RSS

Pedoman Singkat Karya Ilmiah (Makalah)

22 Feb

 

PEDOMAN SINGKAT KARYA TULIS ILMIAH

(MAKALAH)

Karya tulis ilmiah: karya tulis yang memenuhi persyaratan keilmuan, baik substansi maupun metodologinya.

Substansi: yang ditulis berupa pernyataan-pernyataan yang benar, dapat dipertanggungjawabkan, dengan ilmu atau teori yang truji dan mapan

Metodologi: menggunakan metode terarah dan dapat dibenarkan/diterima.

Makalah: tulisan semi ilmiah yang bentuk dan struktur serta substansinya sederhana dan tidak lengkap. Makalah yang diterbitkan di media cetak biasanya disebut artikel.

Kerangka isi laporan hasil kegiatan ilmiah:

  1. Bagian pendahuluan, pada hakikatnya mengangkat dan menjelaskan masalah.

  2. Bagian (bab) 2 berisi landasan teoritis, kerangka berpikir, dan hipotesis.

  3. Bagian pelaksanaan berupa metodologi penelitian atau langkah-langkah yang dilakukan peneliti.

  4. Bagian inti (bab hasil penelitian), berisi deskripsi data, hasil uji atau argumentasi, diskusiatau pembahasan.

  5. Bagian Penutup, berisi keterbatasan simpulan dan saran.

Kerangka makalah:

Bagian awal

  1. Halaman sampul, berisi judul makalah, keperluan atau maksud ditulisnya makalah, nama penulis makalah, tempat dan waktu penulisan makalah atau disampaikannya makalah.

  2. Daftar Isi, berisi panduan atau gambaran tentang garis besar isi makalah serta mempermudah pembaca dalam menemukan bagian-bagian yang diperlukan.

  3. Daftar tabel dan gambar, dimaksudkan memudahkan pembaca menemukan tabel atau gambar yang terdapat dalam makalah. Bila dalam makalah tersebut jumlah gambarnya banyak, dibuat dalam daftar tersendiri, tetapi jika jumlahnya sedikit dapat disatukan dengan daftar isi.

Bagian inti

  1. Pendahuluan, berisi latar belakang penulisan makalah, masalah yang akan dibahas (pokok bahasan beserta pembatasannya), serta tujuan penulisan makalah.

  1. Latar Belakang

Berisi hal-hal yang melandasi perlunya ditulis makalah. Hal-hal tersebut dapat berupa paparan yang bersifat teoritis maupun praktis, asal bukan alasan bersifat pribadi. Yang terpenting, pada bagian ini harus dapat mengantarkan pembaca pada masalah atau topik yang dibahas dan menunjukkan bahwa masalah atau topik tersebut layak dibahas. Pemaparan ini dapat dimulai dengan menyampaikan pengetahuan umum, teori yang relevan, dengan pertanyaan teoritis, kutipan dari pendapat orang yang terkenal, ungkapan, slogan atau yang lainnya yang relevan dengan masalah yang dibahas.

  1. Masalah atau Topik Pembahasan

Berupa persoalan yang memerlukan pemecahan, persoalan yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, penegasan, atau pembuktian.

  1. Tujuan Penulisan

Mengarah pada apa yang akan dicapai dengan penulisan makalah tersebut.

  1. Teks utama, berisi pembahasan topik-topik makalah dan sebagai inti dari kegiatan penulisan makalah.

  2. Penutup, berisi kesimpulan, rangkuman pembahasan, dan saran-saran jika dianggap perlu.

Bagian akhir

Berisi rujukan dan lampiran jika ada.

Kutipan Langsung dan Tak Langsung

Pengutipan pendapat dari penulis lain dapat dilakukan dengan tiga bentuk di atas. Dalam praktiknya pada makalah atau karya tulis kutipan bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengutip:

    1. Penulisan nama pengarang menggunakan nama akhir disertai tahun.

    2. Jika pengarangnya dua orang, ditulis nama akhir kedua pengarang tersebut.

    3. Jika pengarangnya lebih dari 2 orang, tuliskan nama akhir pengarang pertama diikuti dkk.

    4. Jika nama pengarangnya tidak ada, yang dicantumkan adalah nama lembaga yang menerbitkan, nama dokumen yang diterbitkan atau nama koran.

    5. Untuk karya terjemahan, nama pengarang yang dituliskan adalah nama pengarang asli.

    6. Mengutip dari dua sumber atau lebih yang ditulis oleh pengarang berbeda, dicantumkan dalam satu tanda kurung dengan titik koma sebagai tanda pemisahnya.

Kutipan Langsung:

  1. Kutipan yang kurang dari 40 kata ditulis di antara tanda kutip (“…..”) sebagai bagian yang terpadu dalam teks utama, diikuti nama pengarang, tahun, dan nomor halaman. Tanda kutip dalam kutipan, digunakan tanda kutip tunggal.

Contoh:

Soebroto (1990: 123) menyimpulkan “ada hubungan ‘yang erat’ antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar”.

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah “ada hubungan ‘yang erat’ antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar” (Soebroto 1990: 123).

  1. Kutipan yang berisi 40 kata atau lebih ditulis tanda tanda kutip dan terpisah dari teks yang mendahului, dimulai pada ketukan keenam dari garis tepi sebelah kiri, dan diketik dengan spasi tunggal.

  2. Apabila dalam mengetik kutipan langsung ada kata-kata yang dibuang, maka diganti dengan tiga titik. Kalau ada kalimat yang dibuang, diganti dengan empat titik.

Kutipan Tidak Langsung

Kutipan tidak langsung dilakukan apabila menggunakan bahasa sendiri dalam mengutip pendapat seseorang. Penulisannya terpadu dalam teks dan tidak perlu tanda kutip.

Misalnya:

Salimin (1990: 13) tidak menduga bahwa mahasiswa tahun ketiga lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat.

Mahasiswa tahun ketiga lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat (Salimin 1990: 13).

Rujukan:

Dari Berbagai Sumber

 

About these ads
 
36 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Februari 2008 in Diari

 

Tag: ,

36 responses to “Pedoman Singkat Karya Ilmiah (Makalah)

  1. fajri

    5 Maret 2008 at 20:42

    saya sedang mencoba menulis sebuah karya ilmiah, dan saya berterimakasih sekali mendapat panduan bagamana cara menulis sebuah karya ilmiah dari situs ini, sekali lagi saya ucapkan terimakasih

    hormat saya

    fajri

     
  2. zulmasri

    6 Maret 2008 at 01:04

    Tulisan singkat saya tentang karya tulis/ilmiah itu sebenarnya lebih ditujukan untuk membuat makalah. Ada banyak buku referensi yang dapat digunakan dalam penulisan, namun saya menggunakan berbagai sumber makalah yang telah diseminarkan ditambah pengalaman menulis selama ini.

    Syukurlah bila Saudara merasa terbantu. Apabila ada yang lain yang bisa saya bantu, insya Allah akan saya lakukan sesuai keterbatasan ilmu yang saya miliki.

    Terima kasih.

     
  3. Faradina

    7 Maret 2008 at 17:55

    Tutorial yg bagus pak. Mudah2an bisa menjadi panduan untuk teman2 yg akan membuat tulisan ilmiah.

     
  4. zulmasri

    7 Maret 2008 at 18:47

    Materi karya ilmiah yang lebih lengkap lagi saya punya. Tulisan di atas bahan kbm siswa SMA plus untuk mahasiswa. Ditulis secara ringkas memang bertujuan untuk gampang dipahami.
    Eh, masih suka cepat-cepatan jadi komentator dg fisha? Kayaknya heboh banget.

     
  5. ana

    24 Mei 2008 at 09:24

    hmmm….. yang begini nih buat masukan guru kelas XI. kebetulan materinya sedang karya tulis ilmiah jadi pas deh. makasih banyak pak. karya tulis ilmiah punya anak2 sma tdk kalah lho sama tingkat S1

    …> syukurlah kalau bermanfaat bu. tulisan singkat itu sy buat saat sy ngajar karya tulis ilmiah kls XI SMA 1 Pekalongan

     
  6. Nada

    14 Juli 2008 at 23:23

    terimakasih..sangat membantu

     
  7. neta manizzzzz

    24 Juli 2008 at 14:30

    matur suwun sanget nggeh

     
  8. nunnd

    8 Oktober 2008 at 09:48

    hummb . . saiia tu bener na sugka nulist . .
    ppi dah lama gag nulist kug rasa na bunted banged iia ?
    huh . bgung cari ide . .
    saiia minta tolonk dikasii tau cara mudah daped ide bisa gag iia ?
    makasii . .

     
  9. NUR ZAMAN

    14 Oktober 2008 at 20:41

    THANKS TA BUAT ILMUNE DALAM MEMBUAT MAKALAH, ANE SEDIKIT-SEDIKIT JUGA LAGI BELAJAR BIKIN ARTIKEL.

     
  10. BAHCRI

    10 November 2008 at 15:46

    minta tolong dibantu pembuatan karya ilmiah tentang kejahatan tindak pidana penipuan.thanks

     
  11. BAHCRI

    10 November 2008 at 15:48

    minta tolong buatkan karya ilmiah tentang hukum

     
  12. BAHCRI

    10 November 2008 at 15:49

    hai,

     
  13. khovie

    14 Januari 2009 at 20:52

    berkat situs ini saya bisa mengetahui bagaimana cara mengerjakan karya tulis ilmiyah.

     
  14. neti

    19 Januari 2009 at 17:04

    makaasih, situs ini cukup menbantu saya!

     
  15. Dini

    28 Januari 2009 at 14:27

    Thank’s ya bahan ini cukup membantu saya.

     
  16. izL

    5 Februari 2009 at 20:09

    Contohnya donk

     
  17. ifoel

    10 Februari 2009 at 19:28

    menarik banget nih.. thx ya dah bebagi…. oh iya… ada awards nih buat Abang.. di jemput ya di blog aku….

     
  18. yudi

    5 Maret 2009 at 08:12

    tengkyu banget ya wat ilmunya……, dapet pahala loh dari setiap orang yang merasa terbantu setelah melihat info antum…. syukkron..

     
  19. hendri de friendly

    9 Maret 2009 at 11:30

    Hmmm.. Thanks panduan nya… Oya gimana ya? Aku di minta guru ku untuk buat makalah berisi minimal 7halaman dan maksimal 10halaman… Gimana tuh mau bikin? Gini cover 1halaman, kata pengantar 1 halaman, daftar isi 1halaman, uda 3 halaman..
    Terus bab 1 terdiri atas latar belakang 1halaman, masalah 1halaman dan tujuan 1halaman, uda 3 halaman lagi, total uda 6halaman… Bab 2: isi 1halaman, bab 3 solusi: 1halaman.. Bab 4: kesimpulan 1halaman, daftar pustaka 1 halaman… Uda dech 10halaman.. Gimana? Bisa gak ya?
    Terus nama pengarang taruh mana?
    Harap segera di balas ya? Habis aku hari jumat ini antar nya, tanggal 13maret ini…

    Thanks

     
  20. Assis P

    25 Maret 2009 at 11:24

    -bagaiman cara menulis cara menulis Bab penutup pada suaru makalah yang memadai ?
    – Berikan contoh bab penutup mengenai jurusan teknik .

     
  21. rovhy

    5 Juni 2009 at 20:25

    bagus kok referensinya… itu pas banget buat makalah…
    good job. thengs yah

     
  22. julia

    30 Agustus 2009 at 22:50

    terima kasih banyak buat yang uda post ini

     
  23. hari

    17 September 2009 at 22:11

    makasi banyak buat panduannya…

     
  24. roky septiari

    27 November 2009 at 16:59

    terima kasih…..

     
  25. rava

    5 Januari 2010 at 10:40

    tolong krimin contoh bab penutup makalah tentang marketing mix ya.tlong dkrim ke email : ine.rava@gmail.com.thanks

     
  26. rangga

    6 Januari 2010 at 10:15

    mas, saya mendapat tugas dari perusahaan untuk membuat makalah mengenai bidang pekerjaan yang telah saya laksanakan apa kerangkanya tetap sama seperti itu atau ada perbedaan? mohon petunjuknya….

     
  27. sasti

    5 Februari 2010 at 17:17

    mksii ya,,,

    informasinya sudah bantu saya bangedd,,

    skaliann mw tanya,,

    gmana cii cari ide untuk karya ilmiah yang baguss??

     
  28. raishane

    17 September 2010 at 09:54

    nice info.. :D thanks a lot.. Its really helps me in making a “karya ilmiah” :D

     
  29. raishane

    17 September 2010 at 09:58

    nice info.. :D thanks a lot.. It really helps me in making a “karya ilmiah” :D

     
  30. Lia

    3 Oktober 2010 at 11:20

    Lebih afdol lagi kalo penyampaian kisi-kisi makalah secara langsung atau praktik

     
  31. Anonymous

    12 November 2011 at 10:48

    maturnuwun

     
  32. Anonymous

    8 Desember 2011 at 19:34

    hm sngat membantu tgas ku.,,,,,

     
  33. riduwan

    17 Maret 2012 at 23:10

    minta bantuan pembuatan karya ilmiah tentan pemanfaatan air

     
  34. Jojo Alesascreamonzt

    12 April 2012 at 08:54

    Ijin copas… buat bkin tugas… hehe

     
  35. Makasih...nie dh bntu gue..

    8 Oktober 2012 at 23:16

    Thanks, buat semuanya.

     
  36. roima

    6 November 2012 at 22:58

    thank, ini sangat membantu sekali.

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: