RSS

MAPEL BARU UJIAN NASIONAL 2009 SMP: IPS

27 Agu

Tanggal 25-28 Agustus 2008 saya mengikuti Workshop Penulisan Karya Ilmiah di LPMP Semarang. Saya datang agak terlambat. Acara sudah dibuka saat saya tiba.

Ada informasi menarik saat pembukaan itu dalam kaitannya dengan Ujian Nasional (UN) 2009 nanti. Sinyal bahwa mata pelajaran IPS tahun 2009 nanti tinggal ketok palu. Dengan kata lain, untuk SMP/MTs tahun 2009 nanti ada 5 mata pelajaran yang akan di-UN-kan, yakni: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS.

Untuk Bapak/Ibu Guru IPS dan terlebih para siswa, harap tidak ragu lagi dan lebih mempersiapkan diri.

CATATAN:
Kabar terakhir IPS tidak jadi di-UN-kan.
Info pasti tentang jadwal dan mapel UN, baca tulisan saya yg lain di blog ini ‘JADWAL DAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2009′. Trims (Zul)

About these ads
 
93 Komentar

Ditulis oleh pada 27 Agustus 2008 in Tak Berkategori

 

Tag: ,

93 responses to “MAPEL BARU UJIAN NASIONAL 2009 SMP: IPS

  1. Sawali Tuhusetya

    27 Agustus 2008 at 08:05

    wajh, makin berat beban yang mesti dipikul,oleh anak2 ya, pak, semoga mereka diberikan kesabaran dan ketabahan, serta keluarga … eh kok ngelantur, hehehehe :lol:

    …> betul pak sawali. semoga dg info ini pihak sekolah bisa lebih siap.

     
  2. putirenobaiak

    27 Agustus 2008 at 09:57

    UN tetap menyebalkan pak!

    ….> walau begitu, tetap harus diikuti. Gak ada pilihan lain meiy

     
  3. Catra

    27 Agustus 2008 at 11:12

    semoga…

    ….> Amiin

     
  4. Deddy

    27 Agustus 2008 at 19:42

    UN kok jadi menakutkan yo Da…

    …> kelihatannya begitu, padahal un itu biasa-biasa saja

     
  5. imoe

    27 Agustus 2008 at 19:49

    mudah-mudahan emang siap…AMIN MAAF LAHIR BATHIN PAK….MAU PUASA NIY

    …> iya p.imoe. sama-sama ya.

     
  6. syelviapoe3

    28 Agustus 2008 at 13:52

    5 mata pelajaran, ya…?

    Jadi, inget…waktu saya SMP dulu…mata pelajaran yang di EBTANAS-kan ada 7 biji..

    Rasa-rasanya EBTANAS itu gimana..gitu..
    Tapi seru.. :D

    …) 6 apa 7? kayaknya dulu tuk smp cuma 6.

     
  7. gp2rt

    28 Agustus 2008 at 13:59

    gilaa…….banyk bngt brow?
    beneran gak nieh.Ya dah klo gityu.We ucpin slmat mati mengenaskan…………………..
    Thank’s yow…………

     
  8. yellashakti

    28 Agustus 2008 at 22:43

    weh ini malah nambah lagi tho Pak?
    walah semoga saja anak-anak bisa

     
  9. gusti

    29 Agustus 2008 at 12:58

    Ya…mau ngomong apa lagi ? Final belajar di SMP anak didik harus ditentukan oleh pilihan ganda lagi !
    Semoga ada jalan keluar yang baik !

     
  10. zoel

    29 Agustus 2008 at 18:27

    hihi untung saya dah tamat

     
  11. okta sihotang

    29 Agustus 2008 at 20:56

    wah..sama dong ama aku pak, aku baru selesai sidang tugas akhir..

    …> wah selamat. sukses kan?

     
  12. suhadinet

    30 Agustus 2008 at 09:45

    Yang bisa sekolah lakukan adalah menyiapkan siswa sebaik-baiknya.

    …> betul pak, dan itu harus dirancang lebih awal, ya dari sekarang.

     
  13. bahtiyarzulal

    5 September 2008 at 21:24

    Tahu gak,kenapa mapel IPS ahirnya disertakan dalam UN?,itu sebenarnya hasil dari buah kebijakan yang muter-muter gak karuan jluntrungnya!,yang ujungnya adalah’rusaknya tata nilai di masyarakat’karena tingkah polah kampungan para penggede negeri ini

    Saya punya ilustrasi pendek,yang layak untuk direnungkan.Jaman maja pahit seorang murid(cantrik) jika sekolah,untuk membuktikan dia lulus gurunya cukup bilang:’kamu lulus’sebagai buktinya kamu turun gunung.tapi kata’kamu lulus’telah dimanipulasi,sekarang harus ada bukti tertulìs’rapor’,tapi rapor telah dimanipulasi,sekarang harus ada bukti’ijazah’,tapi ijazah juga dimanipulasi,sekarang harus ada bukti nilai murni UN dan tunggu saja daftar nilai itu tahun depan akan jadi SAMPAH kebijakan lagi,mau dibikin apa sistem pendidikan negeri ini?.Dan ini akan tetap terjadi selama banyak orang ‘goblok’berada di pos kebijakan

    Terus sikap kita harus bagaimana?,Kita tetap berjuang,pantang mundur!,sekecil apapun peran kita pada sistem,pasti ada artinya,dan jangan lupa berdo’a semoga Allah segera menghapus orang-orang goblok itu dari sistem pendikan kita,Amin!…Maju pendikan indosia!…Merdeka…!

    ….> wah ini dia, komentar bagus dan jelas. menambah wawasan. trims pak bahtiyar.

     
  14. rena

    7 September 2008 at 13:38

    ya ampun, d tambah ips?? smoga nggak. udah stres d tambah ipa… jgn d tambahin dong mapel bwt un nya. huhu

    …> mau nggak mau, tahun 2009 nanti kelihatannya 5 mapel. untuk kriteria kelulusan, kita tunggu kabar dari bsnp dan puspendik. masih banyak waktu buat benahi diri. semoga sukses. ok.

     
  15. fredy

    7 September 2008 at 22:20

    hallo pak zul, aq pengen kenal aja, coz web anda cukup bagus, gimana cara bikinnya, aku minta tutorialnya kalo boleh. maklum aq baru tahap blajar. makasih

    …> waduh, saya sendiri juga masih belajar. intinya memaksimalkan apa yang ada, sebagai bagian fasilitas yang disediakan oleh wordpress lewat http://wordpress.com/wp-login.php

    kalau blogspot, saya nggak tahu. nggak pernah pakai sih…
    untuk tutorialnya, saya pikir banyak ditulis. coba tanya mbah google aja. ok

     
  16. ridwan dan septian

    8 September 2008 at 10:10

    kami dari anak smp islam tri mulia jakarta selatan.
    terima kasih atas pemberitahuannya tentang penambahan pelajaran ips. :P

    …> selamat belajar dan sukses ya….

     
  17. ridwan dan septian

    8 September 2008 at 10:17

    -septian
    -zegot
    -“sotgan”
    -taki
    -atunk
    -fajar
    -kamal

     
  18. burhan

    8 September 2008 at 13:58

    askum.wah…!!! nambah lagi soal nya gmna sich??? tpi ada bgus juga &tapi banyak nya jelej…!!! q kn ank mts yg mapel umum y sdkt .jdi jgn bayk2 donk!!

    ….> di mts? nggak usah panik. saya paham, karena juga pernah ngajar di lingkungan mts. yang terpenting, sejak sekarang benahi diri, perbanyak waktu belajar, dan gunakan kiat-kiat dengan memperbanyak membahas soal-soal un tahun sebelumnya. kalau ips coba cari soal-soal internetan atau soal-soal di buku lainnya.

    ok, semoga sukses.

     
  19. NN

    12 September 2008 at 13:12

    AH UN JD TMBH PUSING AJA. SOALNYA BNYK BGT

     
  20. dewa

    18 September 2008 at 05:20

    untung w udah SMA jadi gag perlu ikut UN di SMP lagi…
    gyahahahahahahaa…..

    ada info ttg UN SMA tag?? katanya februari tahun depan bnar tag???

     
  21. nitha

    20 September 2008 at 14:53

    pa,, masa mw di tambah ips pak????
    khn kasian pak anak2 calon penerus kita ……

    nitha,,
    aja yang tahun ni baru lulus sma ngerasa sulit bgd dengan nilai rata2 4,25 yang harus di capai…
    gmana sama anak2 angkatan sekarang…

    nitha,,
    kasian ma adik nitha yang kelas 3 smp….
    dya hrs rajin rajin memilah waktunya….
    untuk BELAJAR…
    pasti sulit,,,
    bwt me-meneg waktunya…
    apalagi nglyat adik nitha yang cowok,,,
    belomlagi pergaulan zaman ckarang….

     
  22. Syamsuddin Ideris

    24 September 2008 at 08:43

    Wahh..saya sebenarnya sih senang aja mapel UN 2009 bisa bertambah jadi 5, yakni ditambah IPS. Sebenarnya sih keinginan saya semua mapel di UN kan sehingga tidak ada dikotomi mapel UN dan bukan UN. Biasanya hal ini berpengaruh pada motivasi belajar anak dan etos kerja mengajar sang Guru. Intinya sih, guru mata pelajaran non UN “lebih santai” dari pada guru mapel UN.

     
  23. septi

    25 September 2008 at 17:28

    subhanallah…
    tanggung atu pak….
    jadikan ja mpe 10 mata plajaran, biar nak indonesia ini pada gila semua. 4 aja banyak yang g lulus ujung 5. klo plajaran tuk un ditambahin, guru2nya juga harus yang the best lah. kadang di negri ada pula guru yang males ngajar, cemana kami mo pintar…

    hhhuuuuaaahhhhh puuusiiinnngg
    klo gitu doain nak indonesia lulus smua ya…
    harus..

     
  24. hana

    26 September 2008 at 15:35

    dasar menteri pnddkn ind. g pnya hati nurani,
    baru dtambah ipa dah mw dtambahin IPS…..
    COBA BAPAK NGERJAIN SOAL2 KY BGITUAN APA BS?????????!!!!!!
    jgn cma mikirin dr sndri,tp jga anak2 bangsa

     
  25. adudutz

    28 September 2008 at 21:06

    Mentri pendidikan sepertinya kurang memahami tekanan yang dihadapi oleh anak-anak didik di Indonesia (termasuk saya), apalagi dengan isu ditambahnya mata pelajaran PKn dan IPS yang notabene tidak termasuk dalam kurikulum sekolah saya (sekolah saya mempunyai dua kurikulum: nasional dan internasional). Kemungkinan besar saya bisa saja tak lulus…..

    Mohon kepada menteri pendidikan untuk merevisi kebijakan ini………

     
  26. Naraz

    30 September 2008 at 21:34

    udah ada surat kputusannya blom?

    brrti mulai 2009 ni ya?

     
  27. Naraz

    30 September 2008 at 21:38

    hrsnya, klo mata plajran dtmbah, guru-gurunya & sekolah hrs lebih baik lagi. tapi gak ada prbahan tuh! kurikulum pendidikan Indonesia itu memang ANCUR!!

     
  28. ujji

    8 Oktober 2008 at 12:30

    ahh……………….pemerintah jaman skrng…………..
    pada g pny perasaan !!!
    dah selalu ganti – ganti kurikulum, tapi hasilny tetep aj ga ada !!!
    mlah nyusahin guru pa lagi muridnya……….
    pemerintah pendidikan bego pa oon……………..
    pingin majuin negara, tapi sekaligus…….
    ya jelas bnyak yg demo palagi bunuh diri !!!!
    TUK PA MENTRI PENDIDIKAN……………….
    THANKS UNTUK PENYIKSAAN YANG TIADA HENTI DI JAMAN DEMOKRAT INI !!!!!
    Semoga Indonesia, g tambah ancur atas kebijakan ini !!!!

     
  29. heru

    10 Oktober 2008 at 11:08

    ADHUH… KALAU BENER IPS UJIAN NASIONAL ..
    MAKA SEMAKIN BERAT .
    ANAK ANAK SEKARANG TIDAK TERBIASA KERJA KERAS.
    KASIHAN GURUNYA

     
  30. ntank

    10 Oktober 2008 at 20:30

    heeeeeeeeee ?pke IPS ?
    hwaaaa .. . .
    kejem amat ?
    mana di maju in lagii .
    huahhh .

     
  31. slamet pujianto

    11 Oktober 2008 at 12:39

    wah! tambah pusiiiiiiiiiing nih.
    pasti UN 2009 akan gagal total dan banyak kecurangan yang terjadi.
    LEBIH BAIK IPS JGN IKUT UN!

     
  32. phie

    12 Oktober 2008 at 10:49

    appahh??
    jangann gila dumz .
    maw jadii apa ntarr niy ?
    jadi dendeng??
    waktunya uda mepet inii .
    wah wah wah. . . . .

     
  33. kurnia

    19 Oktober 2008 at 12:55

    menurut saya itu kurang efektif.
    bila UN sampai bertambah-tambah terus mata ujinya, sama saja dengan EBTANAS.

     
  34. kurnia

    19 Oktober 2008 at 12:57

    Kalo Un sampai bertambah terus mata ujinya, berarti sama saja dong dengan ebtanas..

     
  35. ebikatsu

    19 Oktober 2008 at 13:57

    wah parah nih klo ada ips , nanti saya UN gmana dong ? udah mah ada IPA harus ngulang dri klas 7 , 8 , 9 di tambah IPS ??

    wah ini mah pengen murid2 jadi gila

     
  36. JUJU

    21 Oktober 2008 at 15:53

    AQ MO SOAL UN SMP 2009 PLEASE YAAAAAAAAAAAAA

     
  37. HUUUBU

    21 Oktober 2008 at 16:00

    TMBAH BUANYAK JA YAAAAAAA PUSING DEH MOGA2 JA QT LULUS SMUA AMIN…………………

     
  38. aiis

    31 Oktober 2008 at 12:25

    waah..ditambah.?? bisa banyak yang gak lulus nich.!! kan IPS isinya hafalan doang.?! mata pelajaran cuman 3 aja ada yang gak lulus, apalagi ditambah IPS.. seharusnya Diknas menimbang lagi soal hal ini. Tidak hanya menurut saya, sebagian besar siswa mengatakan IPS adalah mata pelajaran full menghafal, sehingga dianggap sulit / berat.!! apalagi buat UNAS.!! Mungkin dampaknya siswa harus membagi waktu belajarnya lagi dengan mata pelajaran IPS, yang penuh dengan hafalan, sehingga pelajaran lain agak terbengkalai. ya…harusnya gak gitu juga sich.!!! apalagi ini tahun pertama mereka UNAS IPS. . blon dapet soal latihan dari UNAS-UNAS sebelumnya, kan.?? intinya,,kayaknya banyak dampak buruknya,dech!! daripada kebaikannya.!! jadi,,dipertimbangin lagi dech.!!

     
  39. ZZZZ

    5 November 2008 at 17:39

    Oh…. my god, makin pusing aQ
    ditambah IPa lg.

     
  40. barriah

    6 November 2008 at 13:37

    haduhaduhadu mkin melibet aja sii nd menderita !!!
    kan kasian anak smp skr ,, apalagy ditmbh2in plajaran baru ky ips ,,,, melewet otaknya twu gk ???????? mkin runyam aja sii ,, apalgy da basa ingriezz ieh mallleyyyzzzz buangett !!!!
    sebenernya sii baguz bwat otak tapii suzah mzuk ke otak …
    mza kta blajarr tiga taonn, ditentuin cuma 3 hari 3 jam 4 plajaran 180 meniiitt…. itcu kgk adiiil bgt kn !!!!!!!!!!!
    cba aja mreka yg ngadain ini bza ngrasain yaa pnderitaan ank ank plajar skr ? blm tentu yg beranking di klaz bza luluz apalgy yg kgk ranking !! udah aja mati sekalian ….
    walaupun sebnerna blajar itu pnting bwt kta …
    gw gk stuju bgt klw uan di adain sebelum pemilu ????
    you know ?? you understand ??? ya memang sebenarnya berbagai kemungkinan bisa aja terjadi tapi sulitnya itu loh tau gak bikin kepala pecah…………….!!!!!!!!

     
  41. ichan

    7 November 2008 at 15:52

    argggghhhhhhh tidakkkkkkkkkkkkkkkkkkkk …….
    ips mw di UN in taun ini ?

     
  42. IKRA Sukaraja sukabumi....

    8 November 2008 at 14:25

    Askum…..
    Bapak kenapa harus ditambah lagi mata pelajaran buat UAN..?
    Bukannya mau PEMILU..???
    Teruz bener ga kalo UANnya ESAY / ISian??
    Gimana donk ngoreksinya???
    Cape dech kalo harus ngoreksi ribuan kertas jawaban…???!!!@@@
    He….he…
    Mohon jawabannya…
    Atau dikirim lewat email ja…

     
  43. Jams

    15 November 2008 at 13:34

    duh parah bgt tuh….

    pemerintah kok ngsih k bijakan otoriter kyk gtu sih…

     
  44. q yang lagi pUcing

    16 November 2008 at 15:36

    aslmkm………………………..

    bapak aku mohon kalau soal un jangan da esay

    kalau bisa pg smua???????????????

    gmna pak??????????

    bisa d pertimbangkan lagi kan pak???????????

     
  45. dea

    18 November 2008 at 13:38

    c0ir sblum3 ku m0 tanX tips sukses 2009 smp tu p0’an a3 tow …..?????

     
  46. hudaa

    20 November 2008 at 13:48

    waaah!! ga adill..!! aku skrng kelas 9, masa iya UN tahun aku ada IPS, ih ga mikirin perasaan kitaa!! stress tau!! setidaknya, IPA aja masih ngeberatin bagi kita, apalagi IPS..!! GA ADILL…!!!

     
  47. desi cs

    22 November 2008 at 10:41

    waduuuuuuh… kalo gitu caranya
    apa kata DUNIAAAAA??????
    susah dunk? matika aja lom tentu bisa pa lagi masih ditambah ips?

     
  48. dodo

    24 November 2008 at 11:32

    Jangan bikin kacau, ah! Harus ubah dulu tuh Pasal 70 ayat (3) PP 19 Tahun 2005! Klo engga, itu sama saja melanggar peraturan. Okay!

     
  49. zack

    25 November 2008 at 09:51

    SAPE TAKUT…

    skalian aje smua mapel…
    tinggiin jg tu standart…biar makin dikit yg lulus…
    (klo ga pinter ga lulus kan!!!)

    SBNRNYA INDONESIA ORANGNYA PINTER-PINTER…
    SAMPE BISA “MINTERI” ORANG….

    TP…GA SDIKIT JG YANG “DIPINTERI” ORANG WALO PINTER….
    huh……

     
  50. ajenk

    29 November 2008 at 20:15

    wach,,,
    lo dtmbh ips,tmbh berat n rumit nie,,,
    4 mapel ajj pusing persiapin kog tmbh lgi…!!!;(
    berat nie,,,
    lo cma 4 mapel aj gmn,,????

     
  51. aku vela

    4 Desember 2008 at 16:58

    kalo boleh saya mau jangan ada esay.
    dan soalnya yang gampang2 aja ya pak .
    saya mohon banged ,pak.

     
  52. tifandhaluhzan

    11 Desember 2008 at 14:34

    wahhh….. mantapp ditambah IPS!!! hhhehhe….. :P

    mauny aq, IPS gpp dtmbh… tp matematikany diilangin… hhehhe….

     
  53. muliadi

    13 Desember 2008 at 19:48

    tambah terusssssss mapel UNnya, nggak usa kuatir dana pendidikan kita kan namba juga … artinya cukup untuk remedialllllll (kalau nggak lulus kan ngulang lagi, artinya nambah murid lagi, artinya nambah bangunan lagi, artinya nambah kerjaaan lagi……..)

     
  54. preejulge

    14 Desember 2008 at 19:17

    Hi!
    My name is Jessika!

     
  55. gemblung

    23 Desember 2008 at 21:00

    bener-bener bkn confution, wong sekolah kok tuakut di uji, lha memangnya suekolah loo pade mo cari opo??? klo mo cuari ijazah ya..aa ke percetakan aja suono, …..klo cari IJABsah ….yooou ke KUA …too, kaaalaau mu cari ILMU yaaa ngapain tuakut di uji, mang loo pade anggep hudup ini apa…an, !!!! …enak-enakan, mang bisa tanpa ilmu HEEEE …Prut …

     
  56. gemblung

    23 Desember 2008 at 21:10

    “ahh……………….pemerintah jaman skrng…………..
    pada g pny perasaan !!!
    dah selalu ganti – ganti kurikulum, tapi hasilny tetep aj ga ada !!!
    mlah nyusahin guru pa lagi muridnya……….
    pemerintah pendidikan bego pa oon……………..
    pingin majuin negara, tapi sekaligus…….
    ya jelas bnyak yg demo palagi bunuh diri !!!!”…

    loo kaleeee…k yang begoo or embahnya OON

     
  57. Rahadiyan

    1 Januari 2009 at 09:59

    ah itu cuman gosip
    Buktinya sekarang tidak diumumkan adanya IPS dalam Unas Smp 2009
    Yang ditambahkan cuman IPA

     
  58. NaDiA

    4 Januari 2009 at 07:56

    dUh .. PaK… MAKiN KacAU dOnG KALU AdA IpS…
    sUmPAH bUsEeT gILLA…..

    KACAUUUUUUUUUUUUUUUU

     
  59. Rizky Azhari

    7 Januari 2009 at 13:50

    Duuuhh K napa sih pemerintah makin bego siswa tidak naik disuruh remedial biar naik kelas kalau tidak lulus disuruh apa ya ………………. bego

     
  60. KadekBagus

    8 Januari 2009 at 03:20

    Ya blm dong Pak, Kalo di baca POS UN 2009 yg diterbitkan Depdiknas tak ada tu jadwal IPS, Mungkin utk thn depan (2009/2010) ya. Jangan dong bikin guru IPS degdegan, bawa isu burung yang tak karuan. trims

     
  61. Anonymous

    8 Januari 2009 at 21:56

    UH………UH…….UH………UN ckra mau dkt,hrs bnyk lthan nieeeeeeeeeeeePA LAGI YG DUJI THU YG SUSAH BGT??????????UN …….. Q TNGGU LOEEEEEEEEEEEEE

     
  62. Anonymous

    9 Januari 2009 at 11:06

    Yah menururt gua sih pemerintah tuh
    makin sangar aja dengan UNnya

    untung gua lulus tahun kemaren

    Alhamdulillah……………………………….?

     
  63. cat

    9 Januari 2009 at 12:48

    gimana nich un mkn dkt ja …………………

    Tp kq mw ditambh lagi sich…………

     
  64. hadi w

    9 Januari 2009 at 14:48

    kasih tau donk isi prediksi soal soal un! pleezzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz…………………………………

     
  65. Lamps...

    10 Januari 2009 at 08:13

    w gk tkut ma uan………………….

     
  66. Lamps...

    10 Januari 2009 at 08:15

    hidup ini hanya untuk kesenangan……………….

    LANJUTKAN pERjALaNaNMU………………………………

    BY….027…INDOOR

     
  67. Lamps...

    10 Januari 2009 at 08:17

    I LUPH TOURING…………………………………..

    HANCURKAN MOTORMU……………………………..

    IMC_027 GOOOOOOOOOOOOOOOOO…….

     
  68. Lamps...

    10 Januari 2009 at 08:18

    ONE WAY TO hell………

    waeng

     
  69. DESRA EKA PUTRA

    10 Januari 2009 at 16:15

    Masyarakat makin lama kok makin manja?
    Dulu tidak naik kelas/tidak lulus adalah hal yang wajar.
    Tapi kini Anak tidak naik kelas, tidak lulus, tidak tuntas ributnya minta ampun…….
    Anak tidak boleh dimarahi, dihukum, dipegang, “ditampar”, ditegur, dll….
    Emang aneh…

     
  70. paidi

    11 Januari 2009 at 09:48

    uanbn masih jadi momok bagi siswa tapi jangan bagi guru, guru harus cekat dan cerdas agar siswa berhasil

     
  71. LAKSMI..."AMIX"

    12 Januari 2009 at 18:59

    apa pmerintah thn ini akan buat soal2 UAN yg susah2 yahhhhhh……….mana thn 2009 ini aku akan mnghadapi yg namanya UAN lgi ???????? duc gimana ini ya,,,,,,,apa aku bsa………. bgi yg knal ama aku,spa pun,dmana pun,& kpn pun? doain aku yah biar lu2s 100% dri standar klulusannya…….. aku dri BALI(is the best)^_^

    moga aku bsa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    CAYO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! & SMANGAT………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

     
  72. nadia

    13 Januari 2009 at 14:12

    apa yang akan dilakukan pemerintah kalo bnyak yg gk lu2s

     
  73. INDO ANK SKOLAH SMP 2 LIMBOTO

    14 Januari 2009 at 20:16

    pak bagi soalnya donk dikit aja ngk apa-apa??????????????
    PLEASEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
    EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
    EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
    EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE
    EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

     
  74. SASTRO LEGOWO

    21 Januari 2009 at 12:46

    WAH KASIHAN ANAK-ANAK MIKIR UNAS TIGA MAPEL AJA REPOT APALAGI DITAMBAH MENJADI LIMA MAPEL APA NGGAK KEBANYAKAN SIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIH?!

     
  75. alip

    21 Januari 2009 at 17:08

    kk aku tolong bagi soal UN 2009 pleasezzzzzz

     
  76. thea

    21 Januari 2009 at 22:45

    IPS? :(

    gga ada tuhh dii UAN..

    katanya siihh cuma , IPA, MTK,B.indo,sama B.ing doang..

    doain yaa supaya lulus !

    amin ! :)

     
  77. nablaa

    27 Januari 2009 at 10:07

    tolong di post berita terbaru… bisa dilihat dari situsnya diknas mengenai mata pelajaran apa sajakah yang akan diujikan.
    Terimakasih.

     
  78. arif

    31 Januari 2009 at 19:18

    apakah ujian kali ini bisa menenangkan hati semua siswa.kenapa ujian slalu bertambah sulit

     
  79. arif

    31 Januari 2009 at 19:19

    aaaaaaaaaaaaaaddddddddddddddddddddddddduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    kenapa ini harus terjadi padaku

     
  80. atina ilma

    1 Februari 2009 at 09:08

    sumpaahh ??? adduuhh …

    klemahan saia tpat di ips ntuuu …

     
  81. Gokilz

    2 Februari 2009 at 12:32

    klo emang mata pelajaran UAN untuk SMP di tambah otomatis jauh2 hari sebelumnya dan saat ne blm ada pengumuman untuk tambahnya mata pelajaran trsbt

     
  82. anisah

    4 Februari 2009 at 17:00

    ips ikut ?
    hm . tapi kok gak ada pemberitahuannya ya sampe skg ?
    masa dikasih taunya pas suda 1bulan mjelang hari H ?
    ips kayaknya masuk di unas 2010 deh .

     
  83. sandika

    6 Februari 2009 at 07:20

    uangel bangetz yam kalo di tambah ips

     
  84. CHU_DA

    13 Februari 2009 at 14:50

    makin berat tuh UN……………AAAAAAAARGH Chu makin pusing………

     
  85. pEnY

    11 Maret 2009 at 18:07

    wAAAAAAAAAdDuUUUUh . . . .

    uN mKin Dket AjA YaH tAkuT nHe . . . .

    kaSiH tAu dOng boCoranYa . . . aDUhhhhhhhhhh . . . PUsiNG AqU . . .

     
  86. fadel

    27 Maret 2009 at 20:04

    wadaaaauu ips,ips,ips kayanya gaks deh udah tendang aja tuh

     
  87. fadel

    27 Maret 2009 at 20:08

    fucking hellllllll isocial join the test,oh shit i can’t do that please help me give me you cheat come on pleaaze…………sieg heil

     
  88. Ngakan

    23 April 2009 at 19:26

    soal-soal un gampang apa syusah ya…..

     
  89. dimas

    31 Juli 2009 at 17:22

    WHAT IPS msuk UN waduh gawat nie

     
  90. bastian

    5 November 2009 at 08:00

    mati deh kalo ada ips

     
  91. Liea

    12 November 2009 at 20:32

    Wach, gmN ea pak!
    KoG +lGi! Mna ipz itu hafalan semua! Yah, doain aja semoGa smp saya lu2s 100% dan nilainya memuaskan. Amien. . . . . .

     
  92. Imam

    14 November 2009 at 13:31

    Memang payah bgi siswa yang malas belajar. Pemerinth menambh kan mapel ips ke dlm uan, agar siswa rajin2 belajar, dan dapat meluaskan wawasanya,… Karena ilmu pengetahuan itw tak hany di buku saja. Tetapi mash bnyk lgi yang lain. Dgn kondisi sperti ini siswa harus memperbnyk waktu untk blajar. Agar tidk menysl d kmudian hri. Dak siswa tidak boleh pantang menyerak dalm belajar, siswa hrus bisa memacu perkmbgan tekn0l0gi zman sekarang.

     
  93. Mochammad Multazam

    3 Februari 2010 at 10:04

    hai teman-temn se nusantara pa kabar

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: