RSS

Kata Baku Bahasa Indonesia

27 Sep

Ada beberapa pertanyaan pembaca lewat email yang diajukan kepada saya berkaitan dengan penggunaan kata baku dan kata tidak baku dalam Bahasa Indonesia. Mereka merasa kesulitan saat berhadapan dengan kata-kata tertentu. Untuk kata aktif dan aktivitas, misalnya, manakah yang baku bila dibandingkan dengan kata aktiv, aktip, dan aktifitas. Mengapa kata aktif tidak lantas berubah menjadi aktifitas dan justru yang bakunya aktivitas?

Barangkali melihat kasus di atas kita bisa mencari jawabannya dengan melacak asal-usul kata yang bersangkutan. Dalam hal ini, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa jauh-jauh hari sudah mengeluarkan berbagai pedoman. Khusus untuk kata aktif dan aktivitas di atas bisa dilihat pada pedoman pengindonesiaan istilah asing.

Dalam berbagai penulisan, sering kita temukan juga penulisan kata ijin, Pebruari, shalat, analisa, dan sebagainya. Kata-kata tersebut jelas tidak baku. Seharusnya kata-kata tersebut ditulis izin, Februari, salat, dan analisis.

Rambu-rambu penulisan kata baku sangat mudah kita dapatkan. Yang paling gampang adalah dengan melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Selain itu, penulisan kata baku juga bisa kita jumpai pada situs http://www.pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi. Dengan demikian pembaca diharapkan bisa menerapkan penggunaan bahasa baku, terutama pada bahasa tulis. Terlebih lagi pada penulisan karya tulis ilmiah.

Berikut beberapa kata yang sering digunakan dalam bahasa tulis:

Kata Tidak Baku

Kata Baku

aktifitas

aktivitas

analisa

analisis

anarkhi

anarki

antar kota, antar pulau

antarkota, antarpulau

antri

antre

apotik

apotek

atlit

atlet

azas, azasi

asas, asasi

adzan

azan

sistim

sistem

shalat, sholat

salat

Al-Qur’an, Al-Quran

Alquran

praktek

praktik

hakekat

hakikat

nasehat

nasihat

hirarki

hierarki

Ramadhan

Ramadan

metoda

metode

jaman

zaman

daptar

daftar

kwitansi

kuitansi

kwalitas

kualitas

kwantitas

kuantitas

Pebruari

Februari

Nopember

November

propinsi

provinsi

jadual

jadwal

ijasah

ijazah

kreatifitas

kreativitas

Masih banyak lagi kata-kata yang semula mungkin kita anggap sudah baku, ternyata belum baku atau sebaliknya. Rajin membuka kamus dan mempertanyakan kebakuan sebuah kata, tentu akan berimbas pada pencarian kata yang tepat penggunaannya.

Bagaimana dengan para pembaca? Ingin menambahkan kata-kata lain atau ingin mempermasalahkan kata tertentu? Ditunggu tanggapannya.

About these ads
 
26 Komentar

Posted by pada 27 September 2008 in Lain-lain

 

Tag: , ,

26 responses to “Kata Baku Bahasa Indonesia

  1. Daniel Mahendra

    3 Oktober 2008 at 18:11

    Setuju, Mas. Rajin melihat kamus memang bisa sangat membantu. Namun yang lebih membantu lagi adalah jika kita mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari. Rasanya tak pernah aku tidak membuka kamus bahasa Indonesia walau sehari pun. Hampir setiap hari. Selalu. Karena memang syarat pekerjaan.

    Kita memang punya KBBI, Mas. Namun biasanya setiap penerbit (atau pun media) menerapkan gaya selingkung masing-masing. Sehingga penerapan baku/ tidak baku bisa sangat rentan. Sulit juga punya satu pegangan teguh secara koletif/ nasional.

     
  2. nabila

    24 Oktober 2008 at 04:43

    kata baku emang sulit buangeeeet untuk dipahami, benernya ada kamus kata baku ndak ya mas?….

    …> ada sih kamusnya. tapi acuan utama sebaiknya kbbi. lebih resmi kan?

     
  3. greeny

    10 November 2008 at 10:18

    thx ya..tadiny g bingung yg benar itu sistem atau sistim..skrg dah dapat pencerahan..thx..

     
  4. Yeni

    11 November 2008 at 14:40

    Mana yang baku? Nafas atau napas? Fotokopi atau foto kopi? Telepon atau telefon?

    ….> yang baku: napas, fotokopi, telepon

     
  5. Bram

    19 Februari 2009 at 14:18

    Di dalam kata Jaringan Syaraf Tiruan atau Jaringan Sistem Distribusi, manakah yang baku untuk tahun ini? Jaringan atau Jaring? Tolong jawab ke email saya.

     
  6. irawanbrave

    28 Maret 2009 at 10:55

    ada tugas dr kampus disuruh nyari kata2x baku dan yang tidakbaku,, thanx atas pembendaharaan kata2x yang diatas,, sangat membantu,,

     
  7. irawanbrave

    28 Maret 2009 at 11:03

    sbenernya ada ga sih patokan/ciri khas agar kita bisa mengetahui perbedaan antara kata baku dan kata tidak baku??,,

     
    • Anonymous

      30 Oktober 2012 at 18:18

      iya adaa laa….

       
  8. sisy

    25 Mei 2009 at 05:14

    hai…makacih y….

     
  9. bejo sugiantoro

    11 Oktober 2009 at 19:44

    aku+saya = apa ?

     
  10. syafa milati azka

    2 Februari 2010 at 21:52

    tolong dong apa kata baku dari : Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih

    Bentuk bakunya: Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

     
  11. Sendy

    14 April 2010 at 22:13

    Mas, mau tanya, mensejahterakan atau menyejahterakan?
    Terima kasih..

    …> yang benar: menyejahterakan.

     
    • rinda_nd@yahoo.com

      3 April 2013 at 21:40

      makasih mas infona,helping bgt

       
  12. Sapondra

    13 Juli 2010 at 15:34

    mas mau tanya…VALID itu masuk kata baku gak..???
    masalahnya dalam skripsi kan ada “uji validitas”
    masa’ kata dosenku yang EDAN itu suruh diganti jadi Uji Kesahhihan..kan lucu bgt mas… tolong bantuannya….
    bales di E-mailQ ya mas…

    coba dicari pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dengan alamat http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/

     
  13. tria

    21 Juli 2010 at 11:42

    mau tanya dong, yg betul itu karisma atu kharisma???

     
  14. Rya

    14 Februari 2011 at 12:04

    Maaf numpang tanya, yg bener “terimakasih” atau “terima kasih”?

    terima kasih

     
  15. angger A P

    24 Maret 2011 at 03:47

    mohon bantuan kata baku dari laundry yang benar laundri atau loundri atau tetap laundry.
    terima kasih

     
  16. Handa

    13 April 2011 at 04:37

    Ka,sya mau tanya,
    disni yg terMsuk kata baku yg mna sja..?
    Nopember,almunium,tauladan,supir,saputangan,dan tahayul.

    Yang baku: November, aluminium, teladan, supir, saputangan, takhayul

     
  17. thichawoo

    11 November 2011 at 12:28

    thicha

    Kak saya mau mengusulkan kata baku dan kata tidak bakunya di kasih pengertianya donk

     
  18. erwin

    2 April 2012 at 12:19

    dari negara mana asal mula kata kuitansi/kwitansi?

     
  19. Nurjhany Ainna Filova

    27 Agustus 2012 at 20:01

    kalo
    request
    se-booming
    easy listening
    nggak
    kenapa
    nolak
    plus
    pengen
    kian
    ngomong

     
  20. supriadi

    11 Juni 2013 at 11:43

    tim apa team

     
  21. ahmad azikin

    30 Juni 2013 at 06:30

    Mana yang baku, fiskal atau fiscal. Terima kasih.

     
  22. uba

    23 Oktober 2013 at 23:24

    yang termaksut kata baku mana ne kawan2 ,,,, :)
    a .kaison,caisson,kason
    b.kapitalistis,materialistis,individualistis
    c.Maha Pengampun,Maha esa,Maha Kuasa,Mahapengasih

     
  23. Anonymous

    15 April 2014 at 13:11

    tolong beri penjelasan mengapa kata antarkota digabung tidak dipisa?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: