ada yang salah kan?

     
  2. marshmallow

    14 Maret 2009 at 15:35

    pakabar, da zul?
    sudah lama tidak bersapa.
    semoga semua pekerjaan lancar dan da zul serta keluarga sehat walafiat.

    …> kabar baik uni. maaf, lama nggak saling sapa, meski amat rindu dengan semua

     
  3. eko

    18 Maret 2009 at 20:42

    aduh pak………………….. muridnya pada tenang-tenang aja. DI kasih bimbingan UN nggak pernah datang, & ngeblong, ee…………………. guru, pada ribut, bingung,& susah semua ………………….. Apalagi kepala sekolahnya takut nggak lulus banyak, takut kinerjanya jelek
    kacian deh luuuuuuuuu !!!!

     
  4. Ighowati

    21 Maret 2009 at 09:46

    Kok melaske temen Pak Guru?

     
  5. Albertus Medianto

    29 Maret 2009 at 07:15

    Trimakasih buat SKLnya semoga bisa berguna

     
  6. Riska

    3 April 2009 at 17:01

    menentukan isi dari pesan singkat sesuai konteks itu apa sich?
    N contohnya bagaimana?
    plisss donk kirim ke e-mailQ cz pnting bgt nih,,,,
    tugas dari guru…….
    plizzzzzzzzzzzz

     
  7. SUGI

    8 April 2009 at 11:28

    PAK NANTI UN TGL 27 JGAN SUSAH2 NTAR SAYA BISA STRES OK

     
  8. sugali

    8 April 2009 at 11:39

    Walaupun udah dibedah SKLnya,ditambah jam belajarnya tapi kalau anak-anak masih belum aware…sama juga dengan bo’ong …..capek deh….!!!! puziiiiinkkk.

     
  9. I Shed T h i r t y P o u n d s in Under a Month

    7 Mei 2009 at 05:16

    Hi, cool post. I have been wondering about this topic,so thanks for posting. I’ll probably be subscribing to your site. Keep up great writing

     
  10. Stop Dreaming Start Action

    29 Juni 2009 at 19:10

    thx infonya

     
  11. ELMA

    13 November 2009 at 09:21

    KALAU MEMBUAT SUDAH BAGUS THANKYU

     
  12. bawariang

    1 Desember 2009 at 12:12

    kapan nulis bahan jar tuk SMP ? aq tunggu rang pasisia………!!!!!!!!!!!11

     
  13. thYia

    29 Januari 2010 at 21:54

    wAaAaAaAHhhhhh………….

    byK bGt yG hRz di PelajRi……,,,,,,,,,,

    g’ kaSian aMa yG BUAT soaL?????

     
  14. musinah

    31 Januari 2010 at 12:03

    waduh, nasib guru dki baru merasa lega dikit da dapat serangan stres balik dg tkd yag tdk propososional dibanding dg fungsional di lapangan pengambil ke bijakan coba jangan cari data sample mending cari data dari arus bawah spya sma2 enak

     
  15. listyana

    5 Februari 2010 at 10:16

    wouduuh harus belaajar rajin,!!!!!

     
  16. Medilla

    14 Februari 2010 at 19:36

    Aduh, banyak sekali bahan buat ujian nanti..
    mana tinggal bentar lagii..
    jdi tdak pede untuk hadapi mas..

    klo mau cari yang teknik-teknik mata pelajaran lain di mna ya?? tolong kirim donk di email ku lmedilla@yahoo.com..
    makasih..

     
  17. Nining

    25 Maret 2010 at 21:08

    senangnye bisa berjumpe dengan Blog ini..
    betul… betul…. betul….
    hehehe ipin upin mode-on

     
  18. ade

    15 Agustus 2010 at 05:17

    kl Un tetap jd standar kelulusan kt jd terlalu bingung gmn supaya anak lulus .akhirnya dgn berbagai cara br lls mrk. jd anak tak peduli lg tuk belajar karena asumsi mereka bakalan dibritahu jd gmn msh dilanjuti?????????????????????

     
  19. nandha

    5 Januari 2011 at 08:10

    skl tntang IPA & MAtematika kok gag ada ???

     
  20. Udin

    31 Januari 2011 at 17:16

    Soale lkok susah gitu toh. . .q lak.yo pie ra ngrti. .

     
  21. Umi

    31 Januari 2011 at 17:20

    Mkch da di beri tw sklnx q n m0ga2 smua tmn2 d klz q lu2z smw. . .

     
  22. Umi fatmah

    2 Februari 2011 at 16:26

    Mkch za wt sklnx m0ga2 brguna n tlong bwt smw jangn lp bljr yg rjin z cz Un sdh dkt trutama bwt tmen2 q d jmbng.

     
  23. rodiyatus

    31 Januari 2012 at 17:05

    waooooow banyak juga ! tambah prediksi soal UN nya dong !

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: