RSS

Surat Resmi

22 Feb

SURAT RESMI

Surat adalah bentuk komunikasi tertulis yang disampaikan untuk tujuan tertentu.

Berdasarkan bentuk dan tujuannya, secara umum surat dibedakan atas:

  1. surat pribadi

  2. surat resmi/dinas

  3. surat niaga/perdagangan

Surat pribadi aalah surat yang disampaikan dari seseorang kepada orang lain bersifat pribadi atau kekeluargaan.

Bagian-bagian surat pribadi:

  1. tempat dan tanggal surat

  2. alamat yang dituju

  3. pembuka/salam pembuka

  4. isi surat

  5. penutup surat

Surat resmi adalah surat yang disampaikan oleh suatu instansi/lembaga kepada seseorang atau lembaga/instansi lainnya.

Bagian-bagian surat resmi:

  1. kepala/kop surat, terdiri dari

    • nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf kapital/huruf besar

    • alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil

    • logo instansi/lembaga

  2. nomor surat, yakni urutan surat yang dikirimkan

  3. lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat

  4. hal, berupa garis besar isi surat

  5. tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)

  6. alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)

  7. pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)

  8. isi surat

-Uraian isi berupa uraian hari, tanggal, waktu, tempat, dan sebagainya ditulis dengan huruf kecil, terkecuali penulisan berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) haruslah menyesuaikan.

9. penutup surat

10.penutup surat, berisi

- salam penutup

- jabatan

- tanda tangan

- nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)

11. tembusan surat, berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu kegiatan

About these ads
 
63 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Februari 2008 in Diari

 

Tag: ,

63 responses to “Surat Resmi

  1. dude

    10 Maret 2008 at 20:21

    contoh surat resminya,mana???

     
    • fuad

      25 Februari 2012 at 09:33

      betul contoh surat resminya mna ??

       
  2. deni rukmana

    28 Agustus 2008 at 00:54

    saya mohon ingin dibuatkan contoh surat resmi!

     
  3. Howard Benaya

    11 September 2008 at 20:47

    kk.. minta contoh srt resmi dungs… apa aja deh… yg penting cnth surat resmi… heheheheh thx.. bwt tugas SMP neh…

     
  4. mia

    29 September 2008 at 14:42

    minta sontohnya dunk k…..

     
  5. Anonymous

    27 Oktober 2008 at 18:57

    minta contoh’a dunds… bwt tugas b.indo nie……
    plece

     
  6. uly

    27 Oktober 2008 at 19:16

    kak mNta coNtoh sUrat Resmi vAriasi 2 dan Variasi 3 dunkZzzz,,,,,,,!!!
    tLong y kAk bwt”in……
    thank’s

     
  7. yos!e

    3 November 2008 at 11:12

    Kk …. mana n!y, contohnya ???

    surat resmi !ndonesia baru !!!

     
  8. azmil

    9 November 2008 at 18:38

    as.wr.wb

    bgini aku mw cri contoh surat niaga gmn ya?
    cz…
    aku bingung banget nich…

     
  9. Baim

    13 November 2008 at 20:37

    kk.. kasih tau contohnya dunk nih email ku baimkerenbanget@gmail.com

     
  10. Radit

    17 November 2008 at 13:17

    itu bagian” suratnya yang ada 11 bener semua?? yang ke-11 maksudnya gimana yaa?? (tolong di balas ke raditio.imanto@yahoo.com)

     
  11. Radit

    17 November 2008 at 14:50

    oh ya… ada nggak, contoh surat, tapi udah ada bagian”nyaaa…. kalo ada e-mailin yaaa ke raditio.imanto@yahoo.com

     
  12. Cha-Cha

    28 Januari 2009 at 14:18

    Plese minta contoh surat-nYa DunK….
    Tapi lumayan Lah, buat beLajaR nich…
    Tolong kabulin ya permintaanQ…
    TrIms….

     
  13. risna

    29 Januari 2009 at 10:02

    saya mohon di buat kan contoh-contoh surat resmi,pribadi dan niaga…..
    secepatnya!!!!
    terimakasih

     
  14. Sandhy Tan

    12 Februari 2009 at 11:40

    Saya mau minta tolong di buatkan contoh” Surat remi bwat Perkantoran , mudah”an Bapak bs bantu saya coz saya kesulitan di suruh buat , Sebelumnya Trima kasih bnyk….

     
  15. GB

    27 Februari 2009 at 12:46

    menanggapi tulisan2 diatas,,
    gimana kalo kalian2 coba dulu buat surat resmi, trus di upload kesini…
    nanti baru dikasih masukan, kurangnya dimana n apa…
    jadi khan kalian bisa sambil belajar…
    gmn?

     
  16. echa

    5 Maret 2009 at 13:26

    kasih contoh surat resminya dooonk !!! biar temen yang lainnya bisa ngerti surat resmi itu kayak apa….

     
  17. chaca

    15 Maret 2009 at 07:50

    gmana caranya bikin surat ke kedubes negara asing??

     
  18. chaca

    15 Maret 2009 at 07:51

    gmn caranya bkin surat ke kedubes alzajair di jkt?

     
  19. ifoel

    27 Maret 2009 at 13:06

    mantap nih info bang….
    bagusnya kalo di sertakan dengan link contoh suratnya… ini hanya masukan aja, siiiipppp..

     
  20. Apria

    27 Maret 2009 at 19:38

    wah ini pelajaran smp yang kita lupakan.. aku sendiri juga lupa sertain contohnya dong biar ingat lagi

     
  21. az-zahra

    3 April 2009 at 08:36

    ga’da ya srt rsmi na’ aku butuh nih bwt
    tgs Bhs. iNDO. klo ciri2 na’ q jg tw.
    YAUDAH MA’ASIH YAW !!!

     
  22. Yunie evanda

    8 Mei 2009 at 09:12

    buat contohnya donk, gue di komplin trus nich sama bos padahal sudah T.O.P lho buat suratnya

     
  23. torex

    22 Mei 2009 at 08:38

    mna contoh suratnya donk mas……………

     
  24. dwi

    30 Mei 2009 at 16:42

    kk mksih ya berguna bgt bwt tugaz saya

    hehehehe……

     
  25. dinihari

    24 Juni 2009 at 23:18

    kk,,, bantu saya ya buat makalah nie,,,,

     
  26. dinihari

    24 Juni 2009 at 23:19

    saya punya pertanyaan tentang surta dinas,
    1) apa saja/ sebutkan tujuan menulissurat dinas ?
    2) Apa saja/ sebutkan manfaat menulis surat dinas
    tolong di jelaskan jawaban’y secara mendetail,,
    trmksh,,,,,, sy tunggu jwbnya,,,, buat tugas nich,,,,

     
  27. joe

    11 Agustus 2009 at 14:06

    mna neh surat resminya……..????

     
  28. yasudah

    26 Agustus 2009 at 05:31

    yakin kop surat pake huruf besar semua kk?
    Di kop surat gak perlu pake nomor telepon?

     
  29. fani

    28 September 2009 at 21:18

    kk mnta cnth srat resmi yg brhbngan dg keg osis SMA dnk..!!!
    email q:
    fanissa_narita@ymail.com

     
  30. asbar

    29 September 2009 at 22:38

    thanks atas materi surat resmi_nya

     
  31. Hasna S.

    6 Oktober 2009 at 17:32

    k,, tlong dunk tntg bentuk2 surat resmi seperti bentuk surat lurus berikut contohnya jg, iia, k . .

     
  32. shabrina

    13 Oktober 2009 at 19:42

    kak,,,,
    contohnya kok gak ada ya??
    harusnya gak cuma pengertiannya, harusnya juga ada contohnya kan??
    buat tugas B. Indonesia nie??
    n karena mau ada UTS n yang keluar tu tentang surat resmi, meskaipun gak semuanya surat??
    maaf ya kalo ada kata2 yg nyakitin??
    cuma ngasih ide ajah??
    sekali lagi maaf and thanks..
    kalo ada tentang dari osis ajah ya kak??
    kirim ke shabrinapoetry@yahoo.co.id
    thanks..

     
  33. prima hastuti

    18 Oktober 2009 at 23:27

    kak,gak ada penjelasan knp pada bagian alamat yang dituju tidak dituliskkan kata kepada(di surat remi)?
    Atau mengapa penulisan tanggal,bulan,dan tahun pembuatan surat tidak dituliskan dalam surat resmi?
    Tolong ya kak,buat tugas sekolah sih.
    Terima kasih.

     
  34. Aditya perkasa

    19 Oktober 2009 at 12:21

    kk tolong contoh surat resminya dan juga sama balasannya.
    kirim ke sini ghostcoolzzz@gmail.com
    makasih

     
  35. Fitri

    12 November 2009 at 22:32

    bagi contoh surat resmi dunk..
    buat tugas duank kog..
    thank’s before..

     
  36. vincent

    21 November 2009 at 12:20

    kk lain kali contoh br contoh beneran

     
  37. ANJAR

    9 Januari 2010 at 12:40

    BNYkN Kn cntoh nya lg

    krng ni

     
  38. lisaa

    17 Januari 2010 at 18:56

    mana cntoh nyaa?

     
  39. kiki novita

    18 Februari 2010 at 11:14

    mnta tolong contoh surat jual beli motor dun k’
    aku nyari di gogle smpe pucing g ktmu2.
    mksh bnyk y

     
  40. Ira

    25 Maret 2010 at 08:16

    Kakak, tlg minta cth_nya dunk!!

     
  41. Zulmasri

    20 April 2010 at 04:46

    Untuk contoh surat resmi (surat dinas) silakan langsung klik alamat http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_full.php?id=166

     
  42. riza eko

    30 April 2010 at 14:44

    kak, tolong kasih contoh surat lamaran pekerjaan

     
  43. Anonymous

    30 Juli 2010 at 21:01

    ngak jelas

     
  44. wulan astriani

    11 Agustus 2010 at 16:39

    kk… tlong’n aku ci bwt’n aku contoh makalah menulis surat. di kumpulin’y hari jumat tgl 13 agustus 2010. plis kk

     
  45. Lia

    12 September 2010 at 21:25

    hanya saja saya ingin penjelasan mengenai surat pribadi dan cara penulisan yang jelas dan akurat, serta lengkap..

    Terima kasih sudah mau mendengarkan.

     
  46. udin

    24 September 2010 at 13:26

    teruma kasih, karya singkat anda sangat berguna. semoga diberikan balasan kebaiikan yg banyak dari Allah swt kepada anda. amin

     
  47. Anonymous

    21 November 2010 at 16:33

    penjelasanya bagian bagian surat pribadinya mna?

     
  48. nia aulia melinda

    8 Desember 2010 at 19:00

    ka2 bolecc minta contoh surat rezmi x gaaa satu ja plizzz buat tugaz zmp niccc !!”>_”<"

     
  49. Rio

    23 Desember 2010 at 15:54

    Thank’s ya …………

     
  50. yunifia

    2 Januari 2011 at 16:32

    ka2 bleh nta minta contoh isi surat resmi untuk bupati ga????????yg lagi ultah wat daerah nya
    ditunggu ya ka
    mkc bnyak

     
  51. dini

    26 Januari 2011 at 15:46

    mana sihc contohnya gak ngerti bangetttzzz dehc padahal kan situsnya udD bener……………gimana sihc???????????????????????????????/

     
  52. Tugino

    2 Mei 2011 at 22:33

    Contohnya mana Bos ?

     
  53. Agi

    28 September 2011 at 12:58

    Contoh surat niaga dong kak…..

     
  54. Anonymous

    13 Oktober 2011 at 19:01

    bos bsa kirim kopstukx kh.
    Mksh

     
  55. Zhapi

    29 Oktober 2011 at 13:09

    Tolong contohnya kalo bisa ditulis agar lebih mengerti.Tapi makasih karena info bagian-bagiannya lengkap…….

     
  56. rahmat

    30 Oktober 2011 at 22:52

    waduuuuuuh,,,,,,,

    yang sy cari contoh nya booz,,,

     
  57. Anonymous

    13 Januari 2012 at 11:27

    contohnya .. donk kak .

     
  58. leon

    24 Januari 2012 at 16:11

    trimakasih atas jawabannya, saya jadi bisa mengerjakan tugas pr

     
  59. DUNK

    4 Agustus 2012 at 09:17

    DUNK DUNK DUNK DU7NK UNKDUNK DUNKDNK

     
  60. Anonymous

    24 September 2013 at 19:10

    terima kasih atas pengetahuan nya saya bisa kerjakan tuga sekolah dan malam ini harus di prin juga >>>>>>> haduuuuuhhhh pusing banget zzzzzzzzz

     
  61. zihad

    1 Oktober 2013 at 20:00

    surat remi bagianya mana bang

     
  62. Anonymous

    27 Januari 2014 at 21:02

    Sayang ya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: